• shopee-bigramadhansale-1920x745
Berjemur yang Baik Jam Berapa

Berjemur yang Baik Jam Berapa? Ini Jawabannya

Berjemur yang Baik Jam Berapa? – Tentunya ada perdebatan yang cukup panjang mengenai topik waktu yang pas saat berjemur. Seiring dengan pandemi Covid-19 seperti saat ini, waktu berjemur di bawah sinar matahari mendadak jadi pusat perhatian. Banyak yang mengatakan bahwa waktu terbaik saat berjemur adalah pagi hari. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menyarankan berjemur di siang maupun sore hari.

Jadi, Berjemur yang Baik Jam Berapa?

Jika kita mengutip dari dokter ahli gizi dan magister filsafat bernama Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum, ada penelitian resmi mengenai masalah waktu berjemur. Beliau memaparkan bahwa penelitian dilakukan oleh dokter ahli gerontologi bernama Pro. Dr. Siti Setiati SpPD-KGER di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Penelitian tersebut ingin mengetahui paparan sinar matahari pada wanita lanjut usia di sekitar Jakarta. Lebih tepatnya ada di garis lintang 6 S. Pada penelitian itu, dilakukan sekitar musim penghujan pada bulan Februari sampai Maret di tahun 2006. Jumlah orang yang ikut saat itu adalah 80 orang dengan rentang usia rata-rata 60 tahun ke atas.

Dari hasil penelitian tersebut (yang juga telah diterbitkan pada situs penelitian biomedis dan bioinformatika National Center for Biotechnology (NCBI)), tingkat UVB atau intensitas ultraviolet B ada di jam 11.00 WIB pagi hingga 13:00 WIB. Hasil itu telah didapatkan saat pengukuran intensitas paparan sinar matahari mulai pukul 07:00 sampai 16.00 WIB.

Official Store Pyfa Health

Kesimpulan penelitian tersebut menunjukan bahwa jika seseorang ingin mendapatkan vitamin D saja melalui sinar matahari, maka jam 11.00 WIB hingga 13.00 WIB adalah waktu terbaik. Namun, jika hanya ingin mendapatkan manfaat olahraganya saja, maka waktu yang tepat dibawah jam 09:00 WIB. Meskipun begitu, olahraga hanya dilakukan sekitar 30 hingga 60 menit dan untuk berjemur cukup 15 menit.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Penelitian Lain Tentang Waktu Berjemur

Lain di Jakarta, beda juga dengan di Bandung. Penelitian berikutnya dilakukan sekitar tahun 2019 dan diikuti 345 wanita hamil yang berasal dari berbagai daerah. Peneliti di Bandung ini bernama Raden Tina Dewi Judistiani dengan timnya sudah memaparkan hasilnya dalam BMC Pregnancy and Childbirth.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa paparan sinar matahari yang memiliki intensitas UVB tertinggi berada di jam 10.00 WIB hingga 13:00 WIB. Lalu, paparan sinar matahari mulai rendah pada pukul 13:00 WIB sampai 15:00 WIB. Untuk titik terendahnya, ada di pagi hari pada pukul 06:00 WIB – 07:00 WIB serta sore hari pada pukul 17:00 WIB -18:00 WIB.

Baca Juga: 6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi.

Tips Saat Akan Berjemur

Saat kamu ingin berjemur di bawah sinar matahari, bisa dilakukan secara langsung atau bisa juga menggunakan produk pelindung sinar matahari. Contohnya menggunakan produk lotion SPF. Dengan menggunakan produk tersebut, kulit tidak akan terpapar sinar UV yang berlebihan.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan lotion SPF ini hanya melindungi kulit dari terik matahari untuk sementara waktu. Artinya, kamu tetap harus mengoleskan kembali lotion tersebut beberapa jam saat di luar ruangan. Khususnya untuk kamu yang banyak aktivitas di luar ruangan.

Selain lotion, pakaian dan celana pun juga harus diperhatikan secara seksama. Pastikan menggunakan bahan yang menyerap keringat dan juga nyaman dipakai. Dengan begitu kamu bisa melakukan aktivitas berjemur dengan nyaman dan ampuh.

Baca Juga: Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D yang Mudah Dikenali.

Demikianlah beberapa poin penting mengenai waktu terbaik untuk berjemur. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan agar terbebas dari berbagai virus berbahaya.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *