• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat

7 Cara Cepat Menurunkan Panas pada Anak Tanpa Obat

Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat – Tubuh manusia selalu beradaptasi dengan lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan setiap hari. Ada waktu-waktu di mana tubuh merasa lelah. Terkadang sampai menimbulkan demam atau panas di tubuh.

Orang dewasa yang ingin segera sembuh mungkin langsung meminum obat pereda demam. Kalau ini terjadi pada anak, ada baiknya tidak dibiasakan langsung memberikan obat. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama, siapa tahu demamnya segera mereda.

Demam adalah respon kekebalan tubuh sedang bekerja memerangi bakteri, virus, dan gangguan lain. Oleh karena itu, kamu tidak perlu langsung panik, ya. Di bawah ini adalah beberapa cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat.

Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat

Kebiasaan memberikan obat pada anak sejak dini itu tidak baik untuk kesehatan. Pelajari cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Mengompreskan air hangat

Cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat ini, dapat dilakukan paling pertama. Yaitu dengan mengompres air hangat pada anak. Ini bisa dilakukan jika panas atau demam yang anak alami hanya bersifat sementara.

Mengompreskan air hangat pada anak bisa jadi sangat efektif untuk jangka pendek. Tapi, dalam beberapa kondisi mungkin kurang maksimal manfaatnya. Kamu boleh mengonsultasikannya pada dokter jika demam tidak reda juga.

2. Hindari memakai pakaian tebal

Kebanyakan orang bisa saja berpikir jika seseorang demam, perlu memakai pakaian yang tebal. Kenyataannya, dalam kondisi tubuh yang memanas, lebih baik menghindari pakaian tebal. Walaupun misalnya anak tampak menggigil kedinginan.

Pakaian yang tebal justru akan membuat anak merasa tidak nyaman. Karena tubuhnya menjadi sulit mengeluarkan panas. Kemudian memerlukan waktu yang lebih lama untuk menurunkan demam.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Suhu Tubuh Saat Panas Menyerang.

3. Mandi air hangat

Jika anak mengalami demam, perlu ada kebiasaan tertentu yang diubah. Anak mungkin sebelumnya terbiasa mandi dengan air dingin. Ketika demam coba ubah air dingin dengan air hangat.

Memandikan anak dengan air hangat dikenal juga cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Air hangat yang bersentuhan dengan kulit memicu penurunan suhu tubuh. Setidaknya suhu anak dapat turun 1 sampai 2 derajat Celsius selama kurang lebih 20 hingga 45 menit.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun anak? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Perbanyak minum air putih

Obat alami dari berbagai macam penyakit adalah air putih. Begitu juga ketika seorang anak mengalami demam. Kamu yang merawatnya, teruslah menganjurkan anak untuk memperbanyak minum air putih.

Cara ini juga dapat mencegah anak dehidrasi, selama demam. Jangankan sedang sakit, saat sehat saja tubuh membutuhkan asupan cairan ke dalam tubuh. Air putih juga bisa dilengkapi dengan makanan yang mengandung air seperti sup.

5. Mengonsumsi teh herbal

Bosan minum air putih? Siapa pun bisa merasa seperti itu. Baik anak kecil maupun orang dengan usia yang dewasa. Oleh sebab itu, para orang tua suka memberikan seseorang yang sedang sakit itu minuman teh hangat.

Taapi, tahukah kamu, ada jenis teh yang lebih berkhasiat menurunkan demam? Dibanding teh biasa, teh jahe, yarrow, elderflower, lemon balm, hingga chamomile lebih kuat manfaatnya. Teh ini adalah jenis-jenis teh herbal yang cukup ampuh mengeluarkan keringat anak.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Penyakit DBD yang Paling Sering Terjadi.

6. Mengonsumsi makanan halus

Pada saat sakit, tubuh bisa jadi tidak dapat bekerja optimal. Seperti sistem pencernaan, kualitasnya dapat menurun ketika demam. Pada saat seperti ini, sebaiknya kamu membiarkan anak mengonsumsi makanan halus.

Makanan halus menjadi salah satu pilihan cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Trik ini dapat membantu anak tetap makan walaupun nafsu makan berkurang. Tentu harus dilengkapi dengan upaya-upaya lain agar manfaatnya terasa secara maksimal.

7. Beristirahat dengan cukup

Terakhir, istirahat yang cukup adalah cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Ketika anak mengalami demam, itu artinya tubuh sedang kelelahan. Sakit adalah respon tubuh lelah setelah bekerja secara maksimal setiap harinya.

Anak yang mengalami demam perlu istirahat atau tidur sebanyak yang ia bisa. Tentu tidak mungkin anak tidur setiap waktu. Anak juga masih bisa beraktivitas agar tidak bosan, tapi yang ringan saja seperti mewarnai. Yang terpenting adalah kurangi dulu aktivitas fisik.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Tipes pada Anak dan Cara Penanganannya.

Itulah tujuh cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat yang bisa kamu lakukan kapanpun anak mengalami demam. Jika dalam beberapa hari demam tidak kunjung turun, konsumsi obat bisa menjadi pilihan. Konsultasikan ke dokter juga jika dibutuhkan, ya. Untuk menjaga sistem imun anak, beberapa produk suplemen dan vitamin berikut ini juga bisa diberikan untuk si kecil.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *