• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Mudah

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh – Menjaga berat badan merupakan sebuah kebutuhan yang harus kita penuhi. Tidak hanya membuat membentuk badan menjadi lebih bagus, tetapi juga bisa memberikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Di dalam dunia medis, untuk bisa memastikan berat badan ideal adalah melalui Indeks Massa Tubuh atau sering juga disebut BMI. Kira-kira seberapa penting indeks massa tubuh ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Indeks Massa Tubuh

Dikutip dari Daily Burn, Indeks Massa Tubuh adalah suatu metode untuk menilai apakah berat badanmu sudah masuk kategori sehat atau tidak. Indeks massa tubuh atau yang juga sering disebut BMI dapat membandingkan berat badan dengan tinggi badanmu. Perhitungannya sendiri adalah membagi berat dalam dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

Contohnya kira-kira seperti ini, seorang pria memiliki tinggi badan 160 cm (1,6 m). Sedangkan berat badannya adalah 60 kg. Maka, perhitungan di dalam BMI adalah sebagai berikut.

1. Pertama, kali dua terlebih dahulu tinggi badan tadi menjadi: 1,6 x1,6 =2 ,56 m.

2. Kemudian, tinggal lakukan pembagian menjadi: 60/2,56 = 23,4.

3. Terakhir, kamu tinggal bandingkan hasilnya dengan kategori berat badan sesuai BMI.

Kategori Berat Badan Versi Indeks Massa Tubuh

Setelah kita melakukan perhitungan tadi, selanjutnya adalah mulai membandingkan hasilnya dengan kategori berat badan. Beberapa keterangan berat badan yang resmi dalam indeks massa tubuh adalah sebagai berikut.

  • Nilai di bawah 18,5 = Berat badan kurang ideal.
  • Nilai antara 18,5 – 22,9 = Berat badan normal dan ideal.
  • Nilai 23 hingga 29,9 = Kelebihan berat badan.
  • Nilai lebih dari 30 = Obesitas.

Dengan menggunakan hasil tadi, maka kita bisa melihat bahwa berat badan seorang pria tadi termasuk kelebihan karena ada di antara 23 hingga 29,9.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Seberapa Pentingkah Berat Badan Ideal?

Berat badan yang ideal sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kamu pastinya pernah melihat ada orang yang kelebihan maupun kekurangan. Hal tersebut tentunya berpotensi mendatangkan penyakit bagi dirinya sendiri.

Untuk badan yang terlalu kurus, bisa mendatangkan potensi penyakit seperti anemia, osteoporosis, imunitas tubuh yang menurun, kerusakan organ hati dan jantung, jumlah sperma berkurang, hingga tingkat kesuburan yang sangat minim. Sedangkan untuk tubuh gemuk, bisa berpotensi adanya kolesterol tinggi, penyakit jantung, ginjal, bahkan sulit untuk berjalan.

Apakah Indeks Massa Tubuh Bisa Dijadikan Tolak Ukur?

Tentunya, kita akan berpikir bahwa dengan adanya indeks massa tubuh ini kita memiliki tolak ukur untuk badan ideal. Sekilas memang seperti itu, akan tetapi, jika kita mengutip dari Live Science, BMI tidak selalu menjadi tolak ukur badan ideal secara mutlak.

Sebab, ukuran berat badan yang sehat tidak boleh disamaratakan untuk semua orang. Contohnya bisa kita lihat pada binaragawan atau atlet sumo. Meskipun secara fisik mereka cukup besar atau bahkan bisa melebihi nilai standar BMI, kita tidak bisa menilai mereka obesitas atau mudah terkena penyakit.

Pada akhirnya, kita tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk lebih pasti apakah tubuh kita sendiri sudah layak disebut sehat atau tidak. Hasil rontgen dan lab bisa membuktikan lebih akurat tentang kesehatan kita sendiri. Meskipun begitu, bukan berarti indeks massa tubuh ini tidak benar, akan tetapi metode ini bisa menjadi peringatan untuk kita agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa terhindar dari penyakit mematikan.

Demikianlah cara menghitung indeks massa tubuh dengan mudah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan semoga kamu selalu jaga kesehatan setiap hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *