• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Batuk Pada Anak

7 Cara Mengobati Batuk pada Anak

Cara Mengobati Batuk Pada Anak – Setiap orang bisa terserang penyakit, baik usianya dewasa ataupun masih anak-anak. Salah satu penyakit yang cenderung sering dialami seseorang adalah batuk. Awalnya, tak jarang orang dewasa menyepelekan batuk, persepsi berubah semenjak pandemi Covid-19.

Ada hal lain yang lebih mengkhawatirkan yaitu jika batuk menyerang anak-anak. Anak-anak belum sepenuhnya memahami kalau sedang sakit itu harus segera disembuhkan. Untuk minum obat saja perlu dibujuk berkali-kali.

Nah,jangan langsung stres kalau anak-anakmu batuk, ya. Ada beberapa cara mengobati batuk pada anak secara alami.

Cara Mengobati Batuk Pada Anak

Batuk pada anak bisa terasa lebih menyiksa dibandingkan orang dewasa. Pelajari cara mengobati batuk pada anak yang bisa kamu lakukan di rumah berikut ini.

1. Mengonsumsi buah jeruk

Cara mengobati batuk pada anak yang pertama adalah membiarkannya mengonsumsi buah jeruk. Buah jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan. Buah ini memiliki kemampuan melindungi tubuh seseorang dari serangan bakteri jahat.

Mengonsumsi buah jeruk akan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Selanjutnya, dapat meredakan batuk yang dialami anak tanpa perlu bantuan obat. Kalau anak kurang suka jeruk utuh, kamu bisa mengubahnya terlebih dulu menjadi minuman perasan air jeruk.

2. Banyak minum air putih

Ada cara lebih sederhana dari mengonsumsi buah jeruk. Cara mengobati batuk pada anak tersebut adalah dengan meminum banyak air putih. Air putih akan membantu tenggorokan terasa lebih lega setelah batuk-batuk.

Untuk memberikan efek lebih nikmat pada tenggorokan, air putih bisa disajikan dengan suhu yang hangat. Meminum air putih dengan banyak dan teratur akan memulihkan anak dari batuk. Anak juga akan terhindar dari resiko dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi dan Cara Penggunaannya.

3. Mengonsumsi buah nanas

Umumnya, anak akan cepat merasa bosan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Kalau anak mulai bosan makan buah jeruk, kamu bisa menawarkan buah lain seperti nanas. Buah ini juga banyak ditemukan di Indonesia.

Buah nanas dapat menjadi obat batuk alami, terutama jika batuk yang dialami adalah batuk berdahak. Ada kandungan bromelain pada nanas yang akan membuat lendir pada tenggorokan lebih encer.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun anak? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengonsumsi buah lemon

Lemon juga termasuk jenis jeruk. Tapi, secara khusus, lemon sering dikaitkan dengan obat batuk yang alami. Ada cara khusus yang dapat kamu lakukan pada lemon, sehingga fungsi sebagai obat batuk ini dapat berjalan.

Kamu bisa memeras buah lemon ini. Kemudian, air perasan lemon dicampurkan dengan madu untuk membuatnya terasa lebih manis. Mengonsumsi secara teratur sebanyak 2 sampai 3 kali selama satu minggu dapat meredakan batuk anak. Anak juga akan menyukai rasanya.

5. Kumur dengan air garam

Batuk terasa menyiksa bagi anak kecil. Tenggorokan bisa jadi terasa sakit sehingga anak-anak sering menangis. Untuk mengobati tenggorokan yang sakit, cobalah cara mengobati batuk pada anak yang satu ini, yaitu dengan larutan garam yang mampu membunuh bakteri.

Caranya, siapkan satu gelas air yang dicampurkan dengan setengah sendok teh garam. Larutan garam ini kemudian digunakan anak untuk berkumur sambil mengangkat kepala, sehingga air ini menyentuh tenggorokan. Lakukan 3 kali dalam sehari sampai anak sembuh.

6. Gunakan aroma irisan bawang merah

Anak-anak mungkin tidak menyukai bawang merah. Tapi sebetulnya, bawang merah bisa menjadi bahan penting dalam cara mengobati batuk pada anak. Kamu bisa menyiasatinya jika anak sudah tertidur.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengiring bawang merah dan meletakannya di piring kecil. Jika anak sudah tidur, taruh lah irisan bawang merah ini di samping tempat tidur anak.

Baca Juga: Inilah Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah.

7. Menghirup uap air

Cara mengobati batuk pada anak selanjutnya lebih cocok dilakukan jika anak mengalami batuk berdahak, yaitu batuk yang menyulitkan anak untuk bernapas, karena anak belum mandiri untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung.

Cobalah siapkan mangkuk agak besar berisi air yang hangat. Lalu, tutup mangkuk dengan handuk. Setelah itu, minta anakmu menghirup uap air yang dihasilkan air hangat ini selama 15 menit untuk mengurangi jumlah lendir yang tersumbat di hidung.

Nah, itulah beberapa cara mengobati batuk pada anak. Jaga terus sistem imun si kecil dengan memberikannya suplemen serta vitamin dari Pyfa Health berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *