• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Inilah 7 Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Cara Mengobati Mual Saat Hamil – Masa kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu oleh para ibu yang sudah menantikan kehadiran buah hati. Pada saat seperti ini, kesehatan ibu harus selalu terjamin, sebab dengan begitu janin pun ikut sehat.

Tapi, kebanyakan ibu akan mengalami rasa mual saat hamil, terutama di trimester awal. Memang gejala ini umum terjadi, jadi jangan khawatir, ya. Rasa mual selanjutnya bisa saja membuat ibu tidak nafsu makan. Tapi, kamu harus tetap memaksakan diri, ya.

Walaupun rasa mual mengganggu, kamu dan janin tetap membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Tenang, ada beberapa cara mengobati mual saat hamil yang bisa kamu lakukan untuk mengakalinya.

Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Kebanyakan ibu hamil akan merasa mual saat hamil. Untuk itu, pelajari cara mengobati mual saat hamil berikut ini.

1. Ubah pola makan

Hal pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah mengubah pola makan. Biasanya, kamu makan makanan besar 3 kali setiap hari. Ini tetap penting tapi porsinya diubah, ya.

Cara mengobati mual saat hamil adalah sering makan dengan porsi yang sedikit. Rasa mual yang kamu rasakan itu seperti gejala maag yang muncul karena telat makan. Mengobatinya adalah tentu saja dengan makan, dengan catatan jangan sampai telat waktu lagi.

Begitu juga dengan hamil. Cobalah memasukkan makanan selingan yang menyegarkan dan bergizi. Bisa buah-buahan seperti jeruk atau biskuit gandum yang kamu suka. Pola makan seperti ini mencegah perut berada pada kondisi yang benar-benar kosong.

Baca Juga: Gejala dan Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil.

2. Jaga cairan tubuh

Ketika kamu merasa mual saat hamil, tidak jarang kamu memuntahkan isi perut keluar. Tidak sedikit cairan dalam tubuh juga berkurang. Kondisi seperti ini jangan dibiarkan, tubuh tidak boleh kekurangan cairan.

Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan meningkatkan asupan cairan. Utamanya air putih, ya. Atau, boleh juga air jeruk peras dan sesekali jus. Hindari minuman tinggi gula karena berisiko memicu diabetes.

3. Minum minuman jahe

Jahe dikenal berkhasiat mengurangi rasa mual. Baik kamu sedang sakit atau hamil. Ada rasa hangat dan segar yang akan kamu rasakan ketika mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman.

Banyak minuman kemasan jahe yang dijual di pasaran. Kalau kamu mau membuatnya sendiri, coba menyeduh teh kesukaanmu. Parut jahe merah, lalu campurkan pada teh panas, diamkan selama 3 menit sebelum diminum.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Pilih makanan rendah lemak

Kamu suka merasa mual ketika mencium aroma makanan berlemak tidak? Kuah kaldu ayam, kuah santan, sampai makan-makanan gorengan. Makanan tinggi lemak memang umumnya memicu rasa mual.

Cara mengobati mual saat hamil selanjutnya adalah memilih makanan rendah lemak untuk dikonsumsi. Pilihannya dapat berupa roti bakar, pasta, buah-buahan, yoghurt, sayuran segar, hingga biskuit gandum utuh. Sama-sama sehat dan mengenyangkan, kok.

5. Makanan bersuhu ruangan atau dingin

Makanan bersuhu ruangan atau dingin lebih baik dikonsumsi selama hamil. Baik di sini karena dapat menghilangkan pemicu mual, seperti aroma makanan yang kuat dari makanan hangat.

Makanan dingin atau makanan yang bersuhu ruangan lebih dapat ditoleransi selama hamil. Paling tidak ini akan membantumu tetap memaksakan diri untuk makan, walaupun rasanya tidak bernafsu.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil.

6. Hirup udara segar

Ibu yang sedang hamil pasti sering mengalami beberapa gejala yang berbeda. Selain rasa mual kerap timbul, indera penciuman juga biasanya lebih tajam. Jika kamu mencium bau tidak sedap saat hamil, kamu bisa saja semakin merasa mual.

Oleh karena itu, cara mengobati mual saat hamil yang penting kamu lakukan adalah menghirup udara segar. Udara segar akan membantu mengalihkan perhatianmu pada rasa mual. Kalau kamu menghirup udara yang terbatas, apalagi ditambah aroma rokok, itu hanya akan membuat kamu semakin mual.

7. Istirahat yang cukup

Selanjutnya, sisihkanlah waktumu untuk beristirahat. Jangan membiarkan fisik terus bergerak dan pikiran terus berputar. Ibu hamil disarankan tidak terlalu lelah dan stres.

Kalau kamu stres dan lelah, tubuhmu mungkin akan bereaksi dengan membuat kamu merasa mual saat hamil. Agar istirahat terasa lebih berkualitas, dengarkan alunan musik yang membuat hatimu tenang, ya.

Cara mengobati rasa mual di atas sangat sederhana dan mudah dilakukan. Ingat, ibu hamil membutuhkan nutrisi yang kaya dalam tubuhnya. Makan yang teratur dan tambahkan suplemen untuk melengkapi nutrisi, ya. Jangan lupa juga penuhi asupan asam folat serta zat besi kamu saat hamil agar tidak terkena anemia, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *