• shopee-bigramadhansale-1920x745
Asam Amino Adalah

Apa yang Dimaksud dengan Asam Amino? Simak Penjelasannya di Sini

Asam Amino Adalah – Asam amino adalah salah satu golongan senyawa organik yang paling banyak dipelajari karena fungsinya yang sangat penting dalam organisme, yakni sebagai penyusun protein.

Asam amino memiliki fungsi penting dalam metabolisme tubuh dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu asam amino esensial dan non-esensial.

Klasifikasi Asam Amino

Secara umum, struktur dari asam amino adalah satu atom karbon (C) yang mengikat empat gugus sebagai berikut:

  • Gugus amina (–NH2), yang merupakan merupakan senyawa organik dan gugus fungsional yang terdiri dari senyawa nitrogen.
  • Gugus karboksil (-COOH), yang disebut juga dengan asam alkanoat.
  • Atom Hidrogen (H), atau zat air.
  • Residu (gugus sisa), yang membedakan satu asam amino dengan asam amino yang lainnya.

Asam amino dibedakan menjadi dua macam, yakni asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Berikut ini adalah penjelasannya.

Official Store Pyfa Health

1. Asam Amino Esensial

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh, atau jika memang diproduksi, jumlahnya tidak mencukupi untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Untuk itu, tubuh harus mendapatkan sumber asam amino dari luar dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino.

Asam amino yang merupakan jenis asam amino esensial di antaranya adalah sepuluh jenis asam amino yang sangat penting untuk pembentukan protein tubuh, seperti arginine, isimecine, lysine, methionine, histidine, phenylaline, threonine, tryptophan, dan valine. Asam amino esensial sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai pembentuk dan memperbaiki jaringan tubuh seperti jaringan ikat, jaringan otot, kulit, kuku dan rambut.
  • Produsen energi bagi tubuh.
  • Memproduksi antibodi sebagai daya tahan tubuh.
  • Merupakan senyawa yang membantu tumbuh kembang pada anak secara optimal.
  • Membantu tubuh menyerap mineral penting seperti selenium dan zinc.
  • Membantu pembentukan hemoglobin dalam darah.
  • Memproduksi kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Mengatur mood, nafsu makan dan siklus tidur.

Karena sebagian besar asam amino esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh, padahal asam amino jenis ini sangat penting dalam metabolisme, maka diperlukan konsumsi makanan yang kaya asam amino esensial. Jenis makanan yang kaya akan asam amino esensial adalah daging sapi, telur, susu, ikan, kacang-kacangan, dan daging kalkun.

2. Asam Amino Non-Esensial

Asam amino non-esensial adalah asam amino yang bisa dibuat dalam tubuh dengan menggunakan asam organik biasa, seperti alanine, arginine, serine, syrocyne, glycine, proline, norkucine, tyrosine, citrulline, dan asam asparagin. Fungsi dari asam amino non-esensial tersebut antara lain:

  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Meningkatkan libido.
  • Membantu memaksimalkan penyerapan mineral penting, misalnya magnesium, kalium dan kalsium.
  • Mencegah penuaan dini.

Kekurangan asam amino pada anak di usia di bawah 2 tahun bisa menyebabkan terjadinya stunting dan pada orang dewasa bisa menyebabkan kekurangan protein yang bisa memicu lemahnya otot, luka sukar sembuh, lemas, serta mudah sakit.

Dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan asam amino, kita tidak perlu memilah-milah jenis makanan yang mengandung asam amino esensial atau non-esensial, karena pada setiap makanan yang tinggi protein, tersedia asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meski asam amino sangat penting bagi tubuh, namun kita juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sumber asam amino dengan berlebihan karena akan berdampak kurang baik pula untuk tubuh.

Terlalu banyak asam amino yang terdapat dalam tubuh, maka kerja ginjal akan menjadi lebih berat dan bisa mengakibatkan kinerja ginjal menjadi terganggu. Kelebihan asam amino juga bisa meningkatkan risiko osteoporosis, karena jika tubuh kelebihan protein, maka kalsium dalam tubuh akan lebih banyak dikeluarkan.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan tidak berlebihan adalah cara terbaik untuk bisa mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan asam amino seperti Ketocid dari Pyfa Health untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen untuk Memenuhi Kebutuhan Asam Amino

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *