• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah Pir untuk Asam Lambung

Apakah Buah Pir untuk Asam Lambung Aman Dikonsumsi? Simak Berikut Ini

Buah Pir untuk Asam Lambung – Penyakit asam lambung yang melanda membuat penderitanya merasa kesakitan dan nyeri di bagian perut. Hal ini tentu sangat mengganggu keseharian. Terdapat berbagai macam makanan yang dipercaya bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat asam lambung, salah satunya adalah buah pir untuk asam lambung. Lantas, benarkah buah pir aman untuk asam lambung? Simak di sini ya ulasannya!

Buah Pir untuk Asam Lambung

Salah satu jenis buah yang baik untuk penderita asam lambung adalah buah-buahan yang tidak mengandung gas, misalnya saja seperti buah pir.

Buah pir mengandung vitamin B6 yang bisa meredakan rasa mual dan muntah akibat asam lambung. Tidak hanya itu, buah pir juga mengandung vitamin A dan B yang bisa memelihara kesehatan lambung dan pencernaan, serta mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Berdasarkan keterangan di atas memang benar buah pir untuk asam lambung memang benar aman dan juga direkomendasikan.

Selain buah pir, jenis buah-buahan lainnya yang juga baik untuk asam lambung adalah semangka, melon, pisang, dan buah persik.

Official Store Pyfa Health

Naiknya asam lambung dalam pencernaan bisa juga disebut dengan penyakit maag. Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut serta perasaan terbakar.

Penyakit maag juga dapat disebabkan oleh pola makan yang salah seperti makan tidak teratur serta tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Selain buah pir, jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita asam lambung atau maag adalah sebagai berikut.

  • Minuman: Beberapa minuman yang dipercaya mampu meredakan nyeri perut akibat asam lambung adalah teh herbal, susu kedelai atau susu almond, dan juga air kelapa. Selain itu, terdapat opsi yang mudah dan juga murah untuk menghidrasi tubuh saat asam lambung melanda, yakni mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Sumber Karbohidrat: Bagi penderita maag, makanan yang dianjurkan adalah makanan yang merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna, agar tak memberatkan fungsi lambung. Beberapa jenis makanan sumber karbohidrat yang mudah dicerna antara lain nasi lunak, biskuit, roti, dan crackers.
  • Sumber Protein: Sumber protein yang baik bagi penderita asam lambung yang berlebihan adalah protein yang dimasak dengan cara direbus, dipanggang, dan ditumis. Hindari memasak dengan cara digoreng, karena minyak yang berlebih justru akan memicu produksi asam lambung yang lebih banyak, sehingga akan semakin menyebabkan rasa yang tidak nyaman di perut. Hidangan ayam, kalkun, dan juga seafood yang rendah lemak adalah sumber protein yang disarankan bagi penderita asam lambung karena bisa mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Selain itu, putih telur yang direbus juga merupakan sumber protein yang baik untuk menurunkan asam lambung.
  • Sayuran: Jenis sayuran yang direkomendasikan bagi penderita asam lambung adalah sayuran yang tidak mengandung banyak serat dan tidak bergas. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah bayam, labu siam, wortel, kol, brokoli, mentimun, dan kacang hijau.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil.

Agar terhindar dari penyakit asam lambung, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Menerapkan pola makan yang sehat, kurangi gorengan dan perbanyak sayur dan juga buah.
  • Memelihara berat badan agar tidak terjadi obesitas.
  • Tidak merokok, karena nikotin pada rokok bisa memicu asam lambung naik.
  • Menghindari alkohol.
  • Biasakan tidak terlambat makan.
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang rendah serat.

Baca Juga: Cara Meramu Kunyit untuk Mengobati Asam Lambung.

Itulah ulasan mengenai apakah buah pir untuk asam lambung aman dikonsumsi atau tidak. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *