• shopee-bigramadhansale-1920x745
Bagian-bagian Ginjal

Mengenal Bagian-bagian Ginjal dan Cara Kerjanya Masing-masing

Bagian-bagian Ginjal – Setiap manusia normal pasti memiliki organ ginjal di dalam tubuhnya. Tidak jauh berbeda dengan bagian organ lainnya, pada ginjal pun terdapat banyak bagian dan juga cara kerjanya sendiri. Hal tersebut dilakukan agar tubuh kita tetap sehat dan dapat beraktivitas.

Bagian-bagian Ginjal Manusia

Secara bentuk, ginjal memiliki kemiripan dengan kacang. Letaknya pun ada di sepanjang dinding otot bagian belakang atau otot posterior rongga perut. Secara umum, ukuran ginjal hampir sama dengan kepalan tangan dan sudah terhubung dengan sepasang ureter, uretra, dan satu kandung kemih. Ketiga bagian tersebut memiliki fungsi untuk membawa urine keluar dari tubuh kita. Untuk anatomi ginjal memiliki bagian sebagai berikut.

  • Korteks ginjal

Bagian paling luar ginjal disebut dengan korteks. Korteks ginjal ini secara umum dikelilingi oleh sebuah kapsul renal dan juga lapisan lemak. Fungsinya adalah untuk melindungi struktur di dalam organ dari adanya kerusakan.

  • Medula ginjal

Bagian kedua ini adalah sebuah jaringan halus yang terdapat pada ginjal. Struktur yang ada di dalam medula terdiri dari piramida ginjal yang meliputi nefron, tubulus, dan juga saluran medula. Di dalam tubulus memiliki fungsi untuk dapat mengangkut berbagai cairan tubuh dan juga darah sampai ginjal.

Official Store Pyfa Health

Saat cairan zat limbah dan juga racun pada darah sudah disaring, ginjal dapat mengeluarkan zat tersebut melalui urine. Urine tersebut lalu akan dialirkan menuju ke saluran ureter yang berada di bagian pelvis ginjal.

  • Pelvis ginjal

Bagian ketiga ini letaknya ada di dalam ginjal paling dalam. Pelvis ginjal berbentuk seperti corong dan memiliki fungsi untuk saluran dan menghubungkan antara ginjal dan juga kandung kemih. Pelvis ginjal memiliki bagian lainnya seperti calyces atau kaliks ginjal. Bagian tersebut memiliki fungsi untuk mengumpulkan berbagai cairan tubuh sebelum nantinya disalurkan ke kandung kemih.

Saat kelebihan sisa cairan tubuh, racun, dan berbagai limbah akan terkumpul pada urine. Setelah itu, nantinya akan dialirkan menuju kaliks ginjal tersebut. Urine tadi akan dibuang melalui bagian pelvis ginjal yang bernama hilum. Di bagian tersebut, ginjal akan terhubung ke kandung kemih melalui ureter. Saluran itulah yang akan membawa urine agar dapat ditampung pada kandung kemih dan akan dibuang keluar dalam tubuh.

Cara Kerja Ginjal

Pada ginjal yang sehat memiliki satu juta nefron. Nefron sendiri merupakan bagian anatomi ginjal yang mempunyai peran dalam penyaringan darah. selain untuk menyaring darah, nefron juga dapat mengurai nutrisi dan membantu penyebaran limbah dari hasil penyaringan.

Nefron memiliki filter yang bernama glomerulus dan tubulus. Bagian ginjal yang sudah melewati area korteks dan medula ini akan bekerja melalui empat tahap sebagai berikut.

1. Tahap pertama

Pada bagian tahap pertama, seluruh anatomi ginjal akan bekerja satu sama lain agar dapat menyaring darah dan juga memproduksi urine yang sudah mengandung limbah dan berbagai cairan berlebih agar dapat dikeluarkan. Di bagian ini, ginjal akan menyaring seluruh darah.

Zat sisa hasil penyaringan tadi disebut dengan urine primer. Urine primer tadi mengandung banyak air, glukosa, garam, dan juga urea. Ketiga senyawa itu akan masuk dan disimpan secara sementara pada kapsul bowman.

2. Tahap kedua

Kapsul bowman tadi akan bergerak ke saluran pengumpul. Saat menuju saluran pengumpul, proses pembentukan urine akan terjadi melalui tahapan reabsorpsi. Proses tersebut akan menghasilkan urine sekunder yang mengandung kadar urea tinggi.

3. Tahap ketiga

Pada tahap ini, urine sekunder akan dialirkan ke tubulus distal. Proses tersebut akan melewati berbagai pembuluh kapiler darah. Tujuannya adalah melepaskan zat yang tidak diperlukan tubuh. Nantinya, urine akan dikeluarkan dari tubuh merupakan bentuk dari hasil penyaringan darah.

4. Tahap keempat

Saat kandung kemih penuh, maka sinyal dikirimkan ke otak agar segera ke kamar mandi atau toilet. Apabila kandung kemih akan dikosongkan, maka urine mengalir keluar lewat uretra.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian ginjal hingga cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jaga terus kesehatan ginjal kamu dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk kesehatan ginjal berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *