• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Luka Bakar

5 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah

Cara Mengobati Luka Bakar – Luka bakar bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti ketika memasak di dapur, risiko kecelakaan mungkin terjadi. Luka bakar sendiri merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada permukaan kulit akibat panas yang mengenai kulit secara langsung. Risiko luka bakar bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan sumber panas, seperti setrika, korek api, percikan air mendidih, dan terpapar bahan kimia.

Pada dasarnya, luka bakar bisa dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Luka bakar derajat satu (terjadi di lapisan kulit atas saja).
  • Luka bakar derajat dua (lapisan luar dan lapisan bahwa kulit).
  • Luka bakar derajat tiga (tidak terbatas areanya). Gangguan ini bisa menimbulkan bekas yang berkepanjangan. Ini karena kolagen yang diproduksi untuk memperbaiki kulit terbakar akan menimbulkan bekas berupa kulit yang menebal dan berubah warna.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa cara mengobati luka bakar yang tepat serta pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika mengalami luka bakar di rumah.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes.

Official Store Pyfa Health

Cara Mengobati Luka Bakar

Luka bakar bisa terjadi kapan saja. Berikut ini adalah cara mengobati luka bakar yang tepat agar tidak semakin parah.

1. Mengalirkan air pada titik luka

Ketika kulit baru saja terpapar sumber panas seperti setrika atau penggorengan panas, kamu harus segera mengalirkan air dingin selama kurang lebih 30 menit pada daerah yang terkena. Alirkan air dengan suhu yang normal atau suhu ruangan, yakni tidak dingin dan tidak juga panas.

Teknik mengaliri air ke titik kulit yang terkena panas dilakukan agar suhu air selalu konstan, jadi tidak mengikuti suhu tubuh. Hal ini juga bertujuan agar panas yang timbul akibat luka bakar tidak menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

2. Lepaskan aksesori yang digunakan

Jika ketika mengalami luka bakar kamu sedang menggunakan aksesori, maka segera lepaskan semua aksesori tersebut saat itu juga. Kamu harus melepaskan aksesori seperti jam tangan, cincin, gelang, atau kalung yang menutupi atau berada di sekitar area luka bakar. Melepaskan semua aksesori ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena panas.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat sebagai antiinflamasi juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghambat pertumbuhan bakteri di area luka. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada area luka bakar hingga beberapa kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

4. Menggunakan madu

Cara mengobati luka bakar selanjutnya yaitu dengan mengoleskan madu pada area yang terluka. Madu ini juga dapat digunakan untuk memberikan pertolongan pertama pada luka bakar. Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada madu ini dapat menghindarkan kulit dari infeksi yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, madu juga dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka bakar.

5. Menggunakan kulit pisang

Cara mengobati luka bakar yang terakhir adalah dengan kulit pisang. Yup! Mungkin bahan yang satu ini terdengar aneh, tetapi kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar ternyata bisa meredakan rasa sakitnya. Bahkan, para peneliti menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga kulit pisang berubah hitam.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk mengobati luka bakar, terutama yang masih ringan. Apabila luka bakar yang kamu alami tak kunjung sembuh, sebaiknya segera mengobatinya ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih serius.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *