• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Kaki Bengkak

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak – Kaki yang sehat akan menunjang tubuh melakukan banyak kegiatan fisik. Tapi, ada juga kondisi di mana kaki sedang tidak sehat. Misalnya kaki membengkak karena aktivitas fisik yang berlebihan.

Kaki bengkak bisa kamu alami karena berdiri terlalu lama. Atau, bisa juga karena kamu duduk dengan posisi kaki yang tidak diubah-ubah dan baru saja berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Kondisi seperti ini membuat darah mengalir terus ke bagian kaki.

Yang perlu kamu khawatirkan adalah penyebab lain, yaitu kaki bengkak sebagai gejala penyakit. Apapun masalahnya, ada cara mengobati kaki bengkak secara alami yang dapat segera kamu lakukan. Simak beberapa penyebab kaki bengkak berikut ini.

Penyebab Kaki Bengkak

Apa saja penyebab kaki menjadi bengkak? Simak berikut ini.

  • Penyakit ginjal

Seseorang yang mengalami penyakit ginjal dapat merasakan gejala fisik tertentu. Tak jarang orang yang memiliki masalah pada kesehatan ginjal, kakinya ikut membengkak.

Pada saat seseorang mengalami gangguan pada ginjal, kandungan garam dalam tubuh biasanya akan melonjak. Lonjakan garam ini dapat menahan air terkumpul di satu tempat. Kaki bengkak adalah salah satu efek sampingnya.

  • Pembekuan darah

Tubuh yang sehat seharusnya tidak pernah berhenti mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tapi, jika kamu sedang tidak sehat, bisa saja tubuhmu mengalami pembekuan darah. Pembekuan darah di pembuluh kaki yang berikutnya membuat kaki menjadi bengkak.

Darah yang membeku akan menghambat aliran darah. Bahayanya, terhambat pula darah yang seharusnya mengalir ke jantung. Karena itu, jangan sepelekan kaki bengkak.

  • Penyakit liver

Kaki bengkak juga dapat disebabkan kamu mengalami penyakit liver. Penyakit liver atau gangguan pada kesehatan hati ini memicu penumpukan cairan di kaki dan tungkai. Akibatnya, kaki menjadi bengkak.

Penyakit liver bisa kamu alami karena beberapa faktor. Pertama, faktor keturunan yang tidak bisa dihindari. Di sisi lain infeksi virus dan pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi pemicunya, yaitu makan berlebihan hingga obesitas serta mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

  • Gagal jantung

Sebelumnya sudah disinggung, pembekuan darah dapat berdampak ke jantung. Nah, kaki bengkak sendiri juga bisa jadi merupakan gejala bahwa kamu mengalami gagal jantung.

Masih berkaitan dengan aliran darah, gagal jantung adalah kondisi di mana darah tidak mengalir dengan lancar ke jantung. Waspadai masalah pada kesehatan jantung ini di malam hari, karena kebanyakan muncul di malam hari.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Kaki bengkak bisa disebabkan aktivitas fisik berlebih atau tanda penyakit lain. Ketahui penyebab dan cara mengobati kaki bengkak berikut ini.

1. Segera minum air putih

Jika kaki kamu bengkak, coba atasi dengan segera meminum air putih. Cairan tubuh yang mencukupi akan mengurangi bengkak yang kamu alami. Kekurangan cairan hanya akan membuat bengkak di kaki berlangsung lama.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah.

2. Rendam kaki dengan garam epsom

Cara mengobati kaki bengkak selanjutnya adalah dengan merendam kaki dengan garam epsom. Caranya dengan mencampurkan air dengan garam epsom secukupnya. Selanjutnya, rendam kaki yang bengkak selama 15 sampai 20 menit.

Garam epsom mengandung magnesium sulfat. Kandungan ini berkhasiat mengatasi rasa nyeri pada otot ketika kaki bengkak. Selanjutnya juga akan meredakan peradangan dan pembengkakan.

3. Kurangi konsumsi garam

Walaupun merendam kaki dengan garam epsom dapat membantu, cara mengobati kaki bengkak yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi garam. Garam di sini adalah yang mengandung natrium.

Coba mulai mengurangi porsi garam pada makanan yang kamu konsumsi. Banyak memakan garam bisa membuat kaki semakin membengkak.

4. Memijat kaki

Pijatan adalah cara tradisional yang digemari orang Indonesia ketika sakit. Memijat kaki juga baik manfaatnya lho, apalagi ketika kakimu sedang bengkak. Pijatan akan memberikan efek relaksasi.

Pijatan kaki yang benar adalah jika seseorang memijat kaki bengkak ke arah jantung. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah ke jantung, sehingga cairan dan darah yang menumpuk di kaki dapat teralirkan ke area lainnya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes.

5. Makan makanan kaya kalium

Jika kamu mengalami kaki bengkak, segera perhatikan gizi dari makananmu. Cara mengobati kaki bengkak yang lain adalah dengan memakan makanan yang kaya akan nutrisi kalium.

Kamu yang kekurangan kalium akan mudah mengalami retensi air dan tekanan darah tinggi. Selanjutnya, kondisi ini akan berdampak ke kaki yang membengkak. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba mengobatinya dengan meningkatkan asupan kalium.

Asupan kalium memang baik, tapi magnesium tidak kalah penting. Konsumsi magnesium dapat meredakan kebengkakan di kakimu. Sebab, bisa jadi bengkak muncul karena tubuh terpaksa menahan air di kaki diakibatkan kamu kekurangan magnesium.

Pyfa Health menyediakan suplemen dengan kombinasi kandungan magnesium di dalamnya. Ada Caltron yang mengandung magnesium sebesar 40 mg. Coba konsumsi ini ketika kakimu bengkak, seharusnya pembengkakan akan berkurang.

Walaupun mengonsumsi suplemen kalium bukan cara alami, tapi dapat melengkapi usaha yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Kalium dan Magnesium

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *