• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Cacar Air

Kenali Gejala dan 5 Cara Mengobati Cacar Air Berikut Ini

Cara Mengobati Cacar Air – Ada satu penyakit yang bisa hanya kamu rasakan satu kali seumur hidup. Artinya, jika kamu sudah mengidap penyakit ini satu kali, maka tidak akan mengalaminya kembali di masa mendatang. Nama penyakitnya adalah cacar air atau Varicella dalam bahasa medis.

Umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Tapi, orang dewasa juga bisa tertular cacar air kalau belum pernah mengalaminya semasa kecil. Gejala yang muncul mungkin saja lebih berat dari anak-anak.

Kali ini, kamu akan mempelajari beberapa cara mengobati cacar air yang bisa kamu lakukan di rumah. Tapi, sebelum itu, mari kenali gejala cacar air terlebih dahulu.

Gejala Cacar Air

Cacar air adalah penyakit yang muncul jika tubuh tidak kuat melawan serangan virus Varicella zoster. Penyakit ini berhubungan erat dengan perubahan yang akan dialami oleh kulitmu. Gejala cacar air adalah sebagai berikut.

  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Tubuh terasa lemas dan kelelahan.
  • Mual dan tidak nafsu makan.
  • Ada rasa nyeri di bagian otot
  • Muncul ruam dalam tiga tahap, yaitu ruam merah lama-lama menjadi bentol-bentol kecil yang terasa gatal, lalu bentol-bentol tersebut berisi cairan dan masih terasa gatal, dan terakhir bentol mulai mengering dan berbekas mengelupas.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun agar tetap sehat? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengobati Cacar Air

Cacar air bisa hanya dialami sekali seumur hidup, namun sangat mengganggu. Inilah cara mengobati cacar air yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Kompres dingin

Rasa gatal saat kamu mengalami cacar air akan sangat mengganggu. Orang dewasa bisa sangat tidak nyaman karena ini. Bayangkan, apalagi anak-anak, mungkin akan sering menangis mengeluh karena gatal.

Sebaiknya jangan digaruk, karena itu akan membuat cacar air semakin berbekas di kulitmu. Coba dengan mengompreskan area kulit yang gatal dengan kantong es dingin. Lapisi kantong es ini dulu dengan handuk, kemudian pupuhkan secara lembut ke kulitmu.

Baca Juga: Inilah Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah.

2. Oleskan lotion calamine

Lotion calamine adalah obat luar untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Kalau kompres dingin tadi tidak mempan, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Oleskan lotion calamine ke area kulit yang terasa gatal.

Lotion calamine dapat menenangkan kulit. Di dalamnya juga terdapat zinc oxide (ZnO), mineral yang mampu mengobati dan juga mencegah ruam di kulit. Sebelum menggunakan calamine, pastikan kulitmu bersih dan jangan sampai terkena mata, ya.

3. Hisap es lilin bebas gula

Cara mengobati cacar air yang satu ini akan sangat disukai oleh anak-anak. Ketika anak mengalami cacar air, ternyata masih boleh mengonsumsi es, lho. Tapi, jenisnya adalah es lilin yang bebas gula, ya.

Cacar air menyerang segala area tubuh, termasuk di dalam mulut. Mengonsumsi es lilin dapat membantu meredakan cacar air yang berada di dalam mulut. Tekstur yang lembut dan suhu yang dingin akan membuatnya mulut terasa nyaman. Bonusnya, dehidrasi juga bisa dihindari dengan cara ini.

4. Mandi dengan oatmeal

Pernah dengar sara memandikan diri dengan oatmeal saat mengalami cacar air? Cara mengobati cacar air yang satu ini memang unik. Tapi, boleh kamu coba karena mudah dilakukan.

Bukan oatmeal sembarangan, sebaiknya kamu ke toko obat karena ada produk oatmeal khusus yang bisa digunakan sebagai bahan campuran mandi. Gunakan secangkir oatmeal jika ingin mengobati anak atau 1/3 cangkir untuk bayi. Kemudian, campurkan ke bak mandi hangat.

Kalau bisa, sebelumnya oatmeal ini diperhalus menggunakan food processor, ya. Ketika dicampurkan dengan air, oatmeal yang halus ini akan membuat air mandi seperti susu. Berendamlah sekitar 20 menit untuk menenangkan cacar air.

5. Mandi dengan air baking soda

Ketika kamu cacar air, tubuh terasa sangat gatal dan tidak nyaman. Jangan dibiarkan dengan memilih tidak mandi, ya. Pilihan lain selain oatmeal adalah mandi dengan air yang dicampurkan dengan baking soda.

Cara mengobati cacar air yang satu ini cukup ampuh meredakan gatal pada kulit dan menjaga kesehatan kulit. Campurkan satu cangkir baking soda atau soda kue ke bak mandi yang berisi air hangat. Rendam tubuh selama 15 hingga 20 menit.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Menurunkan Panas pada Anak Tanpa Obat.

Itulah cara mengobati cacar air secara sederhana, yang bisa kamu lakukan di rumah. Langkah-langkah tadi bisa kamu terapkan ke diri sendiri atau anakmu yang sedang sakit. Bisa dikombinasikan dengan obat pereda demam atau pereda sakit dan tentunya dengan anjuran dari dokter. Jaga juga sistem imun kamu agar tidak mudah terserang penyakit dan tetap sehat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *