• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung? Simak Berikut Ini

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung – Penyakit tukak lambung merupakan luka pada lambung yang menyebabkan keluhan sakit maag. Bukan hanya di bagian lambung saja, luka juga dapat terbentuk di usus 12 jari atau di bagian bawah kerongkongan.

Meski penyakit tukak lambung sering diidentikan dengan kebiasaan memakan makanan pedas, namun hal ini ternyata kurang tepat. Makanan pedas tidaklah menyebabkan luka pada lambung, meskipun memang dapat memicu sakit maag.

Penyakit tukak lambung sendiri umumnya terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori atau karena mengonsumsi obat pereda nyeri yang berlebihan.

Terdapat pula beberapa penyebab lain penyakit tukak lambung lainnya. Luka yang terjadi di lambung dapat terbentuk ketika selaput yang melapisi lambung terkikis. Nah, pengikisan selaput lambung umumnya disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini.

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung?

Apa saja faktor penyebab penyakit tukak lambung? Ketahui selengkapnya apa saja penyebab penyakit tukak lambung pada penjelasan berikut ini!

1. Bakteri

Infeksi dari bakteri bernama Helicobacter pylori yang ada di lambung bisa menjadi penyebab penyakit tukak lambung. Bakteri ini biasanya hidup dan berkembang di lapisan mukosa yang menutupi dan melindungi jaringan yang melapisi lambung dan usus kecil.

Sebenarnya, keberadaan bakteri H. pylori sering kali tidak menyebabkan masalah, namun dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dalam lambung dan menghasilkan luka.

Perlu pula diketahui bahwa bakteri ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak jarak dekat, makanan, dan air. Namun, sampai saat ini belum diketahui dengan jelas bagaimana penyebaran infeksi H. pylori itu sendiri.

Baca Juga: Apa Penyebab Penyakit Maag? Simak Berikut Ini.

2. Penggunaan painkiller terus menerus

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau painkiller ternyata dapat menyebabkan terjadinya luka pada lambung atau tukak lambung. Jika kamu kerap mengonsumsi obat seperti aspirin serta obat-obatan penghilang rasa sakit non-resep dan resep yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), maka dapat mengiritasi lapisan perut dan usus kecil.

Jenis obat-obatan tersebut termasuk jenis ibuprofen, naproxen sodium, ketoprofen, dan lain-lain (namun tidak termasuk acetaminophen). Pada sejumlah kasus, kondisi semacam ini lebih sering terjadi pada orang lanjut usia yang sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau pada orang yang rutin mengonsumsi obat ini untuk osteoartritis.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan lambung? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Mengonsumsi obat-obatan lain

Bukan hanya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, sering mengonsumsi obat lain bersama dengan NSAID, seperti steroid, antikoagulan, selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), alendronate, dan risedronate, juga dapat meningkatkan risiko tukak lambung.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya tukak lambung. Faktor risiko yang dapat memperparah gejala tukak lambung antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kebiasaan merokok, khususnya pada penderita infeksi bakteri H. pylori.
  • Pengelolaan stres yang buruk atau mudah stress.
  • Sering mengonsumsi makanan asam atau pedas.
  • Kebiasaan minum alkohol.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil.

Nah, itulah tadi sejumlah penyebab terjadinya penyakit tukak lambung. Setelah mengetahuinya, ada baiknya kamu menghindari faktor risiko yang mungkin menyebabkan terkikisnya lapisan lambung.

Buanglah kebiasaan buruk dan terapkan pola hidup sehat yang seimbang untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan agar terhindar dari penyakit seperti asam lambung dan tukak lambung ini. Jika perlu, konsumsi juga obat untuk menjaga kesehatan lambung berikut ini. Namun, konsultasikan dulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *