• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah untuk Menaikkan Tensi

Penting Diketahui, Inilah Jenis Buah untuk Menaikkan Tensi

Buah untuk Menaikkan Tensi – Terdapat kondisi kesehatan dimana terjadinya tekanan darah rendah atau disebut juga dengan hipotensi yang cukup berbahaya terhadap kesehatan. Untuk itu, diperlukan adanya upaya menaikkan tekanan darah, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang menaikkan tensi.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi tekanan darah dibawah normal yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kapasitas vaskuler dan volume darah, atau bisa juga terjadi karena jantung terlalu lemah untuk menghasilkan tekanan darah yang dapat mendorong darah (Sherwood 2001).

Buah untuk Menaikkan Tensi

Tekanan darah rendah bisa berakibat cukup fatal karena bisa menyebabkan penurunan aliran darah yang mengangkut oksigen dan juga nutrisi ke organ vital seperti jantung dan otak. Gejala tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan adanya pusing (saat ganti posisi mendadak seperti bangun setelah posisi duduk, jongkok, atau berbaring), mata berkunang-kunang, mual, berkeringat dingin bahkan pingsan.

Agar tekanan darah kembali normal, dibutuhkan obat-obatan yang bisa menaikkan tensi, dan juga asupan makanan yang bisa kembali menghidrasi tubuh, karena penyebab hipotensi salah satunya adalah dehidrasi atau adanya kekurangan cairan pada tubuh. Berikut ini adalah jenis-jenis buah untuk menaikkan tensi bagi penderita tekanan darah rendah.

Official Store Pyfa Health

1. Semangka

Semangka terdiri dari 92% air sehingga sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan membantu mengembalikan tekanan darah normal bagi penderita hipotensi.

2. Buah bit

Buah bit kaya akan zat besi yang bisa membantu mengontrol tekanan darah dan juga menambah darah bagi penderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Buah bit bisa dijus dan ditambahkan dengan bayam dan lemon untuk mendapatkan manfaat maksimal untuk meningkatkan tekanan darah atau tensi.

3. Lemon

Sama halnya seperti semangka, lemon juga mengandung banyak air yang mampu mengatasi dehidrasi yang menjadi penyebab adanya hipotensi. Lemon pun bisa membantu mengatur sirkulasi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Bagi penderita hipotensi, minumlah segelas air perasan lemon yang dicampur dengan gula dan sedikit garam untuk menghidrasi tubuh.

4. Pisang

Pisang mengandung asam folat, vitamin B6, dan juga potasium yang bisa membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan karbohidrat dalam pisang juga bisa mengatasi rasa lemas yang diakibatkan oleh darah rendah.

5. Jeruk

Selain kaya dengan air dan juga vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, buah jeruk juga dipercaya dengan folat yang bisa membantu mengembalikan tekanan darah pada penderita tensi yang rendah.

6. Delima

Delima adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah, termasuk mengembalikan tekanan darah rendah menjadi normal.

7. Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang mengandung folat yang sangat tinggi, sehingga dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah. Sebagai catatan, bagi ibu hamil yang mengalami hipotensi, sebaiknya menghindari konsumsi pepaya muda karena bisa memacu kontraksi dini dan membahayakan janin dalam kandungan.

8. Alpukat

Setengah dari buah alpukat mengandung sekitar 82 mg folat atau sebesar 21% dari asupan folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Oleh karena itu, alpukat adalah salah satu buah yang baik untuk menaikkan tensi. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, kita bisa membuat jus atau langsung memakan buah alpukat yang sudah matang untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dari buah yang satu ini.

9. Kurma

Kurma kaya akan zat besi dan juga vitamin B6 yang berperan dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh, sehingga penderita darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini untuk bisa menaikkan tensi.

Nah, itulah beberapa buah untuk menaikkan tensi, semoga bemanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menaikkan Tensi Darah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *