• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Kulit Mengatur Suhu Tubuh Adalah

Bagaimana Cara Kulit Mengatur Suhu Tubuh Kita?

Cara Kulit Mengatur Suhu Tubuh Adalah – Terkadang kita sering bertanya tentang bagaimana cara kulit mengatur suhu tubuh kita? Seperti yang kita tahu bahwa seluruh bagian tubuh telah dilapisi oleh kulit. Tentunya fungsi utamanya adalah melindungi manusia dari pengaruh lingkungan. Kulit manusia juga tidak semuanya sama karena berpengaruh pada keadaan iklim, umur, ras, dan juga jenis kelaminnya.

Fungsi Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kulit memiliki fungsi pelindung. Akan tetapi, ada juga beberapa manfaat lainnya dari kesehatan kulit tersebut. Untuk mengetahuinya bisa dilihat pada poin berikut ini.

  • Fungsi absorpsi, artinya kulit dapat digunakan sebagai alat penyerap. Kulit bisa menyerap material larut lipid seperti obat-obatan tertentu, vitamin A, D, E, hingga K, serta oksigen dan karbondioksida.
  • Fungsi ekskresi, artinya kulit dapat membantu proses ekskresi proses pembuangan sisa-sisa metabolisme pada tubuh.
  • Fungsi sensorik, artinya partinya kulit berfungsi sebagai penerima ransangan dari luar. Nantinya, ransangan tersebut akan diterima pada otak dan diteruskan saraf sensorik.
  • Fungsi termoregulasi, di sini kulit memiliki tugas sebagai pengatur suhu tubuh yang akan kita bahas selanjutnya.
  • Fungsi pembentuk vitamin D, pada dasarnya kulit bisa membuat vitamin D. Akan tetapi, jumlahnya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia secara utuh.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Lapisan Kulit

Pada poin sebelumnya kita sudah membahas bahwa fungsi kulit ternyata dapat menjaga suhu tubuh manusia agar bisa stabil. Di dalam kulit sendiri ternyata memiliki tiga lapisan untuk dapat mengatur suhu tubuh. Tiga lapisan tersebut antara lain sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health
  • Lapisan epidermis

Lapisan pertama yang ada di bagian luar adalah epidermis atau sering juga disebut kulit ari. Lapisan epidermis memiliki dua jenis lapisan, yakni lapisan tanduk dan malpighi. Lapisan tanduk merupakan suatu lapisan yang terdiri dari beragam sel-sel kulit mati. Lapisan tersebut sangat mudah mengelupas dan mungkin kamu pernah melihatnya saat pagi hari.

Untuk lapisan malpighi adalah salah satu lapisan kulit yang letaknya ada di bawah lapisan tanduk. Lapisan ini juga mengandung pigmen melanin dan memberikan fungsi untuk memberikan warna di bagian jaringan kulit. Selain itu, lapisan itu juga melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

  • Lapisan dermis

Di bawah lapisan epidermis dan dermis. Di dalam lapisan dermis ini terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, ujung saraf, hingga kantong rambut. Kelenjar ini yang bertanggung jawab saat tubuh akan mengeluarkan keringat atau tidak sesuai dengan perintah dari otak.

  • Jaringan ikat bawah kulit

Pada kulit juga terdapat jaringan yang bernama jaringan ikat bawah kulit. Pada jaringan ini, terdapat cadangan lemak yang nantinya digunakan sebagai cadangan makanan. Selain itu, jaringan ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan suhu tubuh agar tetap dalam kondisi hangat.

Cara Kulit Mengatur Suhu Tubuh

Karena di dalam kulit manusia memiliki banyak lapisan dan jaringan, maka hal tersebut membuat tubuh kita bisa bertahan baik saat cuaca dingin maupun panas. Untuk cuaca panas, secara otomatis tubuh juga ikut panas. Saat itu, pembuluh darah di bagian kulit akan melebar. Hal tersebut membuat darah akan mengalir dengan sangat cepat di bagian tersebut.

Setelah itu, akan terjadi proses penyerapan berupa air, garam, dan juga sedikit urea di bagian kelenjar keringat. Air yang terbawa dengan zat tadi akan keluar melalui pori-pori yang berasal dari ujung kelenjar keringat. Nah, keringat yang sudah keluar akan membawa panas tubuh dan suhu akan kembali normal.

Untuk cuaca yang dingin justru sebaliknya. Tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah terbatas. Sedangkan, pengeluaran air justru banyak melalui urine. Oleh sebab itu, tidak heran saat cuaca dingin, kita lebih sering buang air kecil.

Itulah beberapa poin tentang bagaimana cara kulit mengatur suhu tubuh kita. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *