• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih – Pada saat ibu akan menyapih si buah hati, maka payudara akan membengkak. Kondisi ini biasanya tidak akan memberikan rasa nyaman pada ibu karena ada rasa sakit yang dirasakan sekitar payudara. Bahkan terkadang sering mengalami panas dingin di sekujur tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa ketika hamil, payudara akan terlihat berbeda. Bisa itu dari sisi ukuran, bentuk, dan juga penampilannya. Ketika bayi lahir, secara otomatis payudara pun akan menghasilkan ASI untuk bayi. Ketika mulai menyapih, maka payudara akan lebih sedikit memproduksi ASI.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

Ketika kamu memutuskan untuk menyapih, maka harus ada perawatan yang dilakukan pada payudara. Hal ini membuat payudara tidak bengkak serta mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan ketika menyapih. Beberapa cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

1. Keluarkan sedikit ASI

Cara yang pertama adalah tetap keluarkan ASI sedikit demi sedikit. Hal ini dapat meringankan adanya tekanan dan juga mengurasi rasa sakit pada payudara. Perlu kamu ketahui bahwa saat menyapih secara tiba-tiba maka payudara pun bisa “kaget” dan berdampak dengan adanya pembengkakan.

Namun, tidak perlu mengeluarkan ASI yang banyak. Cukup keluarkan secukupnya saja sampai terasa baikan. Jika dipaksa mengeluarkan ASI yang banyak, maka bisa berpengaruh juga pada tubuh ibu sendiri.

2. Menggunakan bra yang lebih longgar

Penggunaan bra juga harus diperhatikan untuk para ibu. Cobalah untuk memilih bra yang lembut dan juga tidak terlalu ketat untuk mengurangi adanya tekanan. Ibu juga bisa mengikat payudara agar bisa menghentikan produksi ASI. Hal tersebut dapat membuat saluran ASI menjadi tersumbat.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang?

3. Sering menggunakan kompres dingin

Cara berikutnya adalah menggunakan kompres dingin di sekitar payudara. Selain menggunakan jenis kompres es, ibu juga bisa menggunakan daun kubis dingin agar dapat meredakan peradangan dan juga nyeri di sekitar payudara.

Dalam jangka waktu yang panjang, penggunaan kompres dingin juga bisa mengurangi produksi ASI saat menyapih. Hal ini tentunya memberikan keuntungan agar payudara bisa kembali normal sekaligus menghentikan produksi ASI secara alami.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan payudara? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Menyiapkan pembungkus payudara

Karena proses menyapih memerlukan waktu, maka persiapkan saja pembungkus payudara untuk mengatasi terjadinya kebocoran. Pembengkakan yang diakibatkan penyapihan secara mendadak bisa memberikan tekanan pada payudara.

Akibatnya, sewaktu-waktu terjadinya kebocoran ASI bisa saja terjadi. Dengan menggunakan pembungkus payudara atau sering juga disebut breast pad, maka ASI yang keluar bisa diserap dengan cepat dan tidak membuat pakaian basah karena ASI.

5. Memijat payudara

Cara selanjutnya bisa dengan memijat payudara. Dengan melakukan pemijatan payudara maka bisa mengurangi adanya sumbatan saluran ASI. Lakukanlah pemijatan secara perlahan-lahan namun rutin.

Selain dengan pemijatan, bisa juga dengan menempatkan daun dingin ke dalam bra. Setelah itu, selalu ganti setiap beberapa jam sekali. Perlu diketahui bahwa daun kubis bisa mengurangi rasa nyeri di sekitar payudara karena pembengkakan saat menyapih. Namun, jika sulit menemukan daun kubis, memijat payudara bisa menjadi alternatif.

Baca Juga: Penting! Ini 7 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil.

6. Selalu jaga kebersihan payudara

Saat proses pasca menyapih, selalu jaga kebersihan dan kesehatan payudara agar tidak mengalami infeksi dan juga lembap. Pada bagian puting, hindari juga terkena sabun. Hal tersebut dikarenakan pada sabun memiliki kandungan soda yang membuat kulit mengering. Akibatnya, kulit lecet dan juga iritasi.

Untuk itu, proses pembersihan payudara bisa menggunakan kapas dan juga air hangat. Usapkan secara perlahan-lahan dan juga gunakan handuk kering sehingga payudara tidak menjadi lembap.

Itulah enam cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan payudara kamu. Inilah beberapa rekomendasi produk untuk menjaga kesehatan payudara.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Payudara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *