• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah untuk Menaikkan Trombosit

Penting Diketahui! Ini 9 Buah untuk Menaikkan Trombosit

Buah untuk Menaikkan Trombosit – Terdapat berbagai macam buah untuk menaikkan trombosit yang bisa dimanfaatkan selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Menariknya, buah-buahan ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional. Jadi, mau sehat tidak perlu mahal, bukan?

Buah untuk Menaikkan Trombosit

Trombositopenia atau defisiensi trombosit adalah keadaan dimana trombosit dalam sistem sirkulasi darah jumlahnya dibawah normal (150.000-350.000/µl darah). Trombositopenia biasanya dijumpai pada penderita anemia, leukemia, infeksi virus, dan protozoa yang diperantarai oleh sistem imun (Human Infection Virus, demam berdarah, dan malaria).

Tidak hanya itu, trombositopenia juga dapat terjadi selama masa kehamilan, pada saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B12 dan asam folat, dan sedang menjalani radioterapi dan kemoterapi (Hoffbrand dkk., 2007).

Jumlah trombosit yang rendah bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup fatal, yakni perdarahan internal dan juga eksternal, jumlah trombosit yang rendah juga melemahkan sistem imun sehingga kita bisa menjadi lebih gampang sakit.

Official Store Pyfa Health

Terdapat berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menambah jumlah trombosit dalam darah, termasuk di antaranya adalah buah untuk menaikkan trombosit berikut ini.

1. Pepaya

Buah pepaya dan juga daun pepaya adalah sumber pangan yang sangat tepat untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh karena kandungan gizi yang dimilikinya.

2. Delima

Buah delima adalah buah yang kaya akan zat besi sehingga membantu menaikkan keping trombosit dalam tubuh, dan juga kaya vitamin yang bisa membantu melawan penyakit demam berdarah yang menjadi salah satu sebab menurunnya jumlah trombosit dalam darah.

3. Buah bit

Buah bit adalah buah yang dikenal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan bisa membantu untuk menaikkan keping trombosit dalam tubuh. Jika kita mencicipi buah bit, akan terasa sangat kuat rasa dan bau besi karena kandungan zat besinya yang tinggi. Agar lebih nikmat saat dikonsumsi, tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan aroma dan rasa besi yang kuat dalam jus buah bit.

4. Kurma

Kurma mengandung zat besi dan juga asam folat yang bisa membantu menaikkan keping trombosit dalam darah. Kurma bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diambil sarinya dengan cara dijus.

5. Jambu biji

Sudah sejak lama dipercaya bahwa jambu biji, khususnya yang berwarna merah ampuh untuk bisa menaikkan keping trombosit, terutama bagi penderita penyakit demam berdarah.

Baca Juga: Penting Diketahui, Inilah Jenis Buah untuk Menaikkan Tensi.

6. Buah naga

Seperti jambu biji dan juga delima, buah naga juga merupakan salah satu buah untuk menaikkan trombosit. Warna merah pekat pada buahnya menunjukkan bahwa buah naga kaya akan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

7. Wortel

Wortel adalah salah satu buah atau sayuran yang kaya akan vitamin A, yang merupakan bahan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh, dan juga merupakan buah yang dianjurkan untuk menaikkan jumlah trombosit.

8. Labu

Sama halnya dengan wortel, labu kaya akan vitamin A yang membantu pembentukan protein dalam tubuh, dimana protein yang sehat akan membantu proses dan pembelahan sel yang sehat pula.

9. Tomat

Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin C yang juga berperan penting dalam menaikkan keping trombosit pada tubuh. Nutrisi vitamin C akan membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih optimal, sehingga keping trombosit pun bisa meningkat.

Baca Juga: Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui.

Meskipun terdapat berbagai macam buah untuk menaikkan trombosit, namun tetap utamakan perawatan medis dari dokter ya, konsultasikan terlebih dahulu jika memang ingin mengkonsumsi buah-buahan di atas agar tidak terjadi masalah baru di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang untuk Menaikkan Trombosit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *