• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Panas Dalam

8 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Cara Mengobati Panas Dalam – Istilah panas dalam sebenarnya tidak ada di dalam dunia kedokteran dan medis. Istilah ini berkembang di dalam masyarakat untuk merujuk sekumpulan gejala gangguan kesehatan, seperti bibir pecah-pecah, sariawan, batuk, badan lemas, hingga sakit tenggorokan. Kumpulan gejala ini mungkin bisa jadi pertanda dari penyakit lainnya.

Ketika mengalami panas dalam, kamu mungkin akan merasakan sakit ketika menelan atau bahkan berbicara. Kondisi panas dalam ini dalam istilah medis, dapat didiagnosis sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Untuk menyembuhkan panas dalam, harus diketahui terlebih dahulu gejala dan penyebab panas dalam. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan gejala panas dalam secara umum. Simak berikut ini.

Cara Mengobati Panas Dalam

Panas dalam bisa mengganggu aktivitasmu. Lantas, bagaimana cara mengobati panas dalam? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Minum air putih

Cara pertama yang paling efektif dan esensial untuk mengobati panas dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Mengingat air adalah komponen penting bagi tubuh manusia yang berguna untuk meredakan berbagai macam keluhan, seperti nyeri tenggorokan, demam, bibir pecah-pecah, hingga dehidrasi, maka minum banyak air putih penting untuk dilakukan.

Official Store Pyfa Health

Setiap orang direkomendasikan untuk minum air putih minimal delapan gelas per hari untuk menjaga kesehatan. Kamu juga bebas untuk memilih air hangat maupun air dingin untuk memenuhinya, tergantung pada preferensi masing-masing.

Baca Juga: Apa Penyebab Penyakit TBC dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

2. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati panas dalam selanjutnya adalah dengan melakukan kumur menggunakan air garam. Cara ini dikenal dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mencampurkan segelas air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam. Kemudian, aduk garam hingga larut, setelah itu gunakanlah untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Mengonsumsi madu

Madu memang dikenal sebagai salah satu jenis superfood yang memiliki banyak khasiat. Hal ini juga dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Apabila kamu mulai merasakan sakit pada tenggorokan atau kering, segera minum madu murni. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

4. Stop makanan yang merangsang sakit tenggorokan

Hentikan dahulu mengonsumsi makanan yang dapat merangsang sakit tenggorokan dan memperparah nyeri saat menelan. Beberapa contoh makanan yang dapat memperburuk kondisi pencernaanmu misalnya saja makanan pedas, asam, berminyak, dan bersantan. Makanan-makanan tersebut harus dihindari agar tidak menyebabkan perburukan kondisi panas dalam.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Perbanyak istirahat

Untuk mengobati panas dalam, beristirahat dengan cukup sangat perlu dilakukan. Pasalnya, jika seseorang kurang beristirahat, maka akan lebih rentan terkena berbagai penyakit.

Cobalah untuk tidur dengan cukup, yaitu minimal 8 jam per hari untuk orang dewasa. Untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, lebih baik hindari penggunaan telepon genggam atau menonton televisi di malam hari agar bisa terlelap lebih cepat dan tidur nyenyak.

6. Gunakan humidifier

Ketika kamu mengalami panas dalam, maka cobalah gunakan humidifier untuk membuat udara di ruangan menjadi lebih lembab. Penggunaan humidifier akan membuat udara yang lebih lembap sehingga mampu membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman dan membantu mengurangi nyeri di tenggorokan.

7. Mengonsumsi makanan sehat

Asupan makanan yang sehat penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit. Kamu bisa mengonsumsi banyak makanan bergizi seperti sayuran, buah, daging rendah lemak, serta karbohidrat kompleks. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi, maka dapat menyediakan energi bagi tubuh untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

8. Minum obat

Bila keadaanmu cukup buruk, mungkin kamu membutuhkan pertolongan obat-obatan untuk mengatasinya. Kamu bisa mengonsumsi obat-obatan yang aman dan dijual di apotek untuk mengatasi nyeri tenggorokan saat panas dalam. Tapi ingat, gunakan obat sesuai gejala yang dirasakan dan jangan lupa baca ketentuan dosis serta cara pakai sesuai petunjuk kemasan obat.

Jika sakit masih terus berlanjut dan semakin buruk, maka segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan tepat.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Masuk Angin dengan Mudah.

Nah, itulah beberapa cara mengobati panas dalam secara alami. Jaga terus sistem imun kamu agar tidak mudah terserang penyakit, ya. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *