• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mencegah Usus Buntu

Pengertian, Gejala, dan Cara Mencegah Usus Buntu

Cara Mencegah Usus Buntu – Sistem pencernaan manusia selalu aktif bekerja, seperti jaringan tubuh yang lainnya. Tapi, kualitas sistem pencernaan dipengaruhi oleh faktor luar seperti jenis makanan yang kamu konsumsi setiap harinya.

Pada kondisi yang buruk, sistem pencernaan dapat mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang sederhana misalnya kamu bisa mengalami diare. Jika kondisinya lebih parah, bisa jadi muncul permasalah di usus seperti usus buntu.

Apa Itu Usus Buntu?

Dalam bahasa medis, penyakit usus buntu dikenal dengan apendisitis. Usus buntu adalah kondisi di mana sebuah kantong di usus besar yaitu apendiks atau mengalami peradangan. Kantong ini posisinya terletak di kanan bawah bagian perutmu.

Jadi, usus buntu sebetulnya merupakan organ yang memang dimiliki setiap manusia, yaitu kantong tipis dengan ukuran 5 sampai 10 cm di usus besarmu. Masalah kesehatan muncul jika usus buntu ini mengalami peradangan. Peradangan terjadi disebabkan adanya sumbatan sebagian atau total di usus buntu.

Ada infeksi di bagian usus buntu yang jika dibiarkan dapat mengancam nyawa seseorang. Penyakit usus buntu jika didiamkan dapat menyebabkan usus buntu atau kantong dalam usus besar, pecah. Ini seharusnya tidak terjadi.

Semua orang harus mewaspadai penyakit usus buntu. Tapi, penyakit ini paling umum diderita oleh orang dengan rentan usia 10 sampai dengan 30 tahun.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Perut Kembung dengan Cepat dan Mudah.

Gejala Usus Buntu

Kamu disarankan untuk sigap menghadapi penyakit usus buntu. Ada gejala-gejala tertentu yang muncul ketika kamu usus buntu mengalami peradangan, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Nyeri di perut, yang dimulai dari pusar ke bagian kanan bawah perut. Nyeri ini akan semakin terasa jika kamu bersin, batuk, atau menarik napas dengan dalam.
  • Perut terasa kembung.
  • Mual-mual dan nafsu makan hilang.
  • Tidak bisa kentut.
  • Diare.
  • Demam.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mencegah Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi di mana usus buntu kamu tersumbat kemudian meradang. Nah, ada beberapa cara mencegah usus buntu tersebut tersumbat. Berikut di antaranya.

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Usus buntu yang tersumbat menunjukkan sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan lancar. Peradangan pada usus buntu terjadi ketika ada penumpukan fekalit atau feses yang mengeras. Kemungkinan ini terjadi karena kamu tidak begitu banyak memakan makanan berserat.

Cara mencegah usus buntu yang pertama adalah dengan rajin mengonsumsi makanan tinggi akan serat. Makanan ini mampu memperlancar sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya penyumbatan.

Makanan yang kaya akan serat adalah sayur dan buah-buahan. Kamu dapat mengonsumsi sayuran hijau, wortel, pisang, pepaya, apel, hingga biji-bijian.

2. Konsumsi banyak air putih

Penyumbatan di bagian usus juga dapat terjadi karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Oleh karena itu, cara mencegah usus buntu berikutnya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Sama seperti serat, air putih juga akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Konsumsi air putih juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Cobalah selalu rutin meminum air putih 2 liter atau 8 gelas di setiap harinya.

3. Konsumsi makanan probiotik

Tidak hanya serat dan air, asupan lain juga diperlukan untuk mendukung kerja optimal sistem pencernaan. Misalnya saja makanan probiotik, jenis makanan yang dapat mencegah penyakit usus buntu.

Jika kamu belum tahu, makanan probiotik itu di antaranya yoghurt, kimchi, atau bisa juga tempe. Jangan menyepelekan makanan sehat ini ya. Konsumsi juga secara rutin bersama makanan bergizi lainnya.

4. Makan dengan tenang

Proses mencerna makanan tidak hanya dilakukan di usus. Ada tempat lain untuk mencerna makanan di tahap awal seperti mulut. Agar usus tidak bekerja terlalu keras, usahakan makanan dicerna dengan baik ketika masih di mulut.

Cara mencegah usus buntu berikutnya adalah makan dengan tenang. Jangan terburu-buru menelan makanan yang masih utuh. Biarkan mulut beserta gigi didalamnya mengunyah makanan hingga halus, sebelum menelan dan menyalurkannnya ke bagian usus.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri.

Nah, itulah beberapa cara mencegah usus buntu yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa, jaga terus sistem imun kamu agar terhindar dari berbagai penyakit seperti usus buntu yang baru saja kita bahas.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *