• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Cara Mengatasi Hidung yang Mampet Sebelah

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah – Hidung tersumbat atau mampet sebelah tentu sangat menyebalkan. Mulai dari beraktivitas hingga untuk tidur pun menjadi sangat terganggu karena kesulitan bernafas. Memangnya, apa sih yang menyebabkan hidung tersumbat dan bagaimana cara mengatasi hidung mampet sebelah?

Nah, kita akan mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung mengalami pembengkakan karena kelebihan cairan atau lendir. Kondisi ini juga dapat disertai dengan muncul lendir ingus di hidung.

Hidung Mampet Perlu Diwaspadai

Hidung tersumbat sebenarnya adalah gejala penyakit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh pilek, flu, alergi, iritasi, dan sinusitis. Namun, ada beberapa kondisi yang lebih serius yang dapat membuat kondisi hidung mampet atau tersumbat, termasuk rinitis non-alergi, polip hidung, tumor, sindrom churg-strauss, septum yang menyimpang, kelenjar gondok yang membesar, kelenjar tiroid, dan yang lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Mempertahankan kelembapan hidung adalah salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika mengalami hidung yang mampet. Untuk penanganan lain, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk meringankan hidung yang mampet sebelah ataupun keduanya.

1. Minum banyak air

Minum banyak air diyakini dapat meringankan hidung tersumbat. Air yang kamu minum berguna untuk menipiskan lendir dan menjaga tenggorokan tetap lembap. Tidak hanya air, kamu juga dapat mengonsumsi minuman hangat lainnya, seperti teh, jahe panas, sup ayam, atau jus buah.

2. Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat juga dapat membantu meringankan hidung tersumbat. Kamu dapat menghirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang dimasak sampai mendidih. Lakukan secara perlahan dan hati-hati. Selain itu, kamu pun dapat menikmati uap hangat menggunakan humidifier atau mandi air hangat. Cara ini diyakini dapat membuat tubuh lebih rileks dan meredakan hidung mampet sebelah.

3. Cuci hidung dengan air garam

Cara yang satu ini juga diyakini dapat meredakan hidung mampet serta menghilangkan virus dan bakteri di hidung. Kamu dapat membuat larutan garam sendiri di rumah dengan setengah sendok teh garam dan sedikit baking soda yang dilarutkan dalam 1 cangkir air mineral yang telah dihangatkan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Buang cairan hidung (ingus)

Buang cairan hidung atau ingus. Lakukan dengan benar dan teratur sehingga pernapasan menjadi lebih lancar. Cara membuang lendir cairan hidung yang benar yaitu dengan menutup aliran udara dengan jari di salah satu lubang hidung, lalu buang ingus pada hidung yang tersumbat seperti membuang nafas. Lakukan dengan hati-hati dan hindari melakukan gerakan membuang nafas terlalu keras karena bisa membuat hidung terluka.

5. Tidur dengan bantal tambahan

Tidur dengan dua bantal di bawah kepala diyakini bisa menjaga kepala tetap miring sehingga bisa membantu pernapasan lebih lega serta meringankan saluran hidung yang tersumbat.

6. Mengonsumsi obat-obatan dan vitamin

Mengonsumsi obat-obatan medis seperti dekongestan, antihistamin, parasetamol, ibuprofen, dan naproxen juga dapat membantu meringankan saluran hidung tersumbat sebelah maupun tersumbat keduanya.

Selain itu, kamu pun dapat mengonsumsi vitamin C dan seng untuk mempercepat penyembuhan. Pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan atau berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah yang bisa kamu coba. Jika setelah 10 hari kondisi hidung masih mengalami penyumbatan, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter terkait untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Selain itu, jaga terus kesehatan tubuh kamu dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *