• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah yang Mengandung Zat Besi

7 Buah yang Mengandung Zat Besi, Mana yang Menjadi Favorit Kamu?

Buah yang Mengandung Zat Besi – Buah merupakan salah satu sumber zat penting bagi tubuh. Mungkin kamu sudah familiar jika diminta menyebutkan beberapa buah yang mengandung vitamin tertentu, misalnya saja vitamin C pada jeruk, lalu vitamin A pada apel. Namun, bagaimana jika diminta menyebutkan buah yang mengandung zat besi? Kira-kira, apa saja buah yang kamu tahu?

Sedikit penjelasan singkat, zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh hemoglobin yang berfungsi mendistribusikan oksigen dengan baik pada peredaran darah dalam tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelelahan, warna kulit pucat, pusing, rasa nyeri dada, dan sesak napas. Nah, untuk itu penting bagi kamu menjaga asupan zat besi dalam tubuh. Kembali ke pembahasan utama kali ini. Lalu, apa saja sih buah-buahan yang mengandung zat besi itu? Berikut ini penjelasannya.

Buah yang Mengandung Zat Besi

Buah apa saja yang mengandung zat besi? Simak jawaban dan penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang dikenal akan kandungan zat besinya. Buah ini memang umum dijumpai selama bulan Ramadhan. Tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsinya secara teratur meskipun bukan di bulan Ramadhan.

Official Store Pyfa Health

Hal ini tidak lain karena asupan zat besi dalam buah ini cukup tinggi. Sebagai gambaran, 100 gram kurma setidaknya mengandung 4,79 miligram zat besi. Selain zat besi, buah dengan rasa manis ini juga dilengkapi dengan nutrisi dan mineral lain seperti kalsium, kalium, magnesium, hingga zinc.

2. Aprikot kering

Bagi orang Indonesia, aprikot tentu tidak sepopuler buah jeruk atau mangga. Tapi, siapa sangka jika aprikot kering ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah dengan kedua buah tersebut. Tak heran buah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi asupan zat besi dalam tubuh. Sebagai perbandingan, 100 gram aprikot kering mengandung 2,7 miligram besi. Cukup banyak bukan untuk buah berukuran sekecil ini?

3. Berry

Buah-buahan seperti berry juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Buah kecil ini bisa mengandung 0,3 miligram zat besi per 100 gram-nya. Apalagi, jenis berry lainnya seperti strawberry dan blackberry juga kaya akan vitamin C yang penting untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Plum kering

Buah yang mengandung zat besi berikutnya adalah plum kering. Sama seperti aprikot, plum juga termasuk buah yang tidak begitu populer di Indonesia. Meski begitu, kita tidak bisa meremehkan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Sebagai gambaran, dalam 100 gram plum kering, terkandung 3,52 miligram zat besi.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Semangka

Buah yang dikenal akan kandungan airnya yang tinggi ini ternyata tidak hanya menyegarkan, tapi juga kaya akan zat besi dan kandungan mineral lainnya. Buah besar berwarna hijau ini memiliki 0,24 gram zat besi dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga proses penyerapan zat besi dalam tubuh bisa dilakukan dengan lebih baik.

6. Delima

Delima tidak hanya dikenal karena bentuknya yang indah dan warnanya yang merekah. Buah berwarna merah ini juga dikenal karena rasanya yang lezat saat dimakan. Namun, siapa sangka, di balik itu semua ternyata buah delima termasuk salah satu buah-buahan yang mengandung zat besi tinggi. Sebagai perbandingan, 100 gram daging buah delima segar mengandung setidaknya 0,3 miligram zat besi.

7. Anggur kering (kismis)

Di Indonesia, mungkin kismis sudah lazim dijumpai. Apalagi, banyak makanan yang menggunakannya sebagai isian atau hiasan makan. Rupanya, anggur kering atau kismis ini termasuk salah satu buah yang mengandung zat besi tinggi. Setiap 100 gram kismis mengandung 1 miligram besi.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran yang Mengandung Zat Besi, Apa Saja?

Kebutuhan Asupan Zat Besi Harian

Kebutuhan zat besi harian setiap orang tentu tidaklah sama. Hal ini ditentukan dari beberapa faktor seperti jenis kelamin dan usia masing-masing setiap orang. Untuk memenuhi kebutuhan harian zat besi tersebut, setidaknya setiap orang membutuhkan asupan sebagai berikut:

  • Bayi usia 0-6 bulan: 0,27 miligram.
  • Baby usia 7-12 Bulan: 11 miligram.
  • Anak-anak usia 1-3 tahun: 7 miligram.
  • Anak-anak usia 4-8 ​​tahun: 10 miligram.
  • Anak laki-laki usia 9-13 tahun: 8 miligram.
  • Anak-anak remaja usia 14-18 tahun: 11 miligram.
  • Remaja laki-laki usia 19 tahun ke atas: 8 miligram.
  • Gadis usia 9-13 tahun: 8 miligram.
  • Gadis remaja usia 14-18 tahun: 15 miligram.
  • Wanita usia 19-50 tahun: 18 miligram.
  • Wanita lanjut usia, usia 51 tahun ke atas: 8 miligram.
  • Wanita hamil: 27 miligram.

Selain mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat besi di atas, kamu juga bisa mendapatkan asupan zat besi dari sumber makanan lainnya. Contohnya seperti susu sapi. Hal ini dilakukan agar kamu tidak bosan jika mengonsumsi sumber zat besi yang itu-itu saja setiap harinya. Nah, itulah tujuh buah yang mengandung zat besi tinggi. Buah mana yang menjadi favorit kamu?

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Zat Besi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *