• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami keluhan sakit perut. Sakit perut bisa dirasakan berbeda pada tiap orang tergantung pusat sakit yang ia derita. Bisa saja sakit perut yang diderita hanya terasa nyeri hanya pada bagian kanan atau kiri saja. Nah, artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai sakit perut pada sebelah kiri dan bagaimana cara mengobatinya.

Pada umumnya, nyeri pada perut di sebelah kiri berhubungan dengan masalah yang menyerang saluran pencernaan. Tentu saja kondisi ini juga dapat mengganggu aktivitas dan membuat penderitanya tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan. Namun, apa sebetulnya penyebab dari sakit perut di bagian sebelah kiri? Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Pada perut bagian sebelah kiri merupakan lokasi usus besar manusia. Jika pada wanita, lokasi perut sebelah kiri merupakan tempat ovarium atau indung telur.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Bisa Kamu Lakukan.

Official Store Pyfa Health

Rasa nyeri yang dirasakan pada perut sebelah kiri biasanya memiliki karakteristik tertentu. Diperlukan pengecekan lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya sakit perut di sebalah kiri ini. Sakit perut di sebelah kiri bisa menandakan adanya masalah seperti berikut ini.

  • Hernia.
  • Nyeri haid.
  • Maag/gerd.
  • Batu ginjal.
  • Gas di saluran pencernaan.
  • Konstipasi.
  • Gangguan pada alat reproduksi wanita.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan ginjal? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Pada dasarnya, untuk mengobati sakit perut tergantung pada penyebabnya. Maka, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu mengalami sakit karena gangguan pencernaan, dokter cukup menyarankan perubahan pola makan, bila sakit perut disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Sementara jika sakit disebabkan oleh oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik.

Jika sakit perut disebabkan oleh gerd, maka obat-obatan juga bisa diberikan untuk menangani masalah asam lambung atau peradangan. Namun, pada beberapa kasus seperti hernia atau usus buntu dibutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Jika kamu hanya merasakan nyeri yang terbilang ringan, tidak perlu khawatir terjadi gangguan yang berbahaya. Nyeri pada perut juga dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari setelahnya. Kamu juga dapat mencoba melakukan beberapa langkah sederhana di rumah, guna meredakan gejala sakit perut, seperti berikut ini.

  • Menempelkan botol berisi air hangat atau jika ada bantal pemanas di area perut yang sakit.
  • Jangan makan kebanyakan dalam porsi besar secara sekaligus.
  • Ketika makan, kunyahlah makanan secara perlahan sampai lunak.
  • Cobalah untuk menghindari makanan yang bisa memicu sakit perut, misalnya makanan pedas atau berlemak.
  • Hindari stres dengan olahraga atau meditasi.

Baca Juga: 8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu.

Tetapi, jika sakit pada perut sebelah kiri menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan terjadi lebih dari dua hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Atau, jika penyebabnya adalah batu ginjal, kamu bisa mengonsumsi obat untuk menjaga kesehatan ginjal berikut ini. Namun, tentu harus sesuai dengan anjuran dokter, ya!

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *