• shopee-bigramadhansale-1920x745
Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Virus Corona

Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Virus Corona?

Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Virus Corona? – Benarkah konsumsi vitamin D bisa cegah virus Corona? Kabar ini beredar beberapa waktu setelah virus Corona menyebar ke berbagai belahan dunia.

Ada juga anjuran yang membiasakan berjemur di pagi hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin D tumbuh secara alami ketika seseorang menjemurkan tubuhnya di bawah sinar matahari pagi.

Di Phoenix, Amerika Serikat, banyak dokter yang menyerukan para tenaga kesehatan membantu pasien positif Corona mengatasi masalah kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat terjadi jika tubuh lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, ketimbang di luar rumah dengan terkena paparan sinar matahari.

Usaha mencukupi kebutuhan vitamin D akan membantu tubuh lebih agresif melawan virus Corona. Selain dari sinar matahari, pemberian suplemen vitamin D juga bisa menjadi pilihan. Para dokter di Amerika Serikat ini bahkan mendorong usaha tersebut diterapkan secara meluas di dunia.

Official Store Pyfa Health

Baca Juga: Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pasien Corona yang kekurangan vitamin D, akan memburuk kondisi kesehatannya. Bahkan, defisiensi vitamin D yang tidak diatasi, membuat banyak pasien harus menjalani perawatan intensif. Tingkat kematian akibat Corona dengan kondisi seperti ini juga lebih tinggi dari kondisi tubuh normal.

Bagaimana Cara Kerja Vitamin D?

Banyak vitamin yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Tapi vitamin D semakin populer di masa pandemi.

Vitamin D memang mampu bekerja memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini akan meningkatkan fungsi sel dalam melindungi tubuh dari serangan patogen penyebab penyakit.

Vitamin D juga akan mengurangi resiko peradangan ketika kualitas kesehatan menurun. Dan dalam kesempatan lain lain, vitamin ini akan membantu tubuh menyerap kalsium. Alhasil, tulang-tulang dalam tubuh dapat menguat.

Apakah Sudah Terbukti Vitamin D Dapat Mencegah dan Mengobati Virus Corona?

National Institutes of Health, salah satu pedoman penanganan Corona, memang belum secara resmi merekomendasikan vitamin D untuk pengobatan virus ini. Menurut lembaga tersebut, penelitian belum cukup mendalam untuk membuat keputusan yang mendukung atau menentang upaya ini.

Begitu juga Great Britain’s National Institute for Health and Care Excellence, pada bulan Desember tahun lalu menyebutkan bahwa belum ada cukup bukti untuk mendukung suplementasi vitamin D dalam mencegah maupun mengobati virus Corona atau Covid-19. Meskipun demikian, lembaga ini menyarankan orang-orang untuk menjaga kecukupan vitamin D, terutama di musim gugur dan musim dingin.

Tidak menghapuskan fungsinya bahwa vitamin D memperkuat sistem kekebalan tubuh. Defisiensi atau kekurangan vitamin D sangat mungkin terjadi semasa musim gugur dan musim dingin. Sebab, waktu ‘hari cerah’ lebih sedikit pada musim-musim ini, ketimbang musim panas atau musim semi.

Baca Juga: Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19?

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk mencegah virus Corona? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

Dosis Vitamin D Harian

Defisiensi vitamin D dapat kamu atasi dengan meningkatkan kebiasaan menjemurkan diri di pagi hari atau dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Dalam menyerap nutrisi ini, ada dosis vitamin D tersendiri yang perlu kamu perhatikan.

Pada ahli kesehatan merekomendasikan dosis harian vitamin D bagi orang dewasa adalah 600 International Unit atau IU. Kalau usiamu sudah di atas 71 tahun, ada baiknya mengonsumsi vitamin D sampai 800 IU per harinya.

Kelebihan vitamin D tidak menimbulkan masalah selama tidak melebihi 4.000 IU per hari. Jika lebih dari dosis tersebut, ada ancaman penumpukan kalsium dalam tubuh yang akan menyebabkan permasalahan di ginjal dan kesehatan organ lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Vitamin D untuk Penderita Covid-19.

Belum ada obat yang pasti dapat menyembuhkan seseorang dari virus Corona. Menurut Pyfa Health, tidak ada salahnya kamu menjaga kecukupan vitamin D dalam tubuh, demi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ada suplemen D3-400 dan D3-1000 dari Pyfa Health yang bisa kamu konsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Mencegah Virus Corona

Sumber:

https://www.kold.com/2021/02/18/doctors-call-action-eliminate-vitamin-d-deficiencies-help-fight-covid.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *