• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Perut Kembung

5 Cara Mengobati Perut Kembung dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengobati Perut Kembung – Mengalami perut kembung bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi perut kembung umumnya muncul ketika selesai makan, dan kamu bisa saja merasa perut menjadi penuh hingga waktu yang cukup lama. Perut kembung juga dapat muncul sebagai gejala maag, sedang masuk angin, atau kekurangan enzim tertentu.

Masalah perut kembung memang bukanlah sebuah masalah kesehatan yang serius hingga harus mendapatkan penanganan khusus. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan perawatan mandiri di rumah tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, apabila kondisi perut kembung tidak juga kunjung membaik, penting untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Jika kamu hanya mengalami gejala yang ringan, kamu bisa melakukan cara mengobati perut kembung berikut ini.

Cara Mengobati Perut Kembung

Simak penjelasan lengkap mengenai cara mengobati perut kembung dengan cepat dan mudah berikut ini.

1. Menggunakan ramuan jahe untuk perut kembung

Tanaman rimpang, jahe memang menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain itu, jahe juga dikenal dapat mengatasi maag dan kembung.

Official Store Pyfa Health

Jahe bisa mengurangi kadar gas dalam perut serta memberikan rasa lega dan hangat di perut. Untuk mengonsumsinya, jahe dapat dikunyah saja secara langsung atau diparut kemudian diseduh dengan air hangat atau teh hangat. Selain sebagai ramuan, kamu juga bisa menambahkan jahe dalam jus sayur-sayuran dan buah.

Baca Juga: Cara Meramu Kunyit untuk Mengobati Asam Lambung.

2. Atasi perut kembung dengan kunyit

Seperti halnya jahe, kunyit juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sampai perut kembung sudah tidak diragukan lagi. Diketahui, bahwa kunyit dapat menenangkan sistem pencernaan kamu dan mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perutmu. Jadi, jika ingin mengobati perut kembung, kamu bisa minum jamu sari kunyit atau mencampurkannya dalam makanan.

Ingin membeli obat untuk mengatasi perut kembung? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Menggunakan minyak peppermint

Perut kembung dapat terjadi karena adanya perubahan fungsi pada otot-otot di saluran pencernaan. Maka dari itulah, penggunaan obat-obatan yang disebut antispasmodik dapat membantu mengurangi kejang otot dan telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi gejala perut kembung.

Penggunaan minyak peppermint saat perut kembung dipercaya memiliki fungsi untuk meredakan perut kembung. Minyak peppermint sendiri merupakan minyak esensial alami yang diyakini berfungsi dengan cara yang sama dengan obat dengan obat-obatan antispasmodik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kram Perut yang Bisa Kamu Lakukan.

4. Mengonsumsi probiotik

Salah satu penyebab utama perut kembung adalah gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus. Terdapat banyak jenis bakteri yang bertempat tinggal di dalam usus manusia, dan bakteri tersebut dapat bervariasi antar individu.

Pada sejumlah studi klinis menemukan fakta bahwa suplemen probiotik tertentu membantu mengurangi produksi gas dan kembung pada orang dengan masalah pencernaan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi minuman probiotik untuk menyeimbangkan bakteri baik pada pencernaan kamu.

5. Rajin berolahraga

Cara mengobati perut kembung yang terakhir adalah dengan melakukan sedikit olahraga. Kamu tidak hanya dapat menyembuhkan perut kembung dengan makanan, ternyata olahraga juga bisa mengatasinya, lho. Nah, salah satu jenis aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga kardio selama setidaknya lima menit.

Olahraga jenis kardio dipercaya mampu meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Olahraga kardio akan merangsang usus untuk berkontraksi secara alamiah.

Dengan begitu, nantinya otot pada usus yang berkontraksi secara efisien memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas penyebab perut kembung. Kamu bisa mencoba beberapa pilihan olahraga kardio yang bisa dilakukan, antara lain jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengobati perut kembung dengan cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Namun, perlu diingat, ya! Jika perut kembung tak juga sembuh, segera konsultasikanlah ke dokter.

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Perut Kembung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *