• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Menambahkan Nafsu Makan

6 Cara Menambahkan Nafsu Makan pada Anak

Cara Menambahkan Nafsu Makan – Anak-anak yang menolak untuk makan tentunya membuat orang tua pusing serta bingung. Padahal, anak yang mogok makan bisa memengaruhi pertumbuhannya. Perlu kamu ketahui juga bahwa usia anak merupakan momen yang pas untuk pertumbuhan tubuh dan juga otak. Dari hal inilah, para orang tua perlu mencari tahu berbagai cara agar anak mau makan dengan lahap.

Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Tentunya ada alasan mengapa nafsu makan anak menurun. Beberapa penyebab yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

  • Sakit.
  • Anak mengalami stres dan depresi.
  • Terkena sindrom anoreksia nervosa.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik.

Cara Menambahkan Nafsu Makan pada Anak

Untuk bisa menambahkan nafsu makan pada anak memang terbilang cukup sulit. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa diatur, pada anak-anak kamu harus menggunakan berbagai trik khusus agar anak mau makan dengan sendirinya. Beberapa poin yang perlu kamu ikuti adalah sebagai berikut.

1. Sebisa mungkin tidak sampai memaksa anak

Hal yang paling sering dilakukan oleh orang tua saat anaknya susah makan adalah memaksanya. Hal ini memang butuh kesabaran ekstra untuk orang tua mengingat pemaksaan anak makan justru tidak membuat nafsu makan anak bertambah. Dengan adanya pemaksaan membuat anak semakin malas untuk makan.

Official Store Pyfa Health

2. Membuat makanan dengan kreasi menarik

Anak-anak suka dengan bentuk dan warna makanan yang menarik. Hal tersebut bisa kita lihat pada beberapa makanan anak yang selalu ditampilkan warna-warni atau bahkan memiliki bentuk yang menarik. Hal ini bisa menjadi inspirasimu untuk membuat hal yang sama pada anak.

Cobalah membuat masakan dengan nutrisi tinggi tetapi menggunakan bentuk yang menarik. Contohnya seperti membentuk kartun favorit, bentuk mobil, kapal, dan lain-lain. Cara ini bisa meningkatkan nafsu makan anak lebih mudah.

3. Membuat jadwal makan setiap hari

Bagian selanjutnya adalah menerapkan jadwal makan rutin pada anak. Pengaturan jadwal makan ini bisa menolongmu saat anak mulai susah untuk makan. Pola makan ini juga membantu anak terbiasa kapan harus makan dan kapan untuk ditunda. Selain itu, pembuatan jadwal ini juga bisa berdampak baik pada anak itu sendiri ketika dia dewasa nanti.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menambah nafsu makan anak? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Sediakan camilan yang memiliki nutrisi tinggi

Ketika anak sulit untuk makan banyak, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan camilan sehat. Camilan sendiri bisa membantu memenuhi kebutuhan anak selain melalui makanan utama. agar nutrisinya dapat terjaga, sebaiknya kamu membuat camilan sendiri. Contohnya seperti puding dengan berbahan dasar buah, es buah, dan juga sejenisnya.

5. Porsi sedikit tapi sering

Cara berikutnya bisa menggunakan metode porsi sedikit namun sering diberikan. Poin ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan poin kedua mengenai kreasi makanan. Hanya saja, pada bagian ini lebih fokus pada jumlahnya saja. Biasanya kita akan memberikan makanan dengan porsi banyak agar anak bisa tumbuh sehat. Akan tetapi, bagi anak hal tersebut membuatnya bosan.

Oleh sebab itu, kamu bisa memberikannya makanan dengan porsi sedikit saja. Setelah itu, kasih lagi beberapa menit kemudian dan begitu seterusnya. Memang hal ini sedikit merepotkan, namun cukup efektif untuk anak yang sulit makan.

6. Memberikan vitamin penambah nafsu makan

Cara terakhir adalah memberikan vitamin penambah nafsu makan pada anak. Saat ini, memang sangat banyak vitamin penambah nafsu makan pada anak dengan beragam bentuk dan merek. Tentunya hal ini harus dikonsultasikan lagi dengan dokter agar tidak ada efek samping pada anak itu sendiri.

Demikianlah enam cara menambahkan nafsu makan pada anak dengan mudah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *