• shopee-bigramadhansale-1920x745
Aturan Minum Vitamin C

Ketahui Aturan Minum Vitamin C yang Tepat Berikut Ini

Aturan Minum Vitamin C – Aturan minum vitamin C penting untuk diketahui, karena apabila terjadi kekurangan maupun kelebihan dosis, maka akibatnya akan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bagaimanakah aturan minum vitamin C yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Fungsi dan Manfaat Vitamin C

Sebelum beranjak pada pembahasan mengenai aturan minum vitamin C dan dosis yang direkomendasikan, kita akan mengulas terlebih dahulu fungsi dari vitamin C untuk tubuh dan juga sumber-sumber vitamin C yang berasal dari makanan.

Vitamin C yang disebut juga dengan L-asam askorbat merupakan vitamin yang larut dalam air. E Sibagariang dalam buku Kesehatan Reproduksi Wanita, pada tahun 2010 menyebutkan bahwa vitamin C sangatlah penting bagi tubuh karena memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Melindungi sel darah putih dari enzim yang dilepaskan saat mencerna bakteri yang telah ditelannya.
  • Mensintesis hormon-hormon steroid dari kolesterol.
  • Membantu dalam pembentukan kolagen.
  • Menyembuhkan penyakit sariawan.
  • Membantu proses penyembuhan luka.
  • Sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres.
  • Sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas.

Sumber Vitamin C

Tubuh kita bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Cabai

Kabar baik bagi penyuka pedas, karena cabai mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada tubuh sampai 72%. Tak hanya itu, cabai juga mengandung senyawa capsaicin yang bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan.

2. Jambu biji

Buah yang juga dikenal bisa mengobati demam berdarah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh. Buah yang bisa dengan mudah kita temukan di pasaran ini mengandung 126 mg vitamin C, yang bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin C kita.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kale, dan brokoli tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, tapi juga kaya akan antioksidan yang bisa mencegah penuaan dan keriput pada kulit.

4. Kiwi

Buah dengan citarasa segar ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, dan bisa memenuhi kebutuhan harian sampai dengan 71%. Jika sulit menemukan buah kiwi, kita bisa menggantinya dengan strawberry atau anggur.

5. Lemon dan jeruk

Lemon dan jeruk merupakan jenis buah yang tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, tapi juga buah yang mengandung banyak air, sehingga tubuh bisa terhindar dari dehidrasi.

Melansir dari situs Kemenkes.go.id, batas aman harian untuk mengonsumsi vitamin C untuk manusia dewasa adalah antara 45 – 2000 mg per hari. Angka 2000 mg ini merupakan batas maksimal konsumsi vitamin C harian yang masih bisa ditoleransi oleh tubuh kita.

Aturan Minum Vitamin C

Secara lebih rinci, kebutuhan harian vitamin C pada manusia adalah berbeda-beda, tergantung pada umur dan jenis kelamin seperti berikut ini.

Bayi dan Anak-anak:

  • 0 – 11 bulan, 40 mg/hari.
  • 1 – 9 tahun, 45 mg/hari.

Pria:

  • 10 – 12 tahun, 50 mg/hari.
  • 13 – 15 tahun, 75 mg/hari.
  • 16 tahun ke atas, 90 mg/hari.

Wanita:

  • 10 – 12 tahun, 50 mg/hari.
  • 13 – 15 tahun, 65 mg/hari.
  • 16 tahun ke atas, 75 mg/hari.

Kelebihan vitamin C di dalam tubuh, meskipun senyawa ini bisa dikeluarkan melalui urine akan tetap menimbulkan gangguan kesehatan seperti iritasi lambung, diare, dan juga gastritis akibat meningkatnya produksi asam lambung.

Mengonsumsi vitamin C yang berlebihan, yakni lebih dari 2000 mg per hari juga bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam kandungan kemih yang akan memicu resiko gangguan pada ginjal.

Tetap perhatikan asupan vitamin kamu ya, pastikan jumlahnya seimbang dan sudah memenuhi kebutuhan harian untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu juga bisa mendapatkan asupan atau kebutuhan harian vitamin C dari suplemen di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin C

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *