• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Mata Bengkak

6 Cara Mengobati Mata Bengkak yang Bisa Kamu Coba

Cara Mengobati Mata Bengkak – Reaksi tubuh terhadap gangguan itu berbeda-beda. Ketika kamu terjatuh misalnya, kulit akan terluka. Saat kamu terserang penyakit, mungkin kamu akan merasa demam. Nah, ketika mata mengalami gangguan, matamu mungkin akan membengkak.

Jangan takut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar matamu tidak lagi bengkak. Kondisi ini bisa terjadi karena masalah ringan seperti habis menangis. Coba lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengobati Mata Bengkak

Mata bengkak membuat penglihatan menjadi kurang jelas. Sebaiknya, segera atasi dengan beberapa cara mengobati mata bengkak berikut ini.

1. Mengompres dengan air dingin

Cara mengobati mata bengkak yang pertama bisa kamu lakukan adalah mengompresnya dengan air dingin. Cara ini sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan peralatan yang sederhana.

Cobalah mengambil kain bersih kemudian membasahinya dengan air dingin. Kemudian, pupuhkan kain basah ke kulit yang ada di sekitar mata. Selanjutnya, tekan selama beberapa menit. Cara ini dapat mengobati mata bengkak karena kamu terlalu lama menangis.

2. Gunakan mentimun

Kalau kamu wanita, pasti sudah tidak asing dengan mentimun. Selain dijadikan makanan, mentimun juga sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Ketika menggunakan masker wajah, mentimun biasanya dipakai untuk menutupi area mata.

Potongan mentimun dingin bisa memberikan efek relaksasi pada mata, sehingga menempelkannya di atas mata tertutup bisa menjadi salah satu cara mengobati mata bengkak. Mentimun juga dapat memberikan vitamin C seperti asam askorbat ditambah caffeic yang akan menurunkan retensi air serta mengurangi pembengkakan.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Mudah.

3. Mengompres dengan kantong teh

Cara mengobati mata bengkak yang efektif adalah dengan mengompresnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menggunakan air dingin dan mentimun. Tapi, ada bahan lain yang bisa juga dimanfaatkan yaitu kantong teh.

Kantong teh dapat mengurangi mata bengkak karena mengandung kafein. Di sisi lain, kafein ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi kantong teh, lalu dinginkan selama 20 menit. Setelah itu, barulah letakkan kantong teh ini di mata sampai 30 menit.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan mata? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Cukupkan tidur

Cara mengobati mata bengkak lainnya adalah tidur. Ini langkah paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Tentu efeknya akan lebih baik jika kamu sembari menjalankan cara lain.

Ada cara tidur khusus yang perlu kamu lakukan ketika mata membengkak. Coba biarkan kepala terangkat sedikit saat tidur. Tidurlah dengan nyenyak, semoga esok hari mata sudah membaik.

5. Memijat mata

Meredakan mata bengkak dapat dilakukan dengan mengalirkan aliran darah dengan baik di area tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan memijat-mijat secara lembut area sekitar matamu.

Pertama, tekan secara lembut area bagian alismu. Kemudian, gerakan jari-jari dari sudut dalam ke arah luar mata. Kamu juga dapat menekan area hidung bagian atas di kedua sisi. Ini juga akan membantu meringankan mata bengkakmu.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Perhatikan.

6. Gunakan rol pendingin mata

Kalau cara mengobati mata bengkak yang satu ini adalah cara yang praktis. Ini bisa kamu lakukan jika rasanya cara-cara sebelum ini tidak banyak membantu. Gunakanlah rol pendingin mata di minimarket atau apotik.

Rol yang berisi gel pendingin mata ini dapat mengatasi mata bengkak. Produk ini biasanya mengandung kafein yang efektif untuk masalah mata seperti ini. Di sisi lain, efek pendingin akan membuat mata beristirahat sejenak setelah bekerja keras setiap harinya.

Memang mata yang membengkak membuat kamu merasa tidak nyaman. Untuk itu, beberapa cara mengobati mata bengkak di atas dapat segera kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Gunakan obat lain serta konsultasikan dengan dokter jika mata bengkak sulit mereda.

Jangan lupa rajin mengonsumsi makanan bergizi yang menyehatkan mata. Bisa juga menambahkan asupan dari suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin A serta nutrisi lainnya. Cara ini dapat menjaga kesehatan mata kamu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *