• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah untuk Tambah Darah

6 Buah untuk Penambah Darah Agar Bisa Menyembuhkan Anemia

Buah untuk Tambah Darah – Ketika jumlah sel darah merah di dalam tubuh kita sedikit, jalan mendapatkan nutrisi dan oksigen akan terganggu. Hal tersebut yang membuat kamu mengalami gejala anemia atau kekurangan darah. Beberapa gejala anemia yang sering terjadi adalah sering lelah, merasakan sakit kepala, kulit menjadi pucat bahkan hingga sesak nafas.

Nutrisi untuk Menambah Darah

Siapapun bisa mengalami anemia. Biasanya, penyakit anemia hanya terjadi secara singkat dan dalam jangka pendek. Beberapa orang bahkan tidak menyadari terkena anemia sampai dia melakukan serangkaian tes untuk dapat mendiagnosis anemia.

Meskipun dalam jangka waktu pendek, penyakit anemia tetap harus diobati secepatnya. Jika tidak, dikhawatirkan bisa memicu terjadinya komplikasi. Maka dari itu, kamu harus banyak mengonsumsi makanan bernutrisi. Beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk penderita anemia adalah sebagai berikut.

  • Zat besi.
  • Asam folat.
  • Vitamin B12.
  • Tembaga.
  • Vitamin A.

Rekomendasi Buah untuk Tambah Darah

Salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya adalah dengan mengonsumsi buah. Beberapa jenis buah yang bisa menambah darah adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health

1. Jeruk

Mungkin kamu sudah tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Namun, di dalam jeruk ternyata memiliki kandungan lainnya seperti asam folat. Dengan adanya asam folat tersebut, maka tubuh bisa membuat sel darah merah yang baru.

Jenis jeruk yang bisa kamu konsumsi bisa bermacam-macam. mulai dari jeruk mandarin, lemon, bahkan jenis jeruk bali. Ditambah lagi, di dalam jeruk juga terdapat zat besi yang juga termasuk komponen penting di dalam sel darah merah. Zat besi pada sel darah merah bisa membantu mengikat oksigen dan disebar ke seluruh tubuh.

2. Anggur

Buah selanjutnya adalah anggur yang juga memiliki asam folat. Di dalam segelas anggur, terkandung 21 mcg asam folat dan itu cukup untuk menambah sel darah merah. Selain itu, di dalam anggur juga terdapat vitamin A yang juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

3. Stroberi

Buah yang sangat populer di dunia ini juga berperan untuk menambah sel darah merah. Di dalam stroberi juga terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk penambah darah? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

4. Semangka

Di dalam semangka terdapat zat besi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa zat besi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah. Satu potong buah semangka untuk ukuran sedang terdapat 1,5 gram zat besi. Ditambah lagi, di dalam semangka juga terdapat vitamin C yang sangat diperlukan tubuh agar bisa menyerap zat besi.

5. Pepaya

Buah pepaya cukup terkenal dengan kandungan asam folat dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia. Di dalam 140 gram buah pepaya terkandung 53 mikrogram asam folat. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan harian sebanyak 13%. Sedangkan untuk kandungan vitamin C sendiri bisa sebesar 87 mg atau sekitar 97% pada kebutuhan harian.

6. Alpukat

Alpukat juga merupakan buah yang dapat menambah darah karena mengandung asam folat. Dalam satu cangkir buah alpukat memiliki kandungan asam folat sebanyak 23%. Bahkan, di dalam alpukat juga terdapat nutrisi lainnya seperti Vitamin C, E, K, B6, hingga asam omega 3.

Demikianlah enam buah untuk penambah darah agar bisa menyembuhkan anemia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selalu jagalah kesehatan. Jadi, usahakan kamu jangan sampai kekurangan zat besi, ya. Tentunya, agar terhindar dari anemia. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penambah darah sebagai berikut.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Penambah Darah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *