• shopee-bigramadhansale-1920x745
Bagi Penderita Diare Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah?

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah? – Diare membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, diare biasanya dapat membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Lantas, tindakan apa yang perlu dilakukan?

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah?

Bagi penderita diare, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah penuhi kebutuhan cairan tubuh dan meminum oralit agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi), istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang tepat dan juga bersih.

Tindakan-tindakan tersebut adalah pertolongan pertama bagi penderita diate. Penanganan diare harus segera dilakukan agar tidak bertambah parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tindakan yang sebaiknya dilakukan pada penderita diare yang pertama adalah memenuhi cairan tubuh. Misalnya saja dengan mengonsumsi air putih yang cukup, teh hangat, dan lain sebagainya. Hindari minuman yang mengandung susu, alkohol, dan kafein saat terkena diare. Pastikan kamu mengonsumsi lebih banyak cairan, setelah banyak kehilangan cairan tubuh akibat diare.

Official Store Pyfa Health

2. Meminum oralit

Cairan oralit juga diperlukan agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) akibat diare. Cairan oralit sendiri bisa dibuat dari campuran dari garam, gula, dan air hangat. Selain itu, oralit pun bisa membantu meredakan penyakit diare. Perlu diingat bahwa cairan oralit hanya bisa dikonsumsi selama 24 jam saja setelah dibuat. Jika sudah lebih dari 24 jam, kamu harus membuat cairan oralit yang baru. Untuk dehidrasi ringan, kamu bisa meminum cairan oralit sebanyak 50 ml per 1 kg berat badan. Sedangkan untuk dehidrasi sedang, kamu bisa meminum cairan oralit sebanyak 100 ml per 1 kg berat badan.

3. Istirahat yang cukup

Saat terkena diare, tindakan yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan beristirahat dengan cukup dan hentikan kesibukan kamu selama beberapa waktu hingga sembuh.

4. Mengonsumsi makanan yang tepat dan juga bersih

Mengonsumsi makanan yang tepat dan juga bersih pun merupakah salah satu tindakan yang penting dilakukan untuk penderita diare. Makanan yang tepat adalah makanan yang rendah serat dan semisolid. Hindari pula makan makanan pedas, berminyak, dan berlemak hingga diare kamu sembuh.

Diare adalah gangguan pada saluran pencernaan dengan gejala buang air yang sering dengan bentuk feses yang cair. Diare sendiri disebabkan oleh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan. Dengan melakukan tindakan-tindakan di atas, semoga diare kamu cepat sembuh, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *