• shopee-bigramadhansale-1920x745
Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat? Ini 4 Langkahnya

Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat – Telinga adalah salah satu dari lima indera yang harus dijaga fungsi dan kesehatannya. Semakin tua usia, kemampuan telinga dalam mendengar juga akan terus menurun. Sama seperti mata yang bisa mengalami penurunan kemampuan melihatnya, telinga pun mengalami hal yang sama ketika orang tersebut bertambah tua.

Tak hanya faktor usia, telinga yang kotor dan jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kemampuan mendengar seseorang. Inilah yang menjadi alasan pentingnya merawat telinga agar tetap bersih dan sehat. Untuk itu, disarankan menjaga kesehatan telinga mulai dari sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat?

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Jagalah kebersihan telinga sedari dini. Bagaimana cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar

Mungkin kamu mengira cara menjaga kebersihan telinga yang baik yaitu dengan membersihkannya secara rutin menggunakan cotton bud. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Malah hal ini sebaiknya dihindari. Mengapa?

Official Store Pyfa Health

Karena pada saat membersihkan telinga menggunakan cotton bud, justru kapas tersebut berisiko mendorong kotoran telinga lebih dalam lagi. Hal ini juga berisiko merusak organ sensitif di telinga, seperti gendang telinga.

Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga agar tetap bersih dan benar? Ternyata, telinga adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Telinga menghasilkan cairan seperti lilin dan berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya memasukinya.

Jadi, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk perlindungan telinga, dan memang sesuatu yang normal. Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Caranya adalah dengan membersihkan area di sekitar rongga telinga dengan handuk lembut. Atau, kamu bisa meminta bantuan dari tenaga ahli yang memiliki peralatan khusus.

2. Hindari mendengar suara atau musik dengan volume keras

Fungsi telinga adalah mendengar. Namun, telinga memiliki batas atau kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara termasuk kategori aman untuk didengar.

Terlalu sering mendengar suara keras, juga bisa membuat kemampuan mendengar berkurang. Sumber suara keras sendiri cukup bervariasi, misalnya dari musik yang kamu dengarkan, ataupun bisa dari suara kendaraan. Untuk menjaga kesehatan telinga, kamu perlu melakukan hal berikut ini.

  • Jika lingkungan kerja kamu selalu terdengar suara atau musik yang keras, seperti saat memotong rumput atau berhubungan dengan peralatan listrik bersuara keras seperti speaker aktif, maka kamu harus menggunakan perlindungan telinga.
  • Jangan dengarkan dua sumber suara keras sekaligus. Hal ini justru bisa merusak pendengaran. Misalnya, ketika seseorang yang membersihkan rumah dengan penyedot debu dan membuat suara bising, maka sebaiknya kamu tidak menaikkan volume suara televisi atau bahkan menaikan suara musik dengan keras juga.
  • Jika suka menonton konser atau pergi ke tempat yang kerap memainkan musik dengan keras, sumbat telinga sementara jika telinga terasa sangat sakit dan berdengung.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Tetap jaga kondisi telinga tetap kering

Telinga yang lembap atau basah juga tidak baik. Hal ini memungkinkan bakteri masuk ke dalam telinga. Terburuknya, hal itu bisa menyebabkan infeksi. Gangguan tersebut bisa terjadi karena air yang terperangkap di kanal telinga yang akhirnya menyebabkan bakteri terperangkap. Dalam lingkungan yang hangat dan lembab, bakteri bisa tumbuh dan berkembang, sehingga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

Oleh karena itu, pastikan telinga selalu kering. Jika kamu melakukan olahraga renang, gunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk. Jika merasa ada air yang masuk ke telinga, segera miringkan kepala dan tarik cangkir telinga untuk merangsang air keluar sambil melompat-lompat. Jangan lupa, keringkan telinga dengan handuk setiap kali selesai berenang dan sehabis mandi.

4. Lakukan pemeriksaan telinga ke dokter secara rutin

Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin di dokter THT, terutama jika orang tersebut berusia lanjut. Karena kondisi usia seperti itu umumnya akan mengalami penurunan kemampuan pendengaran secara bertahap.

Nah, itulah empat langkah bagaimana cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *