• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Bahan Makanan yang Mengandung Zat Gizi Penghasil Tenaga Karbohidrat Yaitu

Bahan Makanan yang Mengandung Zat Gizi Penghasil Tenaga Karbohidrat, Yaitu…

Bahan Makanan yang Mengandung Zat Gizi Penghasil Tenaga Karbohidrat Yaitu – Setiap negara tentu memiliki sumber bahan makanan yang berbeda-beda. Makanan sendiri merupakan kebutuhan primer semua mahluk hidup. Makanan berperan sebagai sumber zat gizi penting yang kemudian diolah menjadi tenaga.

Salah satu zat gizi yang bisa menunjang hal itu adalah karbohidrat. Asupan karbohidrat yang diterima tubuh dari makanan, kemudian akan diolah menjadi energi. Nah, energi inilah yang menunjang tubuh kita agar bisa menjalani berbagai aktivitas. Semakin berat dan banyak aktivitas yang kita lakukan, tentu akan lebih banyak juga energi yang dibutuhkan tubuh.

Bahan Makanan yang Mengandung Zat Gizi Penghasil Tenaga Karbohidrat

Nah, untuk lebih memudahkan kamu mengenal pembahasan kali ini, berikut ini adalah 10 bahan makanan yang mengandung zat gizi penghasil tenaga karbohidrat.

1. Nasi

Nasi atau beras merupakan sumber utama makanan pokok yang banyak dikonsumsi di berbagai negara di Asia. Di Indonesia, nasi bisa dibilang sebagai bahan makanan yang mengandung zat gizi penghasil tenaga karbohidrat yang paling populer.

Meski kebanyakan jenis nasi yang dikonsumsi adalah nasi putih, namun banyak juga lho masyarakat Indonesia yang mulai beralih mengonsumsi nasi merah, khususnya bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Kelebihan nasi merah dibanding nasi putih adalah kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang lebih kompleks. Sayangnya, harga beras merah yang dijual dipasaran lebih mahal dibanding beras putih biasa.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu alternatif bahan makanan yang mengandung zat gizi penghasil karbohidrat. Di daerah perkotaan, oatmeal sudah cukup populer dan kerap dipilih sebagai menu sarapan.

Oatmeal sendiri merupakan serat gandum pilihan yang kaya akan kandungan karbohidrat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Kelebihan oatmeal dibanding sumber bahan makanan utama lainnya yaitu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam tubuh.

Oatmeal juga bisa dinikmati dengan lebih bervariasi, yaitu bisa diolah menjadi makanan bercita rasa asin maupun manis. Umumnya, oatmeal juga disajikan dengan tambahan pisang dan susu, ataupun menambahkan telur untuk menambah kadar protein di dalamnya.

3. Ubi jalar

Di Indonesia, ubi jalar cukup populer dan mudah ditemui. Wajar saja, karena meman ubi ini kerap diolah menjadi berbagai jajanan dan makanan tradisional. Ubi jalar sendiri memiliki bentuk dan warna yang bervariasi, mulai dari putih, kuning, hingga ungu. Kandungan yang dimiliki ubi jalar sendiri terbilang tinggi. Sebagai perbandingan, 1 ubi jalar yang berukuran sedang bisa mengandung 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat, serta vitamin A.

4. Singkong

Di Beberapa daerah, umbi-umbian memang kerap diolah menjadi berbagai menu makanan. Bahkan, diantaranya menjadi makanan pokok alternatif. Nah, salah satu jenis umbi yang cukup populer adalah singkong. Berbeda dengan ubi, singkong memiliki rasa yang cenderung tawar. Nah, karena rasanya tersebut, singkong kerap dijadikan bahan makanan penghasil karbohidrat alternatif pengganti nasi. Biasanya, masyarakat mengukusnya di kompor hingga tekstur dagingnya empuk. Setelah itu menikmatinya selagi panas.

5. Kentang

Di beberapa daratan Eropa, kentang telah menjadi salah satu bahan makanan yang cukup populer. Kebanyakan, mereka yang memilih bahan makan ini mengonsumsinya sebagai menu makanan untuk program diet yang mereka jalankan. Hal ini tidak lain karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah jika dibandingkan nasi, sehingga kandungan gula dan kalori yang dihasilkan cenderung lebih sedikit. Selain diolah menjadi berbagai menu makanan, kentang juga dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang kemudian disantap saat kondisinya masih hangat.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

6. Mangga

Bahan makanan yang mengandung zat gizi penghasil tenaga karbohidrat selanjutnya bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, yaitu mangga. Siapa sangka, mangga termasuk salah satu buah yang mengandung karbohidrat yang cukup baik bagi tubuh. Sebagai gambaran, dalam setiap satu cangkir buah ini diperkirakan mengandung 25 ml karbohidrat dengan 100 gram kalori. Apalagi, buah ini termasuk buah yang kaya akan vitamin C sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

7. Pisang

Tidak jauh berbeda dengan mangga, buah pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup kaya. Sebagai gambaran, buah pisang mengandung 25 gram karbohidrat dan 100 kalori. Selain kaya akan karbohidrat, buah berwarna kuning ini juga memiliki serat yang baik sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. Kandungan zat pati yang terkandung di dalamnya juga berperan dalam meningkatkan kesehatan usus dan membantu mengontrol kadar gula.

8. Kacang-kacangan

Selain beras atau nasi, sumber karbohidrat lain yang bisa kamu jadikan alternatif adalah kacang-kacangan. Bahan makanan yang satu ini memiliki karbohidrat yang cukup tinggi bahkan mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Jenis kacang-kacangan yang populer diantaranya adalah kacang tanah dan kacang kedelai. Umumnya, kacang-kacangan ini diolah menjadi bahan makanan lain, seperti tempe dan tahu.

9. Jagung

Jagung sudah menjadi salah satu makanan pokok beberapa kawasan di timur Indonesia. Kelebihan jagung sebagai sumber karbohidrat tidak lain karena kandungan karbohidratnya yang juga tinggi bahkan tidak kalah dengan nasi. Biasanya, jagung diolah menjadi jagung bakar, direbus, atau diolah menjadi kudapat tradisional. Kelebihan jagung lainnya yaitu serat yang jauh lebih tinggi sehingga juga cocok dikonsumsi sebagai menu makanan program diet.

10. Whole wheat pasta

Whole wheat pasta memang belum sepopuler menu makanan pokok sebelumnya. Perbedaan pasta ini dibanding pasta pada umumnya yaitu pada pasta ini tidak menggunakan bahan dasar tepung whole wheat. Justru bahan utama yang digunakan adalah tepung gandum utuh. Artinya, tepung tersebut masih mengandung bagian kulit ari atau biji gandum utuh di dalamnya. Selain karbohidrat yang tinggi, bahan makanan ini juga kaya akan protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin seperti vitamin B dan vitamin E.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai 10 bahan makanan yang mengandung zat gizi penghasil tenaga karbohidrat. Kira-kira, dari semua bahan makanan di atas, yang mana yang menjadi favorit kamu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *