• shopee-bigramadhansale-1920x745
Berjemur yang Baik untuk Kesehatan

Seperti Apa Berjemur yang Baik untuk Kesehatan?

Berjemur yang Baik untuk Kesehatan – Dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19, maka kita selalu dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mungkin kamu sudah paham bahwa berjemur di pagi hari sangat bermanfaat untuk tubuh. Lalu, ketika pandemi Covid-19 seperti ini, kapan waktu yang baik untuk berjemur?

Waktu yang Baik untuk Berjemur di Pagi Hari

Untuk hal yang satu ini sebenarnya masih diperdebatkan sampai sekarang. Ada yang mengatakan di atas jam 10 atau bahkan di bawahnya.

Berdasarkan dokter spesialis kulit sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNPAD/ RS Hasan Sadikin Bandung bernama R.M. Rendy Ariezal Effendi, SpDV, tujuan berjemur adalah mendapatkan vitamin D untuk daya tahan tubuh.

Menurut beliau, jika untuk mendapatkan vitamin D saja, maka berjemur di atas jam 10 pagi masih diperbolehkan. Akan tetapi, jangan sampai terlalu lama karena bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit. Selain itu, berjemur di atas jam 10 pagi dipercaya bisa memberikan paparan sinar ultraviolet B secara maksimal. UVB ini diperlukan agar bisa meningkatkan kadar vitamin D.

Official Store Pyfa Health

Baca Juga: Berjemur yang Baik Jam Berapa? Ini Jawabannya.

Data UV Indeks Menurut BMKG

Berdasarkan BMKG tentang data UV index di Indonesia pada tanggal 16 Januari 2021, pada jam 10 pagi sebagian besar wilayah di Indonesia memasuki warna skala merah. Untuk UV index berada di angka 8 hingga 10. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa risiko berjemur di jam tersebut cukup berbahaya jika tanpa pelindung.

Sementara itu, UV index yang aman untuk berjemur justru ada di kisaran jam 7 sampai 9 pagi. Dengan begitu, kita bisa simpulkan juga bahwa sebelum jam 10 pagi untuk saat ini di Indonesia relatif aman untuk berjemur.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Hubungan Manfaat Berjemur dengan Penangkal Virus Covid-19

Sejak pandemi Covid-19, aktivitas berjemur menjadi suatu tren tersendiri. Virus yang menyerang sistem pernafasan ini sangat mudah menular dari kontak langsung. Jika seseorang memiliki sistem imun yang rendah, maka risiko terpapar virus sangat tinggi. Begitu juga sebaliknya ketika sistem kekebalan tubuhmu tinggi, maka virus bisa dilawan dengan mudah.

Dengan berjemur di pagi hari, maka hal tersebut bisa memperkuat sistem imun tubuh kita. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari langsung dapat merangsang untuk memproduksi vitamin D. Vitamin ini sangat penting untuk sistem imun, pembentukan sel darah merah, dan masih banyak lagi. Berjemur selama 5 hingga 15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Manfaat Lain Berjemur di Pagi Hari

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berjemur di pagi hari juga memberikan manfaat lainnya. Beberapa contohnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Mengatasi kelainan kulit

Sinar matahari pagi dapat membantu penyembuhan kelainan kulit. Contohnya seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, bahkan infeksi jamur. Namun, untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, pastikan berjemur di waktu yang tepat.

2. Menyehatkan tulang

Manfaat lainnya adalah dapat menyehatkan tulang. Memang, kalsium adalah nutrisi yang bertanggung jawab dalam kesehatan tulang. Akan tetapi, vitamin D ini bisa merangsang penyerapan kalsium tersebut dan juga fosfor. Dengan begitu, tulang tidak hanya sehat tetapi juga kuat untuk digunakan beraktivitas.

Baca Juga: Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur pada Pagi Hari? Ini Jawabannya.

Demikianlah beberapa informasi tentang seperti apa berjemur yang baik untuk kesehatan. Selain berjemur juga, beberapa cara untuk menangkal virus Covid-19 adalah dengan makan makanan bergizi, jaga jarak, selalu gunakan masker saat keluar rumah, dan cuci tangan setelah menyentuh benda apapun. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *