• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi – Kutu air menjadi salah satu jenis penyakit kulit yang kerap menyerang bagian kaki. Dikenal dalam istilah medis, tinea pedis ini ternyata bukan disebabkan oleh kutu seperti namanya, melainkan merupakan jenis infeksi jamur pada kulit kaki.

Kutu air umumnya bermula dari munculnya infeksi jamur pada sela jari kaki, kemudian menyebar ke semua area kaki. Kutu air juga tidak memandang usia, kondisi ini dapat terjadi pada semua golongan usia.

Penyebab Kutu Air

Kondisi kutu air ini biasanya rentan terjadi pada kaki yang sering basah atau lembap akibat berkeringat atau menggunakan sepatu ketat. Jenis jamur Trichophyton rubrum akan tumbuh pada permukaan kulit yang lembap dan sering menyerang di sela-sela kaki, tangan, kuku tangan maupun kuku jari, serta kadang juga menyerang pada wajah maupun kulit kepala.

Infeksi jamur trichophyton akan menimbulkan efek gatal, namun apabila digaruk infeksi akan semakin tersebar. Hal ini disebabkan, karena jamurnya akan menempel pada kuku, jadi jika kamu menggaruk pada tempat tertentu maka jamur tersebut juga akan menempel pada kulit dan kutu air akan semakin parah.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes.

Gejala Kutu Air

Kondisi kutu air biasanya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan, bersisik, dan terasa gatal, pada kulit kaki. Rasa gatal akan bertambah parah ketika penderitanya melepas kaus kaki atau sepatu. Pada beberapa kasus, kutu air juga bisa menyebabkan terjadinya bau kaki, luka pada kaki, dan kulit kaki yang terlihat melepuh.

Untuk menyembuhkan kutu air, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis kesehatan kulit untuk mendapatkan resep berupa salep maupun obat menangani infeksi jamur ini. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti odol atau pasta gigi. Memang terdengar aneh, namun faktanya odol atau pasta gigi memiliki kandungan yang dapat mengobati kutu air.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Siapa sangka bahwa mengobati kutu air juga bisa dilakukan dengan memakai pasta gigi. Cara mengobati kutu air dengan pasta gigi ini merupakan cara termudah yang dapat dilakukan di rumah dengan sederhana.

Ternyata, pasta gigi memiliki khasiat untuk mengeringkan luka akibat infeksi kutu air. Bukan hanya itu, mengobati kutu air dengan menggunakan pasta gigi bisa mengurangi risiko penyakit kutu air memasuki tahap yang jauh lebih parah.

Mengobati kutu air dengan pasta gigi bukanlah sekadar isapan jempol belaka. Hal ini juga memiliki sejumlah alasan ilmiah yang bikin odol ampuh obati jamur atau kutu air pada celah kaki kita, yaitu:

  • Pasta gigi pada umumnya mengandung kalsium karbonat, magnesium trisilikat, dan dikalsium fosfat dihidrat. Sejumlah kandungan pada pasta gigi ini berfungsi mengusir bakteri di kulit yang gatal akibat dihinggapi jamur kulit atau kutu air.
  • Rasa mint yang segar pada pasta gigi juga dapat meringankan gejala kutu air.
  • Pasta gigi memiliki kandungan koloid hidrofilik sebagai zat pengikat dalam. Kandungan zat pengikat pada pasta gigi ini berfungsi menstabilkan kulit kembali ke formulasi awal. Jadi, bisa dikatakan bahwa zat ini dapat memperbaiki dan mengembalikan seperti semula sel-sel kulit mati yang dirusak kutu air pada kulit kaki.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah.

Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk penanganan awal kutu air di rumah. Tentu saja, mengobati kutu air sebaiknya dilakukan dengan tepat dan penuh perhatian, agar cairan kutu air tidak menyebar luas dan menyebabkan kutu air meradang bahkan tumbuh di daerah kulit sekitarnya. Jika infeksi terus terjadi dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *