• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui – Ibu menyusui membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas. Salah satu cara memenuhi gizi tersebut adalah dengan dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu menyusui yang akan dihadirkan dalam artikel kali ini.

Menyusui merupakan cara alami untuk memberikan asupan gizi yang terbaik pada awal kehidupan bayi. Oleh karena itu, kebutuhan gizi ibu perlu diperhatikan pada masa menyusui, karena gizi yang masuk tidak hanya harus mencukupi kebutuhan dirinya, namun juga harus memproduksi ASI bagi bayinya (Kemenkes RI, 2014).

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Berbagai manfaat ASI bagi bayi antara lain menurunkan risiko kematian bayi akibat diare dan infeksi, mengurangi angka kematian di kalangan anak-anak yang kekurangan gizi, perlindungan terhadap infeksi gastrointestinal, serta sumber energi dan nutrisi bagi bayi usia 6 sampai 23 bulan.

Sedangkan bagi ibu, memberikan ASI pada bayi merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kanker ovarium dan payudara, metode alami pencegahan kehamilan dalam enam bulan pertama setelah kelahiran, serta membantu mengurangi berat badan lebih dengan cepat setelah kehamilan (WHO, 2016).

Official Store Pyfa Health

Untuk bisa menghasilkan ASI yang cukup dan berkualitas, asupan makanan yang bergizi bagi ibu menyusui sangatlah penting, salah satunya adalah berbagai jenis buah yang bagus bagi ibu menyusui berikut ini.

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang merupakan lemak esensial yang sangat penting bagi tubuh, dan juga bisa membantu produksi ASI lebih banyak. Alpukat juga berguna untuk menjaga kadar gula darah, dan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B, C, E, K, kalium, dan asam folat harian bagi ibu menyusui.

2. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, kalium, dan kalsium yang penting untuk kesehatan ibu menyusui dan juga bayinya. Aprikot juga mengandung fitoestrogen, yakni agen yang memiliki sifat seperti estrogen, yang akan melancarkan produksi ASI dalam tubuh.

3. Blewah

Buah yang sangat segar jika dibuat menjadi minuman ini mengandung vitamin sebesar 50 gram yang mampu memenuhi setengah dari jumlah kebutuhan vitamin harian ibu menyusui. Kandungan air yang tinggi pada buah blewah bisa membantu menjaga keseimbangan cairan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A, K, dan juga kalium serta kalsium. Blueberry pun mengandung karbohidrat yang bisa menjaga energi, serta kaya akan antioksidan yang bisa menghindarkan ibu menyusui dari infeksi.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu menyusui? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

5. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C yang baik bagi ibu menyusui dan merupakan makanan yang menambah energi bagi menyusui. Vitamin C pada buah jeruk sangat baik untuk membantu proses regenerasi pada tubuh ibu menyusui.

6. Kelapa

Buah kelapa baik dikonsumsi oleh ibu menyusui baik daging dan juga airnya. Air kelapa mengandung elektrolit dan juga mineral yang menghindarkan ibu menyusui dari dehidrasi, sementara dagingnya kaya akan zat besi yang bisa menghindarkan bayi dari kondisi defisiensi zat besi atau anemia.

7. Kurma

Tidak hanya baik dikonsumsi saat hamil, kurma juga merupakan buah yang baik bagi ibu menyusui karena kaya akan kalsium yang membantu meningkatkan produksi ASI. Kurma pun kaya akan serat, sehingga menghindarkan ibu menyusui dari sembelit dan gangguan pencernaan.

8. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang sangat baik bagi perkembangan otak bayi dan juga pembentukan sel darah merah pada bayi. Pisang juga kaya akan asam folat yang membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bagi bayi yang disusui.

9. Stroberi

Buah yang memiliki rasa asam dan manis segar ini mengandung zat besi, kalsium, vitamin C, kalium, dan magnesium yang sangat baik bagi ibu menyusui.

Nah, itulah berbagai macam buah yang bagus untuk ibu menyusui, semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Menyusui

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *