• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah untuk Radang Tenggorokan

9 Buah untuk Radang Tenggorokan, Apa Saja?

Buah untuk Radang Tenggorokan – Tahukah kamu bahwa ada berbagai jenis buah untuk radang tenggorokan yang bisa kita jumpai dengan mudah di sekitar kita? Radang tenggorokan yang juga disebut dengan faringitis adalah suatu infeksi karena virus atau bakteri pada tenggorokan atau faring yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus.

Gejala dari penyakit radang tenggorokan adalah nyeri tenggorokan, kesulitan menelan, amandel merah dan bengkak, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, demam, ruam, dan sakit kepala.

Buah untuk Radang Tenggorokan

Infeksi oleh bakteri ini dapat membuat tenggorokan terasa perih dan gatal. Bahkan, jika tidak diobati, radang tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi seperti radang ginjal dan demam rematik.

Demam rematik yang berlanjut dapat menyebabkan nyeri dan radang sendi, ruam, dan bahkan kerusakan pada katup jantung, sehingga harus segera diatasi, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah untuk radang tenggorokan. Berikut ini adalah jenis buah untuk radang tenggorokan yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita.

Official Store Pyfa Health

1. Buah naga

Buah naga mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas serta bakteri penyebab peradangan, termasuk radang tenggorokan. Kita bisa mengonsumsi buah naga secara langsung maupun dibuat jus atau smoothie agar cita rasanya lebih lezat. Bekukan buah naga setelah dipotong-potong, lalu tambahkan yoghurt plain untuk mendapatkan tekstur seperti smoothie yang segar sekaligus meredakan peradangan di tenggorokan.

Baca Juga: 6 Buah untuk Penambah Darah Agar Bisa Menyembuhkan Anemia.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur yang sangat lembut, serta bisa meredakan rasa nyeri tenggorokan akibat radang. Alpukat juga mengandung antioksidan yang melawan infeksi serta mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

3. Delima

Buah delima yang dijadikan jus bisa dijadikan alternatif sebagai minuman buah untuk radang tenggorokan. Delima sangat baik untuk menangkal infeksi dan juga mengurangi nyeri akibat radang tenggorokan. Selain itu, jus buah delima juga sangat baik untuk membersihkan plak gigi dan mencegah penyakit jantung.

4. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk radang tenggorokan. Tekstur buah yang lembut juga bisa membantu meredakan nyeri yang mengganggu di tenggorokan kita.

5. Pepaya

Pepaya adalah buah yang bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau, namun memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah mengurangi peradangan di tenggorokan karena tekstur buahnya yang lembut, kandungan vitamin C yang tinggi, dan kaya akan antioksidan.

6. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain, yang merupakan senyawa antiinflamasi yang kuat, sehingga bisa meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Buah yang satu ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bisa menangkal radikal bebas. Pilih jenis nanas yang tidak terlalu asam agar bisa dinikmati dengan lezat.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung antibakteri yang bisa membantu melegakan radang tenggorokan. Untuk meminumnya, kita bisa menambahkan madu agar lebih lezat dan juga sehat. Kandungan dalam madu juga sangat baik untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Jika membuat jus pepaya, tambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar dan juga lezat.

8. Belimbing

Buah belimbing dapat meredakan rasa panas di tenggorokan akibat radang. Kita bisa mengonsumsi buah yang memiliki citarasa segar ini secara langsung maupun dibuat jus. Tambahkan madu dalam jus belimbing untuk menambah rasa manis dan lezat.

9. Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan mengandung enzim lycopene yang bersifat antiinflamasi, sehingga bisa meredakan peradangan di tenggorokan.

Baca Juga: Penting Diketahui, Inilah Jenis Buah untuk Menaikkan Tensi.

Berbagai buah untuk radang tenggorokan di atas bukanlah buah yang mahal dan sulit dicari, dengan buah yang biasa kita temukan sehari-hari pun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Vitamin C

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *