• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil

Inilah Beberapa Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil

Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil – Bagi ibu hamil, HB atau Hemoglobin memiliki peranan penting. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak ibu hamil yang khawatir ketika kadar HB rendah. Apakah HB sendiri memiliki pengaruh pada kehidupan janin? Untuk mengetahuinya lebih dalam, ikuti pemaparannya berikut ini.

Pengertian HB atau Hemogolobin Secara Umum

Secara garis besar, HB atau Hemoglobin adalah senyawa protein yang ada dalam sel darah manusia. Seperti yang diketahui jika sel darah merah memiliki tugas mengantar oksigen dan berbagai nutrisi dalam tubuh. Tidak hanya oksigen saja, karbon dioksida pun diangkut oleh Hemoglobin sehingga bisa dikeluarkan melalui nafas. Jika kadar Hemoglobin rendah atau sedikit, maka fungsinya akan mengalami masalah.

Penyebab HB atau Hemoglobin Rendah

Pada umumnya, penyebab Hemoglobin bisa rendah karena ibu hamil kurang menerima asupan zat besi. Saat zat besi di dalam tubuh berkurang, maka tubuh juga hanya menghasilkan hemoglobin seadanya saja. Padahal, pada ibu hamil keberadaan zat besi sangat penting untuk perkembangan janin.

Tidak hanya kurang dalam asupan zat besi, ketidakmampuan tubuh dalam menerima zat besi juga bisa menjadi penyebab lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena ada masalah di dalam tubuh sang ibu itu sendiri. Biasanya, kondisi tersebut ada sesuatu dalam tubuh ibu hamil dan harus segera diperiksa.

Ingin membeli suplemen dan vitamin zat besi untuk menaikkan HB pada ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Lalu, Bagaimana Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil?

Untuk bisa menaikkan HB pada ibu hamil, ada beberapa cara yang lebih mudah. Agar lebih jelasnya, silahkan simak pemaparan di bawah ini.

1. Makan makanan sumber zat besi dan asam folat

Zat besi dan asam folat memiliki peran penting dalam pembentukan HB pada tubuh. Protein yang terdapat pada asam folat dapat mengikat zat besi sehingga dapat terserap sempurna pada tubuh, beberapa contoh sumber makanan yang memiliki zat besi dan asam folat antara lain:

  • Daging tanpa lemak
  • Telur
  • Sayur-sayuran berwarna gelap seperti kangkung dan bayam
  • Berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Tahu
  • Kerang
  • Sereal dan roti

Namun, perlu diperhatikan kembali bahwa makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja agar kesehatan janin juga dapat terjaga.

2. Makan makanan sumber vitamin C

Cara berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Jenis vitamin yang satu ini juga dapat membantu menarik zat besi dari sumber makanan lain. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tubuh bisa jadi tidak dapat menyerap zat besi secara alami. Maka dari itu, vitamin C sangat membantu hal tersebut.

Beberapa contoh makanan yang memiliki Vitamin C antara lain:

  • Jeruk
  • Paprika hijau
  • Blewah
  • Stroberi
  • Kiwi
  • Tomat
  • Kentang

Berbagai makanan yang disebutkan termasuk sangat mudah ditemukan saat ini.

3. Kurangi atau hindari pemicu zat besi gagal terserap pada tubuh

Selain itu, ada juga makanan atau minuman yang menjadi faktor penghambat zat besi terserap pada tubuh. Contohnya seperti teh, kopi, dan juga beberapa minuman ringan yang mengandung karbon. Tidak hanya makanan dan minuman saja, gaya hidup yang buruk dan kebiasaan merokok juga dapat menghambat zat besi.

4. Rajin berolahraga

Cara menaikkan HB pada ibu hamil yang terakhir yaitu rajin berolahraga. Meskipun sedang hamil, bukan berarti kamu malas-malasan. Justru dengan melakukan olahraga dapat menjaga atau malah meningkatkan HB secara alami. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan namun frekuensinya cukup sering.

Baca Juga: 7 Buah yang Mengandung Zat Besi, Mana yang Menjadi Favorit Kamu?

Itulah beberapa cara menaikkan HB pada ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Penuhi kebutuhan HB kamu dengan selalu mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan di atas. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Cek produk-produk di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Zat Besi untuk HB Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *