• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Menggunakan Masker yang Benar

Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus Covid-19

Cara Menggunakan Masker yang Benar – Maraknya virus Covid-19 atau disebut juga Corona membuat masyarakat khawatir bisa tertular. Apalagi, virus yang satu ini telah menyerang seluruh dunia dan menyebabkan banyak orang meninggal dunia. Salah satu untuk bisa mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menggunakan masker.

Meskipun edukasi cara penggunaan masker sudah dilakukan, akan tetapi masih banyak orang yang belum paham. Bahkan, ada yang cukup asal memakai masker tanpa mengetahui dampaknya.

Mengapa Harus Menggunakan Masker?

Jika mengutip dari pernyataan WHO, virus Corona merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Cara penyebarannya bisa melalui cipratan atau droplets dari seseorang yang sudah terinfeksi virus Corona. Bisa melalui batuk, bersin, cipratan air liur, atau melalui cairan yang keluar dari hidung.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menerapkan kebersihan saluran nafas. Contohnya seperti menutup mulut saat batuk dan bersin dan menggunakan masker saat akan pergi kemanapun. Artinya, masker merupakan salah satu alat untuk mencegah virus masuk melalui mulut dan hidung.

Official Store Pyfa Health

Ingin membeli masker untuk mencegah virus Corona? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Cara Menggunakan Masker yang Benar

Berdasarkan pernyataan dari Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Bekasi Barat bernama dr. Budi Imansyah, SpP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan masker. Poin penting tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Sebelum menggunakan masker, pastikan tanganmu bersih. Hal tersebut sangat penting karena tangan pada dasarnya adalah perantara mudah yang dihinggapi kuman. Nah, agar kuman-kuman tersebut tidak menempel pada masker, sebaiknya cuci tangan dulu menggunakan sabun dan air mengalir.

2. Selalu memegang tali saat memakai masker

Ketika memakai masker ke bagian mulut, maka perhatikan bagian mana yang harus disentuh. Hal yang paling benar ketika memegang masker ada di bagian talinya. Setelah itu, kaitkan talib pada bagian telinga. Pastikan kamu tidak memegang bagian kain masker saat tangan sedang kotor. Sebab, banyak kuman yang akan terhirup ketika dipakaikan.

3. Posisi kawat ada di bagian atas

Masker medis yang bagus adalah memiliki kawat di atas kainnya. Kawat tersebut pastikan posisinya ada di bagian atas. Kamu juga upayakan tidak ada celah pada bagian masker. Caranya sendiri tinggal menekuk kawat tersebut mengikuti hidung. Tekan pelan-pelan sehingga masker akan tertutup rapat. Dengan begitu, masker dapat terpasang sempurna.

Baca Juga: Pentingnya Vitamin D untuk Penderita Covid-19.

4. Gunakan masker sekali pakai

Masker medis tidak dianjurkan untuk dipakai berulang kali. Sebab, saat kuman-kuman tersebut menempel pada masker tersebut, tidak bisa hilang dengan dicuci. Maka dari itu, masker medis hanya bisa digunakan sekali saja. Ketika kamu selesai menggunakan masker, lepaskan masker tersebut lalu lipat tanpa menyentuh bagian masker dan buanglah ke tempat sampah.

5. Gunakan masker yang nyaman dengan wajah

Banyak orang yang merasa tidak nyaman menggunakan masker karena ukurannya tidak pas dengan wajah. Perlu diperhatikan bahwa masker medis maupun masker kain memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, menggunakan masker yang nyaman di wajah juga perlu diperhatikan.

Cara Memilih Masker yang Tepat

Selain cara menggunakan masker, beberapa orang juga masih bingung dengan seperti apa masker yang tepat agar terhindar dari paparan virus Covid-19. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Gunakan masker medis atau masker bedah yang berfungsi melindungi diri dari berbagai mikroorganisme.
  • Masker yang dapat menutupi area hidung dan mulut.
  • Terbuat dari material yang lembut dan nyaman.
  • Biasanya telah dikemas dalam kotak masker.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Masker Terbaik untuk Melawan Virus Corona.

Demikian beberapa cara menggunakan masker yang benar untuk mencegah virus Covid-19. Salah satu masker yang bisa kamu gunakan adalah masker KF94. Kamu bisa membelinya di Pyfa Health. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Rekomendasi Masker untuk Mencegah Virus Covid-19

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *