• shopee-bigramadhansale-1920x745
Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati

Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati?

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati – Pandemi virus Covid-19 belum juga menemukan jalan keluarnya, khususnya di Indonesia. Protokol kesehatan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya, virus ini dapat menyebar secara cepat dari interaksi sehari-hari. Virus Covid-19 juga dapat bertahan hidup di benda-benda mati. Sebuah studi menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati selama lebih dari seminggu.

Meski begitu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan bahwa sampai saat ini belum jelas apakah seseorang bisa mendapatkan Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Namun, umumnya patogen manusia dapat bertahan di permukaan dan tetap menular pada suhu kamar hingga sembilan hari. Dengan kata lain, virus apapun dapat hidup di permukaan yang terkontaminasi hingga dua jam.

Baca Juga: Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini.

Official Store Pyfa Health

Perlu diketahui, virus Corona dapat bertahan antara empat dan lima hari di berbagai benda yang berbahan seperti aluminium, kayu, kertas, plastik, dan kaca. Untuk memahami lebih lanjut tentang ketahanan virus ini, simak rincian berapa lama virus Corona dapat bertahan hidup jika menempel di benda mati berikut ini.

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati?

Berapa lamakah virus Corona dapat bertahan pada benda mati? Temukan jawaban dan penjelasannya berikut ini.

1. Kaca

Virus Covid-19 dapat bertahan pada permukaan licin seperti kaca dan dapat bertahan hidup selama kurang lebih lima hari. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk selalu membersihkan benda-benda yang terbuat dari kaca.

2. Plastik dan baja

Virus Covid-19 dapat bertahan hidup cukup lama pada plastik dan baja, termasuk besi. Lama masa bertahan virus tersebut adalah sekitar 72 jam yang juga setara dengan 2 atau 3 hari. Untungnya, jumlah virus yang mampu menularkan akan menurun tajam selama kurun waktu tersebut

3. Tembaga

Virus Corona yang menempel pada permukaan tembaga akan dapat bertahan selama kurang lebih empat jam.

Ingin membeli suplemen dan vitamin agar bisa terhindar dari virus Corona? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

4. Udara

Pada sebuah studi disebutkan bahwa virus Corona dapat ditangguhkan selama sekitar setengah jam di udara sebelum menetap di permukaan sebuah benda. Namun, tingkat ketahanan virus Corona bertahan di udara masih dalam tahap penelitian lebih lanjut lagi.

Sementara itu, Dr. Vincent Munster, ahli virologi National Institute of Allergy and Infectious Diseases menyebutkan bahwa virus bisa bertahan sekitar 10 hingga 30 menit di udara. Namun, ada pula yang menyebutkan virus tersebut bisa bertahan di udara sampai tiga jam.

5. Kertas

Dikutip dari surat kabar The New York Times, virus Corona mampu bertahan hidup dan menempel selama 24 jam di kardus. Memang, apabila kita bandingkan dengan jenis benda lainnya, kardus memiliki risiko tertempel virus Corona lebih rendah. Meski begitu, tetap saja bila hendak menggunakan kardus, sebaiknya tetap bisa waspada dan berhati-hati.

6. Kayu

Kayu sering menjadi bahan utama pada furnitur yang sering kita temui sehari-hari, seperti meja, kursi, dan pintu. Kita pun seringkali takut untuk membuka pintu ataupun sembarangan duduk di kursi lantaran berpikir akan adanya virus yang menempel di permukaannya. Memang belum ada penelitian mendalam mengenai berapa virus Corona dapat bertahan di kayu. Namun, mengingat jenis permukaannya yang keras waktu bertahan virus Corona pada kayu kemungkinan sama dengan benda keras lain.

7. Sarung tangan

Sarung tangan sering dipakai untuk keperluan medis untuk menjaga higienitas. Setiap kali setelah menggunakan sarung tangan, pastikan untuk selalu mencucinya setelah memakainya. Pasalnya, virus Corona diketahui juga bisa bertahan cukup lama pada sarung tangan. Virus Corona SARS-CoV-2 bisa tetap hidup di sarung tangan hingga 8 jam.

Baca Juga: Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya.

Nah, itulah penjelasan mengenai berapa lamakah virus Corona dapat bertahan pada benda mati. Setelah memahami penjelasan di atas, tetap jaga kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat dan sehat serta terhindar dari virus Corona.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Agar Terhindar dari Virus Corona

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *