• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Menggosok Gigi yang Benar

Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Benar? Simak Berikut Ini!

Cara Menggosok Gigi yang Benar – Menggosok gigi merupakan salah satu rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Namun, apakah kita suka melakukannya dengan tepat selama ini? Pasalnya, rajin menggosok gigi saja tidaklah cukup, cara menyikat gigi yang tepat juga penting untuk diperhatikan demi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk memastikan gigi terawat dan bersih ikuti tahapan cara menggosok gigi yang benar berikut ini.

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Sudahkah kamu menggosok gigi? Jaga kesehatan gigi kamu dengan mengikuti anjuran cara menggosok gigi yang benar berikut ini.

1. Gunakan sikat gigi yang tepat

Memilih sikat gigi yang tepat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya luka karena gigi sensitif. Agar tidak memperparah keadaan gigi dan gusi yang sensitif, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan lembut. Kamu juga bisa memilih sikat gigi dengan ukuran kepala sikat yang sesuai dan nyaman di mulut. Hal tersebut penting dilakukan untuk memudahkan pergerakan bulu sikat menjangkau seluruh permukaan gigi dan gusi.

2. Pilih pasta gigi dengan benar

Selain memilih sikat gigi yang tepat, pemilihan pasta gigi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan gigi dan mulut. Idealnya, kamu dapat memilih pasta gigi yang mengandung fluorida (flouride). Kandungan fluoride pada pasta gigi ini berfungsi untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang. Bukan itu saja, kamu juga dapat memilih pasta gigi herbal yang diperkaya oleh kandungan ekstrak eucalyptus dan fennel atau adas yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Official Store Pyfa Health

3. Sikat gigi dengan gerakan melingkar

Ketika memulai melakukan sikat gigi, terlebih dahulu letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Kamu dapat memulai menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut lakukan dengan gerakan sikat melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian gigi.

4. Pastikan seluruh permukaan sudah disikat

Ketika menyikat gigi, sikatlah seluruh bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah dan gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Jangan lupa juga untuk memastikan seluruh permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan gigi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Bersihkan bagian dalam gigi

Ketika hendak menyikat gigi bagian dalam, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Kamu dapat melakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali hingga bersih.

6. Variasikan cara menyikat gigi

Kebiasaan menggosok gigi dengan pola yang diulang terus menerus ternyata bukan cara efektif untuk merawat kebersihan gigi, lho. Cobalah untuk mengubah pola menyikat gigi jika diperlukan. Pasalnya, menyikat gigi terus menerus dengan cara yang sama berkemungkinan terdapat bagian gigi lain terabaikan.

7. Sikat gigi dengan lembut

Biasakan untuk menyikat gigi secara perlahan, lembut, dan jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi. Sebab pada kenyataanya, jika kita terlalu keras menyikat gigi, sebenarnya juga tidak membantu membersihkan gigi lebih baik. Hal tersebut justru dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

8. Gunakan benang gigi dan akhiri dengan berkumur

Ketika urutan menyikat gigi sudah dilakukan seluruhnya, Kamu dapat menyempurnakannya dengan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi, lalu bilas sisa kotoran yang terdapat di gigi dan mulut dengan air bersih. Selanjutnya, kamu juga dapat berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau yang diformulasikan khusus untuk masalah tertentu, misalnya bau mulut atau gigi sensitif.

Nah, itulah beberapa tahapan cara menggosok gigi yang benar. Sudahkah kamu melakukannya dengan tepat? Jangan lupa, jaga terus kesehatan gigi kamu dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk kesehatan gigi berikut ini!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *