• shopee-bigramadhansale-1920x745
Batu Ginjal Disebabkan Oleh

Penyebab Terjadinya Batu Ginjal dan Cara Pengobatannya

Batu Ginjal Disebabkan Oleh – Batu ginjal atau yang sering disebut juga nefrolitiasis merupakan pembentukan materi keras sehingga menyerupai sebuah batu. Bahan batu ginjal ini berasal dari mineral dan juga garam yang berada di dalam ginjal. Lokasi batu ginjal ini ada di sepanjang saluran urine, ureter, kandung kemih, dan juga uretra.

Batu Ginjal Disebabkan Oleh?

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal adalah sebagai berikut.

1. Dehidrasi

Saat kita sangat sedikit mengonsumsi cairan, maka hal itu bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Hal itu juga berlaku untuk penduduk yang tinggal dengan suhu udara tinggi.

2. Mengonsumsi makanan tertentu

Ketika kita mengonsumsi makanan tertentu, maka hal itu bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Jenis-jenis makanan yang berpotensi meningkatkan batu ginjal adalah makanan yang mengandung protein, garam, gula, dan juga makanan yang menyebabkan asam urat tinggi.

Official Store Pyfa Health

Saat kita mengonsumsi makanan tersebut, justru membuat ginjal bekerja lebih keras. Hal itulah yang membuat kita sangat berisiko terkena batu ginjal. Di sinilah kita harus selalu menjaga makanan yang dikonsumsi.

3. Memiliki riwayat batu ginjal

Jika keluarga memiliki riwayat batu ginjal, maka hal itu bisa membuat keturunannya berpotensi terkena batu ginjal juga. Hal ini memang cukup mirip dengan kasus diabetes, asma, hingga kolesterol.

4. Pernah mengalami masalah pencernaan

Biasanya, hal ini terjadi karena pernah melakukan operasi di sekitar organ pencernaan. Contohnya seperti gangguan diare kronis, adanya penyakit peradangan usus, atau operasi untuk menurunkan berat badan. Kondisi tersebut memang bisa berpotensi pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

5. Terkena obesitas

Seseorang yang terkena obesitas sebenarnya memiliki kemiripan dengan poin kedua. Karena mengonsumsi makanan yang berlebihan, hal tersebut membuat tubuh memiliki ukuran besar. Apalagi, saat ukuran pinggang juga ikut besar, maka hal tersebut bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

6. Mengalami penyakit tertentu

Seseorang yang mengalami penyakit tertentu juga bisa mengalami batu ginjal. Contohnya seperti penyakit hiperparatiroidisme. Penyakit ini terjadi saat kelenjar paratiroid memproduksi terlalu banyak hormon. Tingginya hormon paratiroid ini menyebabkan kadar kalsium darah meningkat dan itu merupakan bahan terbentuknya batu ginjal.

Jenis-jenis Batu Ginjal

Batu ginjal sendiri memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Batu kalsium

Batu ginjal jenis ini paling banyak terjadi di dalam tubuh. Selain karena diproduksi secara alami, kalsium juga bisa didapat dari asupan makanan. Contohnya seperti sayuran, buah-buahan, kacang, hingga cokelat. Tidak hanya dari sisi pola makan saja, efek samping dari operasi juga memicu banyaknya batu kalsium seperti yang disebutkan sebelumnya.

  • Batu asam urat

Batu yang satu ini terbentuk karena tingginya asam urat di dalam darah. Penyebab utama terbentuknya batu asam urat adalah makanan yang mengandung banyak purin, kurangnya cairan, hingga memiliki riwayat penyakit asam urat.

  • Batu struvit

Jenis batu ginjal ini terbentuk secara cepat dan juga membesar. Penyebab utama batu struvit ini adalah adanya infeksi yang sangat lama. Contohnya seperti infeksi saluran kemih. Wanita lebih sering terkena batu struvit dibandingkan pria.

  • Batu sistin

Terakhir adalah jenis batu ginjal yang jarang terjadi. Penyebab terbentuknya batu ginjal sistin adalah terkena penyakit sistinuria. Penyakit tersebut membuat ginjal sering mengeluarkan asam amino dalam jumlah banyak.

Cara Pengobatan Batu Ginjal

Untuk pengobatan batu ginjal, bisa dilakukan sesuai dengan kondisi pasien masing-masing. Beberapa pengobatan yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati batu ginjal.
  • Ureteroskopi atau pemecahan batu ginjal.
  • Melakukan operasi.

Demikian beberapa poin penyebab terjadinya batu ginjal dan cara pengobatannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jaga terus kesehatan ginjal kamu dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk kesehatan ginjal berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *