• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Asam Lambung Naik Saat Hamil

4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Asam Lambung Naik Saat Hamil – Saat ibu mulai hamil, ada satu keluhan yang perlu diwaspadai, yakni naiknya asam lambung. Kondisi asam lambung naik biasanya terjadi pada trimester kedua dan juga trimester ketiga saat hamil.

Gejala paling umum saat asam lambung naik adalah rasa panas di sekitar ulu hati. Biasanya, gejala tersebut akan terjadi setelah makan. Bahkan keadaannya bisa memburuk ketika malam hari tiba.

Penyebab Asam Lambung Naik Saat Hamil

Tentunya ada faktor penyebab asam lambung naik saat hamil. Secara umum, perubahan hormon merupakan penyebab utama naiknya asam lambung ketika hamil. Oleh sebab itu, wanita yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit asam lambung naik bisa terkena ketika hamil.

Perlu kamu ketahui bahwa lambung mempunyai katup yang disebut dengan sfingter kardia. Katup tersebut merupakan sebuah otot yang berbentuk cincin dan terletak di bagian tenggorokan dan juga lambung. Kerja sfingter ini akan melemah saat kita makan sehingga makanan bisa masuk ke lambung. Sebaliknya, sfingter ini akan mengeras ketika makanan sudah masuk ke lambung. Dengan begitu, makanan tidak bisa kembali ke tenggorokan.

Akan tetapi, ketika wanita memasuki masa kehamilan, perubahan hormon yang terjadi membuat otot sfingter menjadi lemah. Akibatnya, asam lambung sangat mudah naik ke tenggorokan. Apalagi saat janin berkembang, maka bisa menekan lambung sehingga isi lambung akan terdorong menuju tenggorokan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Saat kondisi hamil, secara otomatis kita pun harus menyesuaikan diri agar kamu dan bayi di kandungan tetap terjaga kesehatannya. Adapun beberapa langkah mengatasi asam lambung naik saat hamil adalah sebagai berikut.

1. Mengubah pola dan juga kebiasaan makan

Cara pertama adalah kita harus bisa mengubah pola dan juga kebiasaan makan saat hamil. Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering. Usahakan kamu tidak melewati jam makan. Ketika makan pun sebaiknya tidak terburu-buru. Kunyahlah makanan secara perlahan-lahan.

Saat keadaan seperti ini, kamu juga harus menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik. Contohnya, makanan pedas, mengandung asam, cokelat, dan juga kopi. Setelah makan pun akan lebih baik menunggu sekitar 2-3 jam sebelum berbaring. Hal ini dilakukan agar makanan bisa dicerna terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Meramu Kunyit untuk Mengobati Asam Lambung.

2. Selalu minum minuman hangat

Untuk mengurangi rasa mual karena naiknya asam lambung, sebaiknya kamu lebih sering mengonsumsi minuman hangat. Contohnya bisa minum teh atau minuman jahe untuk dapat meringankan gejala asam lambung naik.

Perlu diperhatikan bahwa rasa mual dan juga muntah akan sering kamu alami saat awal-awal kehamilan. Oleh karena itu, minum minuman hangat juga dapat digunakan untuk menenangkan perut.

3. Selalu tidur dengan posisi yang nyaman

Perubahan pola tidur pun akan dirasakan ketika hamil. Selain itu, posisi tidur juga berpengaruh pada naiknya asam lambung. Di sinilah kamu harus mencari posisi yang nyaman saat tidur.

Selain posisi tidur, posisi duduk juga berpengaruh pada asam lambung. Hindarilah duduk dengan bersandar atau membungkuk. Sebab, posisi tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Cobalah untuk biasakan makan dengan posisi duduk tegak. Dengan begitu, asam lambung tidak akan naik ketika kamu makan atau minum.

4. Selalu jaga berat badan

Memang, saat proses kehamilan terjadi, kamu harus lebih meningkatkan berat badan untuk menjaga kesehatan janin dan juga calon ibu juga. Akan tetapi, berat badan yang berlebihan juga tidak baik. Sebab, kenaikan berat badan bisa memicu naiknya asam lambung.

Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai cara menjaga berat badan saat kondisi hamil. Kamu juga sebaiknya konsultasikan kondisi kesehatan lambung serta ketika asam lambung naik pada dokter.

Baca Juga: Inilah 5 Jus untuk Penderita Asam Lambung.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung naik saat hamil. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan lambung kamu dengan mengonsumsi obat untuk lambung berikut ini. Namun, untuk ibu hamil, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *