• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Sakit Mata

5 Cara Mengobati Sakit Mata yang Ampuh

Cara Mengobati Sakit Mata – Sakit mata bisa diderita siapa saja dan kapan saja. Tentu sakit mata akan membuat kita menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena sakit mata juga dapat menulari orang lain di sekitar kita.

Sakit mata disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke mata, selain virus dan bakteri juga bisa disebabkan kotoran dan asap. Gejala sakit mata sendiri biasanya ditunjukan dengan munculnya rasa gatal atau perih, berwarna kemerahan pada area putih mata atau sisi dalam kelopak mata, dan mata berair serta keluar kotoran mata.

Jika kamu mengalami sakit mata atau gangguan pada kesehatan mata lainnya, konsultasikanlah kondisi matamu kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, kamu juga dapat mencoba pengobatan secara mandiri di rumah seperti berikut ini.

Cara Mengobati Sakit Mata

Jangan sembarangan dalam menangani sakit mata. Ikuti cara mengobati sakit mata yang ampuh seperti pada artikel berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Kompres mata dengan air hangat

Cara mengobati sakit mata yang pertama adalah dengan mengompres mata dengan air hangat. Cara yang satu ini memang salah satu cara mengobati sakit mata dan belekan dengan mudah dan sederhana. Kamu cukup melakukan kompres pada area yang sakit dengan air hangat untuk menenangkan area tersebut serta mengurangi rasa sakitnya.

Namun, perlu diketahui bahwa cara ini mungkin hanya berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi masih harus menggunakan obat lain sembari sesekali mengompres mata saat dibutuhkan.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Mata Bengkak yang Bisa Kamu Coba.

2. Tetes air garam steril atau larutan saline

Tahukah kamu bahwa garam memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata? Meneteskan air garam steril juga baik digunakan untuk membersihkan dan mengatasi sakit mata.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan larutan saline yang biasanya dijual secara bebas dan tersedia di apotek. Nah, untuk menggunakan larutan saline sebagai cara mengobati sakit mata, kamu bisa meneteskan beberapa tetes larutan saline pada mata yang sakit selama 3–4 kali sehari. Kemudian, bersihkanlah mata dengan tisu dan hindari mengggosok mata dengan tangan.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan mata? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Menggunakan susu murni

Ternyata, susu murni bukan hanya dapat diminum lho, tapi juga bermanfaat untuk mengatasi mata yang sakit entah itu penyebabnya gara-gara alergi ataupun iritasi debu. Cara mengobati sakit mata dengan susu juga cukup mudah.

Kamu hanya cukup menggunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan kapas tersebut pada area mata yang sakit. Setelah itu, tunggulah hingga beberapa saat. Kamu bisa menggunakan cara ini secara rutin untuk mengurangi gejala sakit mata.

4. Menggunakan air mawar

Cara mengobati sakit mata selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air dari bunga mawar. Caranya, kamu bisa memasukkan bunga mawar ke dalam air dan bersihkan mata dengan air mawar tersebut. Cara yang mudah dan sederhana ini bisa dilakukan tiga kali dalam sehari.

5. Minimalisir penggunaan obat tetes mata

Ketika kamu mengalami sakit mata, biasanya obat tetes mata selalu dianggap menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi gejala tersebut. Namun, ternyata penggunaan obat tetes mata yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan mata kita jika dilakukan terlalu sering dan berkesinambungan.

Sebelum menggunakan obat tetes mata, pastikan untuk mendapatkan resep dokter jika ingin menggunakan obat tetes mata. Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari memilih obat mata yang mengandung antibiotik, kortikosteroid atau pemutih secara sembarangan.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Mudah.

Jika sakit mata tak kunjung sembuh, segera konsultasikanlah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat untuk kesehatan mata dari Pyfa Health berikut ini. Tapi, jangan lupa, ikuti sesuai anjuran dokter, ya!

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *