• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

7 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil – Saat wanita sedang hamil, banyak sekali rintangan yang harus dihadapi. Tidak hanya menjaga bayi yang ada di kandungannya, tetapi juga sang calon ibu juga harus sehat. Apalagi, pada ibu hamil sangat rentang kekurangan darah atau biasa kita sebut anemia.

Akibat Kekurangan Darah pada Ibu Hamil

Kondisi ibu hamil yang terkena anemia bisa terjadi karena asam folat sangat sedikit. Hal tersebut yang membuat sel darah merah menjadi berkurang. Akibat dari kekurangan darah ini adalah tubuh lemas, lesu, dan selalu pusing saat terjadi kehamilan. Hal yang paling buruk ada pada bayi itu sendiri yang bisa mengalami berat badan rendah saat lahir.

Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Untuk mengatasi anemia pada ibu hamil, bisa makan buah-buahan yang segar. Beberapa jenis buah yang dapat menambah darah untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Delima

Buah pertama yang bisa kamu konsumsi adalah delima. Buah yang memiliki nama latin pomegranate ini memiliki zat besi yang sangat banyak. Tidak hanya itu saja, di dalam buah delima juga terdapat vitamin seperti A, C, dan E. Bahkan, kandungan asam askorbat di dalamnya bisa meningkatkan zat besi di dalam tubuh. Kamu bisa memakannya langsung atau dibuat seperti jus setiap hari.

Official Store Pyfa Health

2. Pisang

Buah berikutnya adalah pisang yang juga dapat mencegah anemia. Sama halnya dengan buah delima, di dalam buah pisang juga terdapat zat besi. Dengan begitu, hemoglobin di dalam darah bisa diproduksi lebih banyak. Kandungan lainnya di dalam pisang adalah asam folat yang merupakan bagian Vitamin B kompleks. Zat tersebut sangat dibutuhkan untuk pembuatan sel darah merah.

3. Kurma

Kurma termasuk buah yang bisa digunakan untuk menambah darah. Di dalam 100 gram kurma terkandung 4,79 mg zat besi. Kandungan lainnya di dalam kurma adalah antioksidan, kalsium, fosfor, sodium, potasium, seng, dan magnesium. Bahkan, di dalam kurma juga terkandung serat.

Ingin membeli suplemen dan vitamin penambah darah untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

4. Jeruk

Buah jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C ini juga bisa digunakan untuk menambah darah. Jeruk mengandung antioksidan dan juga sangat tinggi dengan vitamin C. Pada dasarnya, zat besi tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh tanpa adanya bantuan vitamin C. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk konsumsi minimal satu buah jeruk setiap hari. Hal tersebut bisa mencegah anemia dan juga darah rendah.

5. Stroberi

Buah yang terkenal dengan warna merah dan asam manis ini dikenal sangat tinggi vitamin C. Di dalam stroberi juga terkandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu produksi sel darah merah. Adanya antioksidan tersebut bisa melindungi sel-sel tubuh agar terhindar dari radikal bebas. Oleh sebab itu, buah stroberi bisa menjadi pilihan untuk buah penambah darah.

6. Jambu biji

Jambu bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil yang mengalami anemia. Di dalam jambu biji sangat tinggi vitamin C. Hal tersebut bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Jambu biji juga sangat berperan dalam menambah darah pada penderita demam berdarah dengue.

7. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini sangat segar saat dikonsumsi. Selain menyegarkan, semangka juga mengandung zat besi untuk ibu hamil yang anemia. Di dalam 100 gram semangka segar, terdapat 0,24 gram zat besi. Bahkan, di dalam semangka juga terdapat vitamin C yang menambah efisiensi zat besi non-heme di dalam tubuh. Hal tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Itulah beberapa buah penambah darah untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Untuk ibu hamil, usahakan jangan sampai kekurangan zat besi, ya. Tentunya, agar terhindar dari anemia. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penambah darah untuk ibu hamil sebagai berikut.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *