• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengatasi Kram Perut

Cara Mengatasi Kram Perut yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Mengatasi Kram Perut – Perut kram dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti intoleransi makanan, sindrom iritasi usus, atau makan terlalu cepat (atau terlalu banyak). Selain menghindari pemicu atau penyebabnya, kamu pun bisa mencoba beberapa cara alami untuk mengobati kram perut sendiri di rumah. Langsung saja, berikut ini adalah lima cara mengatasi kram perut.

Cara Mengatasi Kram Perut

Pernah mengalami kram perut? Inilah lima cara mengatasi kram perut dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Hentikan kebiasaan mengonsumsi kafein terlebih dahulu

Kafein terkandung dalam minuman teh, kopi, dan coklat. Bagi beberapa orang, kafein bisa menjadi zat stimulan yang dapat memicu gangguan pada membran lambung, sehingga mengakibatkan mules dan kram yang biasanya diikuti sakit perut. Jadi, jika belakangan ini kamu terlalu banyak mengkonsumsi kafein, seperti kopi, maka mulai saat ini kamu harus mengatur pola konsumsi terlebih dahulu. Bisa jadi kebiasaan itu menjadi penyebab gangguan perut kram selama ini.

Baca Juga: Inilah 5 Jus untuk Penderita Asam Lambung.

2. Hindari makanan olahan manis

Diet tinggi gula mampu mendorong pertumbuhan bakteri jahat di usus. Jika jumlah bakteri jahat melebihi jumlah bakteri baik dalam usus, gejala perut kembung akan muncul.

Biasanya, kondisi tersebut diikuti dengan gangguan lain seperti masuk angin, kram perut, dan diare. Untuk itu, hindari makanan olahan tinggi gula untuk semantara waktu.

Sebaliknya, ketika perut sakit, coba makan makanan alami seperti buah-buahan. Pisang adalah pilihan yang baik. Pisang penuh dengan serat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan secara teratur dan membantu mengatasi gangguan perut. Pisang juga dapat membantu mengganti kalium esensial yang hilang karena diare atau muntah.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan perut atau lambung? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Minum teh jahe herbal

Selama tidak mengkonsumsi kafein, bukan berarti kamu juga berhenti minum teh sama sekali. Beberapa minuman herbal sebenarnya dapat membantu meringankan gejala kram perut. Misalnya saja teh dengan jahe, minuman ini merupakan obat herbal tradisional yang telah terbukti efektif selama berabad-abad.

Jahe mengandung konstituen gingerol aktif yang menyebabkan rasa pedas dan panas. Hal ini bisa merangsang produksi air liur, empedu, dan lambung, sehingga cocok menjadi obat mengobati kram perut.

Selain itu, jahe juga dapat mencegah mual, meringankan gejala mulas, dan mengurangi peradangan. Jika kamu bukan penggemar jahe, kamu bisa mencoba teh dengan rasa mint, peppermint, atau spearmint.

4. Minum teh herbal

Teh mint telah dipercaya secara tradisional sebagai dekongestan untuk meringankan hidung tersumbat. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan mint di dalamnya memiliki sifat antibakteri yang sangat baik untuk mengurangi nyeri perut.

Menthol, yaitu minyak aktif dalam mint, dapat menenangkan gangguan perut dan sebagai antiinflamasi. Kandungan ini juga baik untuk mengatasi rasa sakit di perut.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, ambil beberapa lembar daun mint kemudian beri air panas selama 5-10 menit, dan hidangkan sebagai teh selagi hangat.

Baca Juga: Cara Meramu Kunyit untuk Mengobati Asam Lambung.

5. Konsumsi air putih dan jaga kondisi tubuh tetap terhidrasi

Terkadang, solusi terbaik dan penyebab kram perut yang paling umum terjadi yaitu tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penyebab gangguan pencernaan, termasuk kram di perut. Jadi, agar kita tidak kekurangan cairan.

Cukupi konsumsi air agar tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kram dan masalah perut. Kebutuhan air pada orang dewasa rata-rata adalah 8 gelas atau 2 liter air per hari.

Nah, itulah lima cara mengatasi kram perut yang bisa kamu coba lakukan. Sebelum mencoba cara-cara di atas, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab kram perut yang kamu alami saat ini. Jika masalahnya menyangkut kesehatan lambung, seperti asam lambung naik, solusinya adalah mengonsumsi obat untuk mengatasi penyakit lambung tersebut.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *