• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Mata Bintitan

6 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Mudah

Cara Mengobati Mata Bintitan – Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami bintitan pada area mata. Kondisi ini biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan berwarna merah mirip jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata. Mata bintitan sendiri bisa disebabkan karena adanya penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih, demikian dilansir dari Healthline.

Pada area kulit di sekitar kelopak mata memang memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata. Jika kelenjar ini tersumbat, maka bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan bintil berkembang. Nah, kamu dapat menerapkan beberapa cara mengobati mata bintitan dengan cepat seperti berikut ini.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Mata bintitan dapat menyerang sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara mengobati mata bintitan yang mudah dan dapat kamu aplikasikan sendiri.

1. Kompres mata dengan air hangat

Mengompres mata dengan air hangat menjadi salah satu cara mengobati mata bintitan yang utama. Pasalnya, mengompres mata dengan air hangat adalah cara menghilangkan bintitan pada mata paling efektif. Hal tersebut dikarenakan, suhu hangat bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa lekas keluar secara alami.

Official Store Pyfa Health

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu membasahi handuk kecil bersih dengan air hangat. Ingat ya, pastikan airnya tidak terlalu panas, karena area dekat mata merupakan area kulit yang sensitif. Letakkan kain kompres pada area mata selama lima sampai sepuluh menit. Kamu bisa mengompres mata dengan air hangat setidaknya tiga hingga empat kali sehari hingga kempes.

2. Kompres dengan teh

Mengompres kelopak mata dengan kantung teh bisa jadi alternatif mengobati mata bintitan selanjutnya. Kamu dapat menggunakan teh hitam untuk mengompres. Jenis teh ini paling baik digunakan karena bisa membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyeduh teh celup dengan air panas. Setelah itu, diamkan teh sekitar 1-2 menit, kemudian gunakan kantong teh itu untuk mengompres mata. Kompres area kelopak mata yang mengalami bintitan kurang lebih selama 10 menit. Lakukan hal tersebut setidaknya dua kali dalam sehari dan masing-masing gunakan kantong teh baru.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan mata? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Cuci kelopak mata

Mengingat bintitan disebabkan oleh berkembangnya bakteri pada kulit, maka cara lain mengobati mata bintitan adalah dengan mencuci bagian kelopak mata dengan sabun. Kamu dapat mencuci area kelopak mata dengan jenis sabun jenis hipoalergenik yang tidak menimbulkan efek samping iritasi jika terkena mata.

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Apabila bintitan yang kamu alami terasa sakit dan mengganggu, kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri. Konsumsi obat penghilang rasa sakit dapat menghilangkan ketidaknyamanan di mata karena bintitan.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, kamu harus membaca petunjuk penggunaan obat dengan benar untuk memastikan dosis yang tepat dan segera mengunjungi dokter jika sakit tidak kunjung sembuh.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Perhatikan.

5. Hindari penggunaan riasan mata

Usahakan selama mata mengalami bintitan, hindari penggunaan riasan mata ataupun lensa kontak terlebih dahulu. Riasan atau make up pada mata dapat membuat kulit semakin iritasi dan menghambat proses penyembuhan.

Lebih jauh lagi, riasan pada mata juga memungkinkan terjadiny perpindahan bakteri dari mata ke alat rias dan sebaliknya sehingga infeksi bisa menyebar. Hal ini juga berlaku pada lena kontak, usahakan untuk sementara istirahatkan menggunakan produk ini sampai bintitan sembuh. Karena dikhawatirkan, bakteri dari bintil dapat menempel di lensa kontak dan menyebarkan infeksi.

6. Gunakan antibiotik

Ketika gejala bintitan yang kamu alami cukup parah dan menyebabkan nyeri, kamu bisa mulai mengonsultasikannya ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi obat bintitan mata yang mengandung antibiotik. Terdapat beragam jenis obat antibiotik yang dapat diberikan, ada jenis obat tetes dan salep ataupun jenis suntikan steroid untuk menghilangkan bintitan pada mata.

Baca Juga: Waspadai Gejala Buta Seperti Neneknya Seo Dal Mi di Film Startup.

Nah itulah beberapa cara mengobati mata bintitan. Agar terhindar dari bintitan, kamu juga bisa mengonsumsi obat untuk kesehatan mata berikut ini. Tapi, jangan lupa konsulitasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *