• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah – Seseorang yang merasa sakit dada di bagian tengah, biasanya akan panik. Pasalnya, dada bagian tengah dekat dengan organ-organ penting dalam tubuh, khususnya jantung.

Memang, sakit dada di bagian tengah menandakan adanya masalah pada kesehatan jantung. Jika hanya terjadi beberapa menit, kamu tidak perlu khawatir. Tapi, jika sakit dada berlangsung lama, sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis.

Ada cara mengobati sakit dada bagian tengah secara alami. Namun, sebelum mengetahuinya, ketahui dulu beberapa penyebab sakit dada ini, ya.

Penyebab Sakit Dada

Apa saja penyebab sakit dada yang umum terjadi? Simak berikut ini.

  • Peradangan jantung

Ketika kamu merasakan sakit dada bagian tengah, bisa jadi kamu mengalami peradangan jantung. Peradangan dapat terjadi di otot jantung, membran pelindung jantung, hingga lapisan di dalam bilik dan katup jantung.

  • Serangan jantung

Selain peradangan, bisa juga kamu mengalami serangan jantung, yaitu kondisi di mana jantung mengalami cedera atau bahkan mati seketika tidak beraktivitas. Hal ini dikarenakan pembuluh darah arteri koroner yang menuju jantung tersumbat atau pecah, sehingga darah tidak dapat mengantarkan oksigen.

  • Emboli paru-paru

Emboli paru-paru adalah kondisi di mana terdapat gumpalan darah yang besar di bagian paru-paru. Ini berbahaya karena langsung mengganggu pernapasan. Paru-parumu akan kekurangan darah yang mengandung oksigen tinggi.

  • Infeksi paru-paru

Sakit dada bagian tengah dapat muncul karena ada infeksi di bagian paru. Rasanya seperti ada yang menusuk dadamu disertai dengan sensasi panah yang membuatmu batuk-batuk. Infeksi di paru-paru bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus.

  • Ulkus peptikum

Kalau ulkus peptikum adalah masalah kesehatan yang menyerang lambung dan usus kecil. Pada kondisi ini, terdapat luka terbuka di bagian usus kecil ataupun lapisan lambung. Sakitnya terasa dari perut hingga dada.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan jantung? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Penyebab sakit dada di atas hanya sebagian kecil dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Pada kondisi yang parah, sangat mungkin kamu memerlukan obat-obatan medis. Tapi, di bawah ini adalah pilihan cara mengobati sakit dada bagian tengah secara alami.

1. Kompres dingin

Cara mengobati sakit dada bagian tengah yang pertama adalah mengompresnya dengan suhu dingin. Kamu bisa memanfaatkan handuk dingin agar tubuh tidak langsung kaget terkena suhu dingin.

Siapkan es batu yang dibungkus dengan handuk. Kompres secara perlahan bagian dada yang sakit dengan ini. Kompres dingin akan berusaha merelaksasi otot yang sedang tegang di area dada.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung.

2. Minum minuman hangat

Jika kamu merasa tidak cocok dengan suhu dingin, kamu bisa melakukan cara mengobati sakit dada bagian tengah dengan suhu yang hangat, yaitu dengan mengonsumsi minuman hangat.

Mengonsumsi minuman hangat bermanfaat untuk menenangkan tubuh bagian dalam. Teh rosella hangat misalnya. Teh yang satu ini cukup efektif memberikan khasiat kesehatan, yaitu menyehatkan jantung kamu dan memperlancar sistem pencernaan.

3. Mengonsumsi jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang mampu memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Ketika dadamu terasa sakit, cobalah mengonsumsi jahe, misalnya dengan meminum minuman olahan jahe. Jahe akan membantu mengatasi peradangan dalam organ tubuh.

4. Mengonsumsi kacang almond

Mengonsumsi kacang almond juga dapat meredakan sakit dada bagian tengah. Terutama jika sakit dada yang kamu rasakan, disebabkan oleh gangguan lambung seperti GERD. Kacang almond ini mengandung alkali yang akan menetralkan asam di sistem pencernaan kamu.

5. Menggunakan cuka apel

Cara mengobati sakit dada bagian tengah selanjutnya adalah dengan memberikan asupan cuka apel. Terutama jika sakit dada yang kamu alami itu dipicu oleh asam pada bagian lambungmu. Caranya dengan mencampurkan satu sendok saja cuka apel dengan segelas air.

Baca Juga: Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung.

Sekarang kamu sudah tahu penyebab dan cara mengobati sakit dada bagian tengah, bukan? Untuk mencegah sakit dada yang menyiksa ini, perhatikan pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuhmu. Tambahkan vitamin dan suplemen lain yang diperlukan dan bisa kamu dapatkan di Pyfa Health.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *