• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

6 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi – Bagi beberapa orang yang memiliki alergi, mungkin seringkali mengalami biduran secara berulang. Penyakit biduran yang memiliki nama lain urtikaria ini sendiri merupakan reaksi vaskular pada kulit yang ditandai dengan gambaran sementara berupa bilur atau ruam merah yang memutih.

Ciri-ciri biduran lainnya yaitu ketika ditekan, ruam biduran akan terasa gatal dan dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Biduran pada setiap orang pun beragam, mulai dari lentikular, numular, hingga plakat menyerupai pulau-pulau.

Biduran sendiri bisa terjadi karena tubuh melepaskan zat histamin dan mediator lainnya ke dalam pembuluh darah sebagai respons alami tubuh dalam menanggapi alergen atau pemicunya, seperti makanan, obat-obatan, rangsangan fisik secara langsung, faktor lingkungan, hingga pertanda adanya infeksi atau penyakit tertentu.

Biduran bisa terjadi berulang kali pada setiap orang. Untuk mengobati biduran agar tidak kambuh lagi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Official Store Pyfa Health

Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi

Beberapa orang mungkin sering mengalami biduran. Berikut ini adalah enam cara mengobati biduran agar tidak kambuh lagi.

1. Kompres dengan air dingin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan kompres dingin. Cara ini merupakan salah satu langkah yang efektif untuk mengobati biduran. Kamu bisa melakukannya dengan memasukkan es batu yang telah dihancurkan ke dalam ice bag atau handuk kecil. Kemudian, letakkan kompres dingin dan diamkan selama 10 menit ke kulit yang sedang meradang. Kamu bisa mengulangi cara ini setiap hari sesuai kebutuhan hingga biduran membaik.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes.

2. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya yaitu untuk mengobati biduran agar tidak kambuh kembali. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang diyakini mampu mengurangi ruam kemerahan dan sensasi gatal akibat biduran yang terkadang begitu menyengat. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya segar pada area kulit yang terkena sebanyak 3 kali sehari. Meski bermanfaat, kamu tidak perlu terlalu sering mengoleskan gel lidah buaya, karena hal itu justru dapat membuat kulit kering.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Hindari iritan

Salah satu penyebab terjadinya biduran adalah alergi yang dialami penderitanya. Kondisi ini daat dipicu akibat reaksi alergi terhadap bahan-bahan kimia yang terdapat pada sabun atau lotion yang digunakan. Maka dari itu, kamu harus lebih selektif memilih sabun atau lotion yang ditujukan khusus untuk pemilik kulit sensitif. Perlu diketahui, iritan sendiri merupakan bahan yang secara langsung menyebabkan peradangan atau ketidaknyamanan ketika terjadi kontak dengan bagian tubuh.

4. Jaga suhu tubuh

Cara untuk mengobati biduran agar tidak kambuh lagi selanjutnya adalah dengan tetap menjaga suhu tubuh dan ruangan agar tetap sejuk karena panas dan keringat dapat memicu memburuknya ruam maupun rasa gatal. Kamu dapat mengenakan jenis pakaian yang longgar dan berbahan lembut. Selama mengalami biduran, usahakan untuk tetap berada di dalam ruangan yang sejuk dan menghindari sengatan matahari secara langsung.

5. Mengonsumsi suplemen

Asupan suplemen juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi suplemen quercetin yang dapat dipergunakan untuk membantu menenangkan dan menyingkirkan ruam merah juga gatal-gatal pada kulit. Selain quercetin, rekomendasi suplemen lainnya termasuk vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan minyak ikan.

6. Kelola stres

Cobalah untuk mengelola stres, misalnya saja dengan meditasi. Pasalnya, stres bisa jadi pemicu munculnya biduran karena saat mengalami perasaan ini, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin lebih banyak dari biasanya. Adrenalin akan memicu timbulnya bentol dan gatal segera diproduksi dan biasanya akan hilang dalam waktu 30-60 menit setelahnya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi.

Nah, itulah beberapa cara mengobati biduran agar tidak kambuh lagi. Jaga terus kesehatan kulit kamu agar tidak terserang biduran. Kamu juga bisa mengonsumsi rekomendasi obat untuk menjaga kesehatan kulit berikut ini.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *