• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengatasi Bibir Bengkak

Cara Mengatasi Bibir Bengkak dan Ketahui Penyebabnya

Cara Mengatasi Bibir Bengkak – Pembengkakan di daerah wajah tentu mengganggu kepercayaan diri, termasuk ketika bibir tiba-tiba membengkak. Biasanya, kondisi ini disertai dengan sensasi rasa sakit dan kemerahan.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi bibir bengkak, kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab bibir bengkak, karena setiap penyebabnya tentu memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Penyebab Bibir Bengkak

Apa saja penyebab bibir bengkak? Inilah beberapa penyebab bibir bengkak yang wajib kamu ketahui untuk solusi penanganan selanjutnya.

1. Reaksi alergi

Tidak hanya gatal, reaksi alergi dalam tubuh juga dapat menyebabkan bibir menjadi bengkak. Hal ini dipicu oleh reaksi tubuh terhadap zat asing yang masuk, sehingga tubuh akan melepaskan zat kimia histamin sebagai bentuk perlindungan.

Official Store Pyfa Health

Pada saat yang sama, zat histamin juga menyebabkan reaksi alergi dalam bentuk pembengkakan. Jika disebabkan oleh alergi makanan, biasanya bibir akan membengkak setelah kamu mengonsumsi makanan ini. Solusinya tentu dengan menghindari jenis makanan tersebut.

2. Gigitan serangga

Penyebab bibir bengkak selanjutnya bisa disebabkan oleh gigitan serangga, seperti semut ataupun serangga kecil lainnya. Jika serangga menggigit atau menyengat tepat di bibir, maka hewan ini biasanya akan meninggalkan racun di sana.

Reaksi dari racun tersebut yaitu menyebabkan pembekakan di bibir. Kamu bisa mengabaikan saja untuk sementara waktu sampai pembengkakan menghilang dengan sendirinya. Atau, kamu bisa mengoleskan madu sebagai obat alami untuk meringankan rasa sakit.

3. Cedera ringan

Bibir bengkak juga dapat disebabkan oleh cedera pada wajah karena kecelakaan, jatuh, atau terpukul, terutama karena benda tumpul. Untuk mengatasi bibir bengkak yang disebabkan oleh masalah ini, kamu cukup dengan mengompresnya dengan es batu.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengatasi Bibir Bengkak dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi bibir bengkak dengan bahan alami yang bisa kamu coba.

1. Kompres dengan es

Bungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bibir yang bengkak. Cara sederhana ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh cedera.

Agar hasil maksimal, lakukan beberapa kali sehari. Hindari menempelkan es batu langsung ke bibir (tanpa lapisan kain) karena dapat memicu infeksi lebih lanjut.

2. Gunakan gel aloe vera

Aloe Vera memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk membantu menangani bibir bengkak. Jika bibir bengkak dan tidak tahu apa yang menyebabkannya, oleskan getah atau gel dari tanaman lidah buaya ke permukaan bibir yang bengkak untuk membantu meringankan pembengkakan di area bibir.

3. Minumlah obat sesuai dengan resep dokter

Jika kamu mengalami alergi terhadap sesuatu dan itu menyebabkan bibir membengkak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghindari penyebab alergi tersebut muncul.

Biasanya, dokter akan meresepkan obat alergi dengan dosis yang disesuaikan dengan kondisi kamu. Umumnya, dokter juga meresepkan antibiotik jika kamu mengalami tanda-tanda infeksi.

Jangan lupa untuk menjaga kelembapan dan kebersihan bibir. Memelihara bibir tetap lembap dapat dilakukan dengan menggunakan lip moisturizer atau lip balm.

Sedangkan untuk menjaga kebersihannya, terutama setelah makan, jangan hanya menggosoknya dengan tisu, tetapi disarankan untuk membilas area mulut dengan air setelah itu. Hal ini ditujukan agar sisa-sisa kotoran makanan tidak menempel pada bibir sehingga tidak menyebabkan pembengkakan akibat infeksi atau peradangan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bibir bengkak dan beberapa penyebabnya. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya bibir bengkak sebelum kamu melakukan penanganan. Jika kondisi semakin memburuk, lakukan penanganan dengan cara berkonsultasi pada dokter terkait.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *