• shopee-bigramadhansale-1920x745
Buah dan Sayuran Dapat Diolah Menjadi Minuman Kesehatan Karena Banyak Mengandung

Buah dan Sayuran Dapat Diolah Menjadi Minuman Kesehatan Karena Banyak Mengandung?

Buah dan Sayuran Dapat Diolah Menjadi Minuman Kesehatan Karena Banyak Mengandung? – Peran buah dan sayur sebagai sumber pangan tentu memiliki peran yang sangat penting. Selain dijadikan sebagai makanan, buah dan sayur juga kerap diolah menjadi minuman segar. Tak hanya sebagai pelepas dahaga, minuman yang terbuat dari buah dan sayur juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Hal ini tidak lepas karena adanya dua kandungan penting dalam sumber pangan tersebut.

Buah dan Sayuran Diolah Menjadi Minuman Kesehatan Karena Tingginya Kandungan Vitamin dan Mineral di Dalamnya

Alasan mengapa buah dan sayuran kerap diolah menjadi minuman kesehatan, tentu karena keduanya banyak mengandung vitamin dan mineral.

Apa Itu Vitamin?

Kandungan yang satu ini biasanya umum tertera dalam kemasan minuman kesehatan. Tapi, tahukah kamu, apa sih pengertian vitamin itu? Singkatnya, vitamin bisa didefinisikan sebagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan normal. Beberapa jenis vitamin antara lain, vitamin A, B, B complex, C, D, dan E.

Vitamin sendiri termasuk kedalam golongan makronutrien atau zat gizi mikro, yang artinya zat ini dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Meskipun tidak seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang memang dibutuhkan dalam jumlah besar, tetap saja kekurangan vitamin bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Official Store Pyfa Health

Kebutuhan harian masing-masing vitamin tentu berbeda. Vitamin bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Pada dasarnya, tubuh manusia memang tidak bisa memproduksi vitamin dengan sendirinya, sehingga untuk memenuhi asupan tersebut tubuh pun membuthkannya dari sumber eksternal, seperti makanan.

Apa Itu Mineral?

Sebelum membahas mineral lebih lanjut, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis mineral yang ada. Pada dasarnya, jenis mineral yang dibutuhkan tubuh terbagi menjadi dua, yaitu makro dan mikro mineral.

Makro mineral adalah jenis mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar, sedangkan mikro sebaliknya. Meski kebutuhannya tidak sebanyak makro, namun jika tubuh kekurangan mineral tersebut, maka bisa berdampak buruk pada kesehatan. Beberapa contoh mineral makro yaitu, fosfor, kalsium, magnesium, dan natrium. Sedangkan mikro mineral yaitu, yodium, mangan, selenium, dan kromium.

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut. Kesimpulannya, buah dan sayuran dapat diolah menjadi minuman kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan mineral.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *