• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Gejala dan Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil – Hormon yang terus berubah-ubah dan keberadaan janin dalam perut, menyebabkan banyak kondisi kesehatan pada ibu hamil. Salah satunya adalah sembelit. Sembelit adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang dialami oleh ibu hamil. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Silahkan kamu simak sebagai berikut. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu gejala sembelit pada ibu hamil berikut ini.

  • Gejala sembelit pada ibu hamil adalah sebagai berikut:
  • Kurangnya frekuensi BAB.
  • Kotoran yang keluar hanya sedikit.
  • Feses kering dan keras saat akan keluar.
  • Setelah buang air besar perut tidak terasa lega karena masih ada yang tersisa di dalam.

Mengapa Bisa Terjadi Sembelit pada Ibu Hamil?

Sembelit pada masa awal kehamilan biasanya dikarenakan zat besi dan kalsium yang terlalu tinggi dalam tubuh ibu. Mengonsumsi zat besi dalam dosis tinggi dapat membuat sembelit yang dialami menjadi lebih parah.

Ibu hamil yang jarang berolahraga juga cenderung mengalami sembelit. Penyebab adalah karena ada tekanan pada dubur akibat rahim yang terus membesar untuk mengakomodasi ukuran bayi.

Selain itu, sembelit pada ibu hamil juga dapat terjadi akibat stres yang menumpuk selama masa kehamilan. Oleh karena itu, penyakit sembelit tidak bisa kamu anggap remeh.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut ini adalah lima cara untuk mengatasi sembelit yang wajib kamu simak.

1. Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi

Makanan dengan serat yang tinggi dapat membantu kamu untuk melunakkan feses, sehingga dapat mencegah sembelit. Selain itu, makanan dengan serat tinggi juga membantu BAB lebih lancar meskipun sedang hamil. Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya saja seperti:

  • Sereal
  • Beras merah
  • Buah dan sayuran

2. Banyak minum air putih

Minum air putih secara teratur dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil. Setiap hari kamu dapat meminum air putih, hingga air seni kamu berwarna bening untuk menandakan bahwa kadar air di dalam tubuh cukup. Disarankan, ibu hamil untuk minum air putih minimal 2 liter sehari.

Apabila kamu bosan dengan minum air putih, kamu menggantinya dengan jus buah. Contohnya jus jeruk, jus mangga, jus pisang, dan lain-lain. Akan tetapi, lebih baik jika tetap minum air putih seperti biasa, karena dapat membantu melancarkan proses pelunakan feses.

3. Mengonsumsi obat pencahar

Jika sembelit yang dialami ibu hamil tidak kunjung sembuh dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan minum air putih, mengonsumsi obat pencahar mungkin dapat menjadi solusi untuk kamu. Obat pencahar dapat diminum oleh ibu hamil ketika perawatan alami tidak efektif dalam mengatasi sembelit.

Ada banyak jenis obat sembelit yang berbeda. Namun, tidak semua obat dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Obat sembelit boleh diberikan, hanya jika dapat memberikan efek samping baik pada ibu atau janin. Kamu harus konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat apa pun untuk mengatasi sembelit saat hamil.

4. Olahraga secara rutin

Selain membuat ibu dan janin sehat, olahraga juga dapat membantu mengatasi sembelit. Berikut olahraga yang dapat dilakukan untuk ibu hamil, yaitu:

  • Berjalan kaki
  • Berenang
  • Yoga

5. Mengganti vitamin kehamilan

Zat besi yang tinggi dapat mengakibatkan sembelit pada ibu hamil. Apabila kamu mengalami sembelit karena mengonsumsi vitamin kehamilan dengan dosis zat besi yang tinggi dan tidak sedang mengalami anemia, sebaiknya minta dokter untuk menggantinya dengan obat yang memiliki dosis zat besi lebih rendah.

Itulah cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Perlu diketahui, sembelit pada ibu hamil harus segera diatasi. Apabila kamu mengalami sembelit yang disertai dengan sakit perut, diare, atau keluar lendir dan darah saat BAB, segera menghubungi bidan atau dokter. Selain itu, untuk ibu hamil, jangan lupa juga rajin mengonsumsi zat besi agar terhindar dari anemia.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *