• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Darah Rendah

6 Cara Mengobati Darah Rendah yang Bisa Kamu Coba

Cara Mengobati Darah Rendah – Wajah yang tampak lesu dapat menunjukkan bahwa kamu sedang tidak sehat. Begitu pucat raut wajahmu, tubuh juga terasa lemas. Hati-hati, bisa jadi kamu sedang mengalami darah rendah.

Tekanan darah rendah bahkan bisa menimbulkan rasa sakit di kepala dengan skala ringan dan juga rasa pusing. Kalau secara angka, seseorang dikatakan darah rendah jika tekanannya kurang dari 90/60 mmHg. Kondisi tubuh ini membuat kamu kesulitan melakukan kegiatan fisik sehari-hari.

Tapi, jangan khawatir. Ada cara mengobati darah rendah yang mudah dilakukan, yaitu dengan memakan makanan seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Darah Rendah

Tekanan darah rendah akan mengganggu keseharian. Cara mengobati darah rendah bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan pilihan yang bergizi.

Official Store Pyfa Health

1. Makan makanan yang kaya akan vitamin B12

Cara mengobati darah rendah yang alami adalah dengan memerhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Pertama, pilih makanan yang mengandung banyak vitamin B12.

Vitamin B12 adalah nutrisi yang mampu mengembalikan tekanan darah menuju batas normalnya. Kekurangan vitamin B12 biasanya menyebabkan tekanan darah kamu menjadi rendah dan kamu pun mudah kelelahan.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B12 adalah ikan tuna, ikan sarden, telur, susu, dan daging sapi. Pilih mana yang menurutmu enak, bisa juga dikreasikan dalam resep makanan yang nikmat.

2. Makan makanan yang mengandung natrium

Cara mengobati darah rendah selanjutnya adalah memakan makanan yang asin. Makanan asin atau makanan yang mengandung natrium ini bisa meningkatkan tekanan darah sehingga cocok mengonsumsinya jika kamu sedang mengalami darah rendah.

Makanan utuh yang mengandung garam atau natrium di antaranya udang, ikan asap, kaldu, dan keju. Kalau makanan olahannya dapat berupa sup kalengan, jus kemasan, ikan kalengan, daging olahan, hingga pizza.

3. Makan makanan yang kaya akan asam folat

Ketika kamu sedang mengalami tekanan darah rendah, kamu juga disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Nutrisi ini juga memiliki fungsi yang serupa dengan vitamin B12 dan natrium, yaitu meningkatkan tekanan darah.

Kamu disarankan memakan makanan berupa kacang-kacangan, asparagus, buah jeruk, telur, dan sayuran hijau seperti brokoli. Jangan sepelekan asam folat, karena kekurangannya dapat memicu darah rendah.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga tekanan darah? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Makan makanan karbohidrat rendah

Makan sebanyak-banyaknya bukan cara mengobati darah rendah yang tepat. Kebanyakan makan bisa saja menimbulkan masalah lain seperti obesitas. Ketika kamu mengalami darah rendah, cobalah mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang rendah.

Makanan dengan karbohidrat tinggi cepat dicerna di dalam tubuh. Bukan baik, cara seperti ini justru dapat membuat tekanan darah turun secara mendadak. Diet karbohidrat atau membatasi asupan karbohidrat bisa menjadi usaha mengobati darah rendah.

5. Makan makanan dengan kandungan air tinggi

Tubuh yang lesu bisa disebabkan kekurangan air di dalam tubuh. Kondisi ini akan memperparah tekanan darah rendah yang kamu alami. Untuk mengembalikan stamina tubuh, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan air yang tinggi.

Memperbanyak minum air putih tentu pilihan yang tepat untukmu. Tapi, bisa saja kamu bosan dengan minuman tanpa rasa ini. Makanan alternatif dengan kandungan air tinggi di antaranya semangka, tomat, timun, belimbing, hingga selada.

6. Mengonsumsi makanan dan minuman berkafein

Orang yang sedang lemas kerap disarankan memakan cokelat untuk mengembalikan tenaganya. Secara proses, cokelat mampu meningkatkan tekanan darah kamu. Makanan ini mengandung kafein yang baik dikonsumsi selama darah rendah.

Selain cokelat, ada juga minuman berkafein seperti kopi dan teh. Kafein juga dapat meningkatkan detak jantungmu, serta menstimulasi sistem kardiovaskular.

Selain memakan makanan pilihan di atas, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan kamu. Seperti suplemen zat besi Ferospat Tablet Effervescent dan Sangovitin yang tersedia di Pyfa Health. Suplemen ini dapat mengembalikan tekanan darah normal dan menghindarkan kamu dari anemia.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Tekanan Darah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *